Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia 2016

Minggu, 11 Desember 2016

Informasi Pilkada Serentak 2017, Masyarakat Harus Turut Serta dalam Memajukan Bangsa dan Negara melalui Pilkada

Mengenai informasi Pilkada serentak 2017, bukan hanya di DKI Jakarta, di tahun 2017 yang akan datang, dijadwalkan akan diadakan Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah yang serentak diikuti oleh 101 daerah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten hingga kota. Ketua KPU Husni Kamil menyatakan di sela acara peresmian peluncuran Pilkada bahwa telah diputuskan jadwal Pilkada 2017 secara serentak di bulan Februari tahun 2017.

Sebanyak tujuh provinsi, tujuh puluh enam kabupaten dan delapan belas kota akan menyelenggarakan Pilkada tersebut yaitu Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Papua Barat, Gorontalo, Aceh dan Banten. Aceh merupakan provinsi dengan penyelenggaraan Pilkada terbanyak yaitu untuk memilih satu gubernur serta dua puluh Bupati dan wali kota.

Pasangan Calon Peserta Pilkada 2017

Jika DKI Jakarta memiliki tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang terdiri dari pasangan Agus dan Sylviana Murni dengan nomor urut pertama, Basuki Tjahaya Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dengan nomor urut kedua, dan Anies Baswedan dengan Sandiaga Uno dengan nomor urut ketiga, daerah- daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada juga memiliki calon masing- masing.

Menurut informasi Pilkada 2017 yang didapat, background dari masing- masing calon tersebut berbeda satu dengan yang lain. Ada yang melalui partai politik serta mandiri. Calon yang mendaftar melalui dukungan partai politik adalah sebanyak seratus enam belas pasangan calon serta yang mendaftar secara mandiri ada tiga puluh tujuh pasangan yang lain. Di beberapa daerah, menurut sumber yang didapat hanya ada satu pasangan yang mendaftar pada Pilkada ini, dengan demikian bisa dibilang mereka akan memenangkan suara dengan mutlak.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Mahkamah Konstitusi telah mengizinkan calon tunggal yang terjadi di beberapa daerah tersebut. Pemilih hanya tinggal memilih untuk setuju atau tidak setuju dengan terpilihnya calon tunggal tersebut di kertas suara. Jadi, walaupun calon tunggal namun pemilihan secara demokratis tetap harus dilangsungkan.

Melalui informasi Pilkada serentak 2017, dapat diketahui bahwa berkas persyaratan calon pendaftar diperiksa bulan bulan Oktober.Dari sekian jumlah pasangan calon, diketahui bahwa ada sekitar dua puluh satu wanita yang menjadi calon terpilih dalam Pilkada 2017.

Sebagai pemilih hendaknya kita harus benar-benar melakukan keputusan yang bijaksana. Sebaiknya dipelajari bagaimana visi dan misi serta rencana kerja calon terpilih. Melalui hal tersebut, kita setidaknya memiliki pertimbangan di dalam melakukan pemilihan dengan tepat.

Menurut sumber, pasangan cagub dan cawagub Agus Yudhoyono bersama Sylvana Murni memiliki misi untuk melestarikan budaya Betawi, dan salah satu cara yang dilakukan Agus Yudhoyono adalah dengan sering mengunjungi sentra kebudayaan tradisional Betawi. Sedangkan pasangan dalam informasi Pilkada serentak 2017 ini Basuki Tjahaya Purnama beserta Djarot Saiful Hidayat menyatakan akan membangun ruang kreatifitas bagi anak muda untuk memiliki ketrampilan kerja. Lain lagi dengan Anies Baswedan beserta Sandiago Uno yang mengatakan untuk berkomitmen dalam memberantas korupsi dan salah satu caranya adalah membangun aplikasi di mana masyarakat dapat mengetahui anggaran pemerintah dan untuk apa saja anggaran tersebut digunakan.

Sebagai warga negara kita harus berpartisipasi dalam kemajuan bangsa dan negara kita, salah satunya adalah dengan ikut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2017. Karena kepedulian kita akan sangat berarti bagi kemajuan bangsa tercinta Indonesia.

Demikian tadi adalah informasi Pilkada serentak 2017 semoga bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Informasi Pilkada Serentak 2017, Masyarakat Harus Turut Serta dalam Memajukan Bangsa dan Negara melalui Pilkada