Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia 2016

Selasa, 25 Oktober 2016

Begini Lho Tips Membeli Rumah di Jakarta

Tips Membeli Rumah di Jakarta - Jakarta, adalah ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di Jakarta, Anda akan menemukan segala hal yang sebelumnya tidak pernah Anda jumpai di kota asal Anda. Seperti supermall, gedung bertingkat yang banyak, fasilitas infrastruktur yang begitu memadai, jutaan tempat hangout asyik, tipe orang, hingga banyak sekali lapangan pekerjaan yang ada di Jakarta ini. Khusus untuk lapangan pekerjaan, tampaknya hal tersebut adalah alasan paling masuk akal mengapa banyak sekali orang berbondong bondong setiap tahunnya untuk datang ke kota Jakarta dan mencari pekerjaan serta peruntungan di kota ini.

Nah, untuk hidup di Jakarta, sudah barang tentu Anda membutuhkan satu kebutuhan primer Anda, yakni mencari dan membeli rumah. Namun, ada satu masalah paling pelik dan diketahui oleh seluruh manusia, yakni sebuah fakta bahwa harga sebuah rumah di Jakarta sangatlah mahal. Harga rumah bahkan akan berlipat lipat ganda mahalnya apabila terletak di lokasi strategis di daerah khusus ibukota tersebut.

Namun, mencari sebuah rumah yang jauh dari pusat keramaian di Jakarta, juga merupakan sebuah hal yang akan merugikan Anda dan keluarga dalam jangka yang lebih panjang. Misalnya, ketika Anda memutuskan untuk pergi jalan jalan, ataupun hangout bersama pasangan Anda atau keluarga, maka Anda harus menaiki transportasi pribadi seperti mobil, atau motor. Nah, padahal kota Jakarta dikenal sebagai kota yang memiliki lalu lintas yang sangat padat di dunia. Hal ini tentu membuat Anda menjadi tidak enjoy dalam bepergian di Jakarta. Terlebih, berapa banyak bahan bakar yang harus Anda beli setiap harinya untuk sampai ke tempat hangout di Jakarta, atau ke kantor di setiap harinya.

Adapun jika Anda tetap kekeuh untuk tinggal di Jakarta dan ingin membeli sebuah hunian rumah di kota besar tersebut, kami telah menyiapkan beberapa tips membeli rumah di Jakarta. Tips jitu membeli rumah di kota Jakarta ini telah kami susun sedemikian rupa dengan tujuan bahwa setelah Anda membaca artikel ini, Anda memiliki tambahan pengetahuan dalam rangka membeli rumah di kota Jakarta tersebut. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli rumah di kota Jakarta.

1. Mencari informasi paling update mengenai rentang harga pasaran rumah di Jakarta
Hal pertama yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah mencari informasi terupdate mengenai rentang harga pasaran rumah di kota Jakarta. Anda dapat memulainya dengan mencari info tentang harga pasaran rumah tersebut di media cetak ataupun di media elektronik. Situs situs terpercaya seperti situs milik pemerintah provinsi Jakarta dan situs situs jual beli terpercaya di Indonesia biasanya memiliki informasi update tentang rumah dijual di Jakarta, besaran harga pasaran sebuah rumah di suatu lokasi, serta ukuran pas tanah pada rumah yang dijual tersebut. Anda, bisa juga untuk mencari informasi paling update tentang harga pasaran rumah di Jakarta ini lewat media cetak. Biasanya, informasi ini terdapat di rubric jual beli yang terdapat di halaman akhir di sebuah media cetak, khususnya Koran.

2. Tidak perlu takut untuk bernegosiasi
Dalam membeli barang apapun, termasuk dalam membeli rumah, sebuah negosiasi oleh pembeli dan penjual adalah wajib hukumya. Jika Anda merupakan seorang yang piawai dalam urusan bernegosiasi, maka Anda perlu untuk menggunakan kepiawaian Anda tersebut dalam bernegosiasi untuk membeli rumah tersebut. Dengan negosiasi yang baik, maka bisa saja Anda akan memperoleh sebuah rumah dengan harga yang tidak terlalu mahal harganya.

3. Mencari lokasi yang strategis walaupun bukan di jantung kota Jakarta
Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini, warga yang menempati kota Jakarta jauh lebih banyak dari berpuluh puluh tahun yang lalu. Kepadatan penduduk ini membuat lahan di Jakarta semakin terbatas. Anda dapat menyiasatinya dengan mencari lokasi yang cukup strategis, walaupun bukan di jantung kota Jakarta. Yang pasti, lokasi tersebut bebas dari bencana banjir yang setiap tahun melanda Jakarta, atau bebas dari kemacetan yang setiap hari melanda Jakarta.

4. Menyiapkan budget yang lebih
Dalam membeli sebuah rumah, Anda hendaknya menyiapkan budget yang lebih diluar budget untuk membeli rumah tersebut. Membeli sebuah rumah beda dengan membeli barang lain. Setelah Anda membeli sebuah rumah, maka Anda perlu menyiapkan budget tambahan untuk mengurus berbagai hal lain. Contohnya: biaya pajak, biaya memakai jasa seorang notaries untuk mengecek keaslian sertifikat tanah dan bangunan, dan lain lain.

5. Mendatangi rumah yang dijual tersebut
Jika Anda kepincut dan ingin membeli rumah area Jakarta yang ditawarkan di situs jual beli, sebaiknya tunggu dulu. Sebelum Anda setuju dan deal dengan harga tersebut, lebih baik Anda mendatangi rumah yang dijual tersebut secara langsung. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir penipuan yang dewasa ini sedang marak. Cek rumah tersebut, mulai dari kelayakannya, serta akses menuju berbagai tempat. Anda juga perlu mengecek aliran air bersih yang menuju rumah tersebut sebelum Anda membeli rumah itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Lho Tips Membeli Rumah di Jakarta