Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia 2016

Kamis, 26 Oktober 2017

Profil Biodata Gus Ipul Wakil Gubernur Jawa Timur

Gus Ipul, nama tersebut tampaknya sangat familiar di telinga masyarakat Jawa Timur. Bukan hanya warga Jawa Timur, bahkan banyak pula masyarakat dari provinsi lain yang kerap mendengar nama Gus Ipul disebut-sebut. Tidak kalah dari Gubernurnya, Wakil Gubernur Jawa Timur ini memang banyak menarik perhatian. Hal ini karena karir politiknya yang sudah cukup tinggi dan perannya di masyarakat yang cukup besar.

Profil Lengkap Gus Ipul Wakil Gubernur Jawa Timur
Profil Biodata Gus Ipul sendiri sebenarnya memiliki nama asli Saifullah Yusuf, atau nama lengkapnya adalah Drs. H. Saifullah Yusuf. Beliau menjabat sebagai Wakil Gubernur sejak Februari tahun 2014 lalu, bersama Pakde Karwo yang menjabat njadi Gubernur Jawa Timur. Sebenarnya, pada tahun 2009 lalu Gus Ipul sudah menjadi Wakil Gubernur, kemudian beliau mencalonkan diri lagi. Atas kepercayaan masyarakat yang tinggi pada kinerja dua Karwo-Ipul, maka mereka pun terpilih sekali lagi dan akhirnya menjabat selama dua periode.

Namun, bukan hanya prestasi tersebut yang pernah dipegang Gus Ipul. Ayah 4 anak ini sebelumnya telah melanglangbuana di dunia politik. Gus Ipul yang dilahirkan di Pasuruan pada tahun 1964 lalu ini pernah menjalani pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, di sebuah universitas ternamaan Jakarta, yaitu Universitas Nasional. Kemudian beliau menjadi sarjana di tahun 1985.

Saifullah Yusuf pun mengawali karir dengan masuk ke dalam GP Ansor, beliau bahkan menjadi ketua umum di sana. Tidak tanggung-tanggung, beliau menjabat hingga dua periode. Kemudian karirnya berlanjut menjadi ketua PBNU. Bisa dibilang, karir beliau tidak pernah berhenti menanjak dan semakin tinggi. Gus Ipul pun bisa dibilang menjadi orang kepercayaan Gus Dur saat itu, sehingga banyak pula orang yang percaya akan kinerjanya.

Namun uniknya, meskipun orang kepercayaan Gusdur, Gus Ipul merupakan salah satu anggota partai PDIP, sehingga keberadaan beliau seolah menjadi jembatan antara dua orang besar, yakni Gus Dur dan Megawati. Sayangnya, setelah mengundurkan diri sebagai DPR, Gus Ipul memilih ke PKB dan melanjutkan menjadi anggota di sana. Belum berhenti sampai di sana, Gus Ipul ternyata juga pernah berperan penting dalam kementrian, beliau didapuk sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal pada 2004 lalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Profil Biodata Gus Ipul Wakil Gubernur Jawa Timur