Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia

Rabu, 18 April 2018

Ini Dia 5 Cara Ampuh Mencegah Pemborosan Saat Diskon Ramadhan 2018 Tiba

Bulan suci ramadhan akan segera tiba kembali, ini merupakan moment yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim seluruh dunia. Memasuki ramadhan pasti banyak sekali perubahan-perubahan dari aktivitas masing-masing orang setiap harinya. Perubahan terjadi umumnya pada pola makan, istirahat, sampai dengan pola berbelanja. Apalagi kabarnya diskon ramadhan 2018 ini akan diadakan pada toko online maupun pusat perbelanjaan konvensional. Secara tidak langsung hal itu menjadi salah satu pendorong pengeluaran keuangan rumah tangga semakin membengkak.

Jika harus dipikir secara logika, bulan suci ramadhan identik dengan aktivitas puasa oleh setiap muslim. Hal itu tentunya terjadi tidak pada pengendalian diri terhadap nafsu makan saja tetapi juga berbelanja. Tetapi pada kenyataannya yang terjadi adalah sebaliknya, banyak orang yang mengeluhkan bulan suci membuat pengeluaran semakin banyak dan besar. Ditambah lagi dengan tawaran diskon diberbagai tempat belanja, baik makanan, fashion, bahkan item-item tidak penting lainnya.

Untuk mensiasati supaya Anda tidak boros dan kalap setelah melihat serbuan diskon ramadhan, maka Anda pun harus memperhatikan segala sesuatunya dengan matang dan sebaik mungkin, untuk mengetahui lebih detailnya lagi mengenai tata cara dalam menyiasati agar belanja Anda tidak menghabiskan banyak uang meskipun sedang ada banyak diskon, maka ikuti ulasan berikut ini:

1. Membuat catatan belanja.
Sebelum memasuki bulan puasa tidak ada salahnya Anda membuat catatan terlebih dahulu apa saja yang sekiranya bakal dibutuhkan dalam sebulan kedepan. Hal ini bisa dimulai dari kebutuhan makan terlebih dahulu dan dikuti keperluan lainnya. Disamping membuat catatan, Anda juga perlu membuat kisaran uang yang harus disiapkan. Jangan lupa perhatikan mengenai porsi makan saat puasa dengan hari biasa pasti berbeda. Sehingga dengan membuat catatan belanja maka belanja Anda pun akan lebih terarah dengan baik.

2. Belanja dengan uang pas.
Tips yang kedua adalah dengan membiasakan diri Anda menggunakan uang pas saat belanja dimanapun. Hal ini tentunya bisa membantu Anda meminimalisir mengalami kekalapan saat melihat berbagai diskon ramadhan 2018 dipusat perbelanjaan. Hindari menggunakan kredit card, debit card apalagi jika didalamnya ada uang tabungan Anda. Karena hal tersebut bisa membuat Anda lebih boros dengan membeli yang tidak penting-penting.

3. Fokus dengan tujuan belanja.
Datang kepusat belanja dan hanya fokus pada apa yang diperlukan saja itu terkadang sulit dilakukan oleh banyak orang, apalagi para wanita. Makanya disinilah peran catatan belanja diawal yang sudah Anda persiapkan. Usahakan untuk tetap fokus dengan apa yang menjadi tujuan Anda. Cara ini membantu Anda mendapatkan barang yang diperlukan dan menghindarkan dari pembelanjaan yang memboroskan.

4. Maksimalkan promo.
Tips selanjutnya adalah bagaimana cara Anda bisa mendapatkan harga murah dari produk yang dibutuhkan dengan promo yang sedang ditawarkan. Secara otomatis ini akan berdampak pada pengeluaran Anda. Pemborosan tidak akan terjadi, bahkan Anda bisa membeli produk lainnya dengan hasil keuntungan dari promo yang sedang ditawarkan.

Pemikiran mengenai bulan puasa yang lebih berkurang kebutuhannya dari pada hari biasa ternyata salah besar. Bahkan beberapa kebutuhan produk rumah tangga akan semakin meningkat, makanya perlu anggaran khusus supaya tidak mengalami pemborosan dalam finansial keluarga Anda. Dengan adanya serbuan diskon ramadhan 2018 seharusnya bisa membuat Anda lebih berhemat dalam hal pengeluaran, jangan terlalu lalai dan kalap sehingga pembelanjaan bulan puasa meningkat tajam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Ini Dia 5 Cara Ampuh Mencegah Pemborosan Saat Diskon Ramadhan 2018 Tiba