Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia 2016

Minggu, 27 November 2016

Tips Memilih Kost untuk Mahasiswa yang Aman dan Nyaman

Tempat kost untuk sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa yang kebetulan diterima di sebuah PTN atau PTS di luar kota tempat tinggalnya. Namun, ternyata mencari tempat kost itu tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika kamu merupakan tipe yang sangat pemilih. Tentu akan semakin susah untuk mendapatkan kamar kost yang sesuai dengan keinginan kamu. Untuk itu kamu perlu tips memilih kost untuk mahasiswa yang bisa kamu tempati selama menempuh studi di perguruan tinggi idaman kamu.

Tentunya untuk mendapatkan kamar kost tersebut harus benar-benar nyaman dan memberikan keamanan pula selama kamu tinggali. Karena kamu akan tinggal di tempat kost dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentunnya kamu perlu mendapatkan hunian sementara yang memberikan kenyamanan buat kamu. Berikut ini ada beberapa tips memilih kost untuk mahasiswa yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mendapatkan tempat kost idaman kamu.

Usaha untuk mendapatkan tempat kost yang nyaman dan juga aman, memang memerlukan waktu yang cukup. Hal ini karena dalam memilih tempat kos tentu tidak boleh sembarangan. Karena kamu akan menempatinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, di sini ada tips menarik yang bisa kamu pakai untuk memilih kost yang aman dan nyaman sesuai dengan keinginan kamu.

1. Menentukan Lokasi Tempat Kost
Saat kamu memilih tempat kost, pilihlah lokasi tempat kost kamu yang dekat dengan kampus tempat dimana kamu belajar. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena dengan memilih lokasi kost yang berdekatan dengan kampus tentu akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk beraktivitas belajar mengajar di kampus dengan lancar. Dan yang paling penting lebih hemat.

2. Menyesuaikan Anggran untuk Sewa Tempat Kost
Setiap kost-kostan yang ditawarkan tentu memiliki harga yang beda-beda. Apalagi di kota besar, tentu harga sewa kost per bulannya bisa mencapai lebih dari 1 jutaan. Nah, bila kamu memiliki anggaran untuk sewa kost dengan kisaran harga satu juta ke atas, maka kamu bisa mencoba untuk masuk ke rumah-rumah yang menyediakan kost-kostan dengan rumah yang kelihatannya mewah.

3. Carilah Lokasi Kost yang Strategis
Hal ini penting. Ketika kamu sedang mencari tempat kostan, hendaknya pilih yang lokasinya strategis. Dimana di sekitar lokasi kostan tersebut dapat menjangkau untuk tempat-tempat yang strategis seperti rumah ibadah, tempat foto copy, rental pengetikkan, atau warung makan. Karena dengan tinggal di tempat kost yang lebih strategis tentu akan memberikan kelancaran dalam menjalani hari-hari sebagai anak kost.

4. Jeli dengan Hal-hal yang Kecil
Saat kamu sedang melakukan pilihan untuk mendapatkan tempat kost, kamu tentu harus perhatikan hal-hal kecil berikut seperti, luas kamarnya, kamar mandi yang letaknya di dalam atau di luar kamar, fasilitas yang diberikan di dalam kamar kostnya, seperti tempat tidur, kasur, kipas angin, meja, dan fasilitas lain yang menunjang hari-harimu di kost.

Selain itu, yang paling penting adalah harga sewa yang diterapkan oleh pengelola kost. Dimana harga sewa tersebut sudah termasuk biaya listrik atau belum. Terkadang di sebuah tempat kost, harga sewanya tidak termasuk dengan biaya listrik dimana perhitungannya dihitung dari jumlah barang elektronik yang dibawa.
Saat memilih tempat kost, kamu juga perlu menanyakan kepada pengelola kostnya mengenai letak kamar yang akan kamu tempati. Apakah terletak di dalam rumah induk pemilik kost, atau terpisah dengan rumah induk. Selain itu, jumlah penghuni dalam satu kamar juga perlu kamu ketahui. Bila kamu termasuk orang yang ingin terjaga privasinya, maka kamu bisa memilih kamar yang hanya kamu sebagai penghuninya. Dan terakhir yang perlu kamu ketahui ada tidaknya pemberlakuan jam malam.
Itulah keempat tips memilih kost untuk mahasiswa yang bisa kamu ketahui. Tentunya tidak hanya tips di atas saja yang bisa kamu jadikan referensi ketika memilih kost. Setidaknya dengan mengetahui tips-tips singkat berikut, maka sudah cukup bagi kamu mendapatkan tempat kost yang aman dan juga nyaman. Dan yang paling utama, pilihlah lokasi kost yang benar-benar menjamin keamanan kamu serta kenyamanan kamu. Sehingga ketika kamu bisa dengan lancar melakukan studi kamu hingga selesai dan lulus sebagai sarjana yang diharapkan orang tua kamu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Kost untuk Mahasiswa yang Aman dan Nyaman