Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia 2016

Rabu, 14 Juni 2017

Harga Radio Komunikasi Mahal? Pastikan untuk Menjaganya dengan Tips Berikut Ini!

Radio komunikasi memang saat ini sudah mulai terlupakan sejak teknologi komunikasi semakin berkembang. Hal ini lantaran teknologi yang ada pada alat komunikasi masa kini yaitu ponsel telah berkembang semakin canggih mulai dari adanya fitur kamera, aplikasi chatting dan masih banyak lagi. Meski begitu masih banyak juga profesi pekerjaan yang tetap setia menggunakan radio komunikasi sebagai alat komunikasi utamanya, misalnya handy talky atau walkie talkie. Harga radio komunikasi sendiri lebih terjangkau yaitu mulai dari ratusan ribu saja.

Meski memang harganya lebih terjangkau, namun ada juga beberapa radio komunikasi yang berharga hingga jutaan rupiah dengan fitur yang beragam. Maka dari itu, demi bisa mengoperasikan dan mendapatkan performa maksimal, Anda juga perlu memberikan perhatian lebih atau perawatan terkait radio komunikasi yang Anda miliki ini. Berikut ini beberapa tips merawat radio komunikasi yang bisa Anda terapkan:

1. Catu daya
Selalu pastikan jika pasokan catu daya untuk radio komunikasi Anda selalu terjaga kestabilan nya dan juga sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Khusus untuk jenis HT, saat ini ada dua jenis baterai yang banyak dipergunakan yaitu Lithium Ion dan juga NiMh. Kedua jenis baterai ini sudah tidak memiliki efek ke memori sehingga Anda tidak perlu menunggu hingga benar-benar habis dalam proses isi ulangnya. Namun untuk radio komunikasi jenis Rig, usahakan catu daya tidak lebih dari spesifikasi yang sudah ditentukan karena bisa jadi usia dari baterai tersebut akan lebih pendek lantaran panas yang dihasilkannya terlalu tinggi. Untuk tipe HT, sesungguhnya sangat sensitif dengan daya. Untuk itu, sebisa mungkin jangan menggunakan Ht dipakai untuk transmit jika kondisi baterainya sudah benar-benar sudah rendah.

2. Air
Seperti halnya alat elektronik lainnya, air merupakan musuh utamanya. Bukan lantaran sifatnya yang merusak seperti pada air asam atau air keras, namun air ini merupakan konduktor listrik yang terbaik sehingga jika radio komunikasi yang Anda miliki terkena air, maka akan langsung korsleting listrik di dalamnya sehingga mengakibatkan terbakar. Namun kini sudah ada beberapa radio komunikasi yang memiliki fitur tambahan yaitu tahan terhadap air bahkan ada juga yang tahan celup sehingga Anda bisa lebih nyaman dalam penggunaannya. Harga radio komunikasi dengan fitur ini tentu lebih mahal dengan radio yang tanpa fitur tahan air.

3. Kelembaban
Kelembaban sangat erat kaitannya dengan adanya air. Ketika terjadi kelembaban, maka yang muncul adalah bulir air sehingga mampu membuat konduktor berefek dan bisa mengakibatkan korsleting di dalamnya. Selain itu, kondisi yang lembab pada radio komunikasi juga dapat memicu jamur di beberapa sirkuit. Akibatnya fungsi sirkuitnya akan terganggu yang memungkinkan terjadinya korsleting di dalam perangkat radio komunikasi tersebut. Untuk itu, sebisa mungkin hindarkan kondisi lembab pada radio komunikasi Anda dan jika memungkinkan pakai dry cabinet sehingga suhunya bisa sesuai dengan suhu ruangan.

Itulah beberapa tips merawat radio komunikasi yang Anda miliki sehingga bisa selalu maksimal dalam penggunaannya. Untuk merek dan harga radio komunikasi saat ini sudah banyak jenis di pasaran yang tersedia, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Jika memungkinkan, pilihlah radio komunikasi dengan fitur tahan air sehingga lebih mudah dalam perawatannya dan pastinya lebih aman digunakan dalam kondisi apapun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Harga Radio Komunikasi Mahal? Pastikan untuk Menjaganya dengan Tips Berikut Ini!