Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia

Kamis, 22 Februari 2018

Menilik Mudahnya Membuat Susu Almond Sendiri dengan Juicer

Susu menjadi salah satu minuman yang kaya akan nutrisi. Tak heran jika anak-anak dan orang dewasa pun direkomendasikan untuk selalu minum susu setiap harinya. Namun kebutuhan susu akan setiap orang berbeda-beda, misalnya saja bagi para pelaku diet dimana susu yang dipilih haruslah susu rendah lemak. Untuk pilihan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan susu almond. Ya, susu dari kacang almond ini memang sudah sangat terkenal akan nutrisinya yang banyak dan rasanya yang enak.

Perlu diketahui jika almond adalah sumber lemak tak jenuh dan amat baik untuk tubuh. Lemak nabati di dalam kacang almond pun digolongkan rendah lemak jenuh yang amat aman untuk mereka yang bahkan menderita diabetes dan juga jantung. Bahkan susu dari kacang almond ini pun bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang punya kondisi intoleransi laktosa. Meski saat ini di toko online hingga di pasaran sudah banyak tersedia susu dari kacang almond, namun tentunya produk tersebut kebanyakan sudah mengandung banyak pengawet sehingga tak cukup aman untuk Anda.

Dibandingkan khawatir akan efek dari bahan pengawet, maka Anda bisa juga dengan membuat susu dari kacang almond sendiri. Selain membuatnya mudah, Anda juga akan bisa menghemat cukup uang dengan membuat sendiri susu dari kacang almond. Tak hanya dengan kacang almond saja, namun Anda pun dapat buat dari bahan kacang lain misalnya kacang mede hingga kacang kedelai. Bahan yang dibutuhkan diantaranya kacang almond mentah, air matang, madu dan butuh alat berupa juicer.

Tahapan dalam membuat susu almond sendiri adalah dengan cara berikut ini:

1. Siapkan almond
Yang pertama tentunya adalah dengan menyiapkan almond lebih dulu. Anda harus mencuci bersih dulu kacang almond tersebut dan rendam di dalam air yang bersih. Waktu perendaman juga sangat menentukan yakni semalaman atau minimal adalah 8 jam. Jika sudah, maka bilas kembali semua kacang almond lalu tuangkan dalam wadah lain.

2. Proses pembuatan susu
Jika kacang almond sudah siap dan bersih, maka Anda bisa langsung masukkan kacang almond itu ke dalam juicer yang sudah disiapkan, Tambahkan air sekitar 3 gelas atau sesuaikan dengan jumlah kacang almond-nya. Selain itu dari segi kekentalan pun bisa dipilih. Jika ingin kental, maka bisa kurangi air dan jika ingin cair maka bisa tambahkan air sesuai selera Anda. Langsung blend semuanya dalam waktu yang disesuaikan sampai semua kacangnya hancur.

3. Sajikan
Jika sudah siap, Anda bisa langsung sajikan susu dari kacang almond tersebut. Untuk menambahkan sedikit pemanis, direkomendasikan menggunakan madu dibanding gula. Anda bahkan bisa mengkreasikan susu dari kacang almond ini dengan menambahkan perasa lain misalnya perasa coklat, strawberry dan lainnya sehingga susu dari kacang almond lebih terasa lezat sesuai selera Anda.

Untuk penyimpanannya bisa di dalam kulkas untuk 3 hari, namun jika ingin lebih lama maka bisa direbus karena bisa bertahan sampai 7 hari. Tips lainnya yang bisa bermanfaat untuk Anda adalah dari segi penggunaan kacang almondnya direkomendasikan menggunakan kacang almond organik. Selain itu agar susu almond higienis, maka pastikan semua alat yang digunakan bersih dan cuci tangan sebelum pembuatan. Penyajiannya bisa disesuaikan dengan selera apakah ingin dalam kondisi dingin ataupun hangat dan dengan tambahan buah atau perasa lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Menilik Mudahnya Membuat Susu Almond Sendiri dengan Juicer