Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia

Kamis, 10 Mei 2018

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan Ibu

Bagi para ibu muda, mengurus tentang perlengkapan bayi baru lahir itu mungkin agak merepotkan. Hal ini lantaran mereka belum pernah mengalami menjadi seorang ibu sehingga akan membuat bingung. Bingung barang apa yang harus dibeli dan yang paling utama adalah kebutuhan pokok bayi. Banyak ibu muda atau new mom yang belum tahu tentang perlengkapan bayi yang wajib dimiliki.

Terkadang mereka malah membeli barang-barang yang belum waktunya dipakai oleh si kecil. Oleh karena itu, untuk menghindari pemborosan anda perlu mengetahui daftar list yang sudah direkomendasikan untuk para ibu muda di artikel ini.

List Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibeli

Memiliki bayi yang baru lahir atau istilah lainnya adalah new born itu memang sangat membahagiakan. Tentu saja pengalaman tersebut sangat berkesan utamanya bagi para orang tua baru. Para ibu dan ayah muda tentu saja belum berpengalaman tentang kebutuhan bayi yang penting atau pun tidak. Di bawah ini ada list perlengkapan bayi baru lahir yang wajib anda beli.

1. Kain bedong
Bayi yang baru lahir itu masih sangat rentan terhadap apa pun. Kulitnya pun masih tipis sehingga anda harus memberikannya pakaian yang hangat. Salah satu cara untuk menghangatkan tubuh bayi yaitu dengan kain bedong. Kain bedong sendiri merupakan barang wajib yang dimiliki oleh para orang tua yang sedang memiliki bayi. Masyarakat Indonesia pada umumnya sering membedong bayi untuk menghangatkan tubuh dan untuk membuat tubuh bayi tegap.

Mitos masyarakat Indonesia sendiri mengatakan jika bayi yang tidak dibedong maka bentuk kakinya tidak lurus alias bengkok. Namun pendapat tersebut belum terbukti secara ilmiah tetapi sudah banyak para orang tua yang percaya dengan mitos tersebut. Sebenarnya fungsi bedong itu digunakan untuk menghangatkan badan bayi.

2. Popok/diapers
Popok atau diapers merupakan barang yang wajib ada ketika sedang memiliki bayi baru lahir. Bayi yang masih berumur beberapa hari tentu akan lebih nyaman bila memakai popok daripada celana. Tetapi jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman dahulu karena anak yang baru lahir sudah punya model-model celana bayi yang bagus. Jika anda ingin memakaikan celana, jangan lupa untuk menyiapkan diapers.

Hal ini supaya anda tidak bolak-balik mengganti celana bayi karena ngompol atau pun BAB. Jika tidak ingin memakaikan diapers, disarankan untuk memakaikan popok kain saja karena lebih praktis dan bayi pun menjadi merasa nyaman karena gampang dilepas.

3. Kaos kaki dan sarung tangan
Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah kaos kaki dan sarung tangan. Utamanya adalah sarung tangan, barang tersebut sangat penting karena bisa melindungi wajah bayi dari cakaran kuku tangannya sendiri. Bayi biasanya sering menggerak-gerakan tangannya ke atas dan tidak dipungkiri bisa mencakar wajahnya sendiri.

Terkadang jika bayi tersebut memakai anting, jari jemarinya bisa masuk ke anting dan menarik anting tersebut. Tentu hal semacam ini sangat berbahaya karena bisa menyakiti si kecil. Jadi, sangat penting bagi para orang tua untuk memakaikan kaos tangan pada bayi. Kemudian kaos kaki sendiri fungsinya untuk menghangatkan bayi.

4. Baju dan celana bayi
Yang tak kalah penting adalah baju dan celana bayi. Baju bayi saat ini modelnya sangat beragam meskipun biasanya baju untuk bayi laki-laki dan perempuan tidak berbeda jauh. Tetapi saat ini model-model baju bayi laki-laki bisa dibedakan dengan warna dan motifnya. Biasanya untuk motif bayi perempuan warnanya bisa jauh lebih cerah seperti pink atau peach.

Kemudian untuk baju bayi laki-laki biasanya terdapat motif atau gambar superhero dan lain sebagainya. Baju bayi yang beragam saat ini tentu saja para orang tua bisa memberikan yang terbaik untuk anak mereka.

5. Perlak
Perlak merupakan salah satu perlengkapan bayi yang tak kalah pentingnya. Perlak ini fungsinya untuk mencegah kasur supaya tidak kotor terkena pipis bayi, susu bayi dan lain sebagainya. Saat ini, perlak ada dua jenis yang bisa anda pilih yaitu jenis waterproof atau microfiber. Motif-motif perlak sendiri sangat beragam dan lucu-lucu. Sebaiknya anda memilih perlak yang bisa menyerap air supaya bayi anda tidak basah yang akan dikhawatirkan bisa masuk angin.

6. Tempat tidur bayi
Perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan oleh para orang tua adalah tempat tidur bayi. Tempat tidur bayi tidak harus memakai box yang terbuat dari kayu tetapi kasur bayi simple juga direkomendasikan. Saat ini banyak kasur bayi yang bisa anda beli di toko perlengkapan bayi maupun di swalayan. Biasanya kasur bayi tersebut sudah lengkap dengan bantal dan guling bayi.

7. Kelambu
Kelambu merupakan barang penting yang harus dimiliki oleh bayi baru lahir. Kelambu sendiri fungsinya untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Mengingat bayi itu masih sangat rentan, jadi tidak boleh sembarangan memakai obat nyamuk. Lebih baik memakai kelambu karena aman bagi bayi.

8. Topi bayi
Topi bayi juga merupakan perlengkapan penting yang harus dimiliki oleh para orang tua. Ini berfungsi untuk menghangatkan bayi maupun melindungi dari sinar matahari. Topi yang disarankan pun harus yang terbuat dari kain lembut supaya bayi tidak merasa kepanasan maupun tidak merasa nyaman.

Selain kedelapan barang penting di atas, perlengkapan bayi baru lahir lainnya yang harus dimiliki seperti ember bayi, sabun dan shampoo bayi, minyak telon dan lain sebagainya. Bagi para orang tua baru perlu memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan Ibu