Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia 2016

Senin, 07 November 2016

Cara Mudah Mengaktifkan Wifi Windows 7 dan 8 di Laptop

Wifi kini sudah menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap laptop. Melalui wifi inilah laptop bisa terhubung ke internet dan dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam data di dunia maya. Namun sebelum membuat laptop terhubung ke internet, kita harus menyalakan wifi terlebih dahulu. Nah, hal inilah yang terkadang menjadi masalah terutama bagi pemilik laptop pemula. Mereka belum memahami cara mengaktifkan wifi di laptop di saat mereka berada di wifi zone untuk ber-hot spot ria. Akibatnya aktivitas browsing jadi terganggu. Tetapi tenang, sekarang bagi pemilik laptop baru tidak perlu khawatir karena kita akan bantu cara mengaktifkan wifi di laptopmu.


Apapun merk laptopnya sebenarnya tidak berpengaruh kepada cara mengaktifkan wifi laptop ini. yang mempengaruhi adalah sistem operasi yang diinstal di dalam laptop. Setiap sistem operasi memiliki konfigurasinya masing-masing dan cara aktivasi masing-masing meskipun secara garis besar, pola dan langkah aktivasi wifi ini tetaplah sama. Untuk sistem operasi windows 7 misalnya, untuk aktivasi wifi, kita ke tombol start, lalu ke control panel di kolom menu sebelah kanan. Setelah jendela control panel muncul, kita klik adjust commonly used mobility setting.  Setelah itu akan muncul jendela windows mobility center, kita ke kolom paling kanan nada wireless off, kita klik Turn wireless on dan wifi pun aktif.

Sementara pada windows 8, untuk mengaktifkan wifi memerlukan langkah yang sedikit berbeda. mengaktifkan wifi di windows 8 bisa melalui pc setting, lalu pilih network, dan kemudian pilih airplane mode. Ada pilihan di panel lalu geser ke kanan untuk mengaktifkan wifi. Windows 8 juga menyediakan aktivasi wifi melalui ikon di taskbar. Langkahnya adalah pertama adalah klik ikon koneksi di taskbar di pojok sebelah kanan. Untuk aktivasinya kita tinggal menggeser ke kanan dan wifi sudah aktif. Untuk mengetahui koneksi wifi yang aktif, tinggal klik koneksi lagi dan daftar koneksi wifi aktif akan muncul.

Selain cara lewat wifi setting, ada juga cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan wifi di laptop. Cara ini bisa dipakai untuk berbagai sistem operasi yang ada di laptop. Caranya adalah menggunakan tombol di keyboard yang ada gambar wifi bisa dalam bentuk antena maupun sinyal. Untuk gambar ini tiap merk laptop memberikan gambar yang berbeda di tampilan keyboardnya. Sehingga kita sebagai pemakai harus paham dan teliti untuk mengetahui makna gambar wifi ini. keuntungan dengan mengetahui gambar wifi ini adalah kita bisa langsung mengaktifkan wifi laptop melalui shortcut dengan 1-2x sentuh. Tombol bergambar wifi ini biasanya diletakkan antara tombol F1 sampai F12. Untuk aktivasinya juga berbeda-beda, ada yang 1 tombol wifi saja, ada juga yang harus dibantu dengan tombol Fn di keyboard. Mudah bukan?

Selanjutnya apabila langkah-langkah untuk mengaktifkan wifi di atas tidak berhasil menyalakan wifi di laptop, kemungkinan ada sesuatu yang salah dengan instalasi wifi laptop kalian. Hal yang perlu dicurigai adalah belum terinstalnya driver dari wifi di laptop. Hal ini menyebabkan hardware wifi di laptop belum terbaca oleh sistem operasi laptop. Jika hal ini terjadi, maka kita harus menginstal river wifi dahulu. Langkah pertama kita download driver wifinya dari internet atau dari website resmi merk laptop kita karena setiap laptop memiliki spesifikasi driver yang berbeda-beda. Setelah file driver wifi terdownload kemudian kita install. Jika instalasi driver wifi sukses maka lakukan cara mengaktifkan wifi di laptop di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mengaktifkan Wifi Windows 7 dan 8 di Laptop