Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia

Jumat, 26 Oktober 2018

Blibli.com Memberikan Promo Menarik di Harbolnas 2018? Pakai Trik Ini agar Tidak Boros Belanja

Apakah Anda termasuk orang yang suka berbelanja online? Sudahkah Anda mengecek Blibli.com beberapa hari lalu saat pra event harbolnas 2018 berlangsung? Kalau belum, tentu akan sangat disayangkan karena Anda sudah melewatkan perayaan pertama Hari Belanja Online Nasional yang menghadirkan banyak promosi, seperti voucher, potongan harga, sampai ongkir gratis bisa Anda dapatkan.

Tapi jangan khawatir, karena masih ada harbolnas utama yang masih bisa Anda ikuti di akhir tahun nanti. Namun, karena terlalu banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan, tentu membuat sebagian besar orang, khusunya wanita lupa dengan adanya keterbatasan berbelanja atau biasa dikenal sebagai kalap.

Kalau Anda sudah kalap belanja, tentu akan membuat Anda boros dalam sekejap. Mudahnya Anda tergiur harga murah sudah pasti membuat Anda kalap, jadi ada baiknya mengikuti tips-tips ini agar terhindari dari kehabisan uang tiba-tiba akibat banyak berbelanja online.

1. Mencatat barang yang diinginkan
Untuk mempersiapkan harbolnas dengan baik, tidak ada salahnya Anda mencatat barang-barang yang diinginkan terlebih dahulu. Buatlah daftar barang yang benar-benar Anda butuhkan, yang diikuti dengan barang pelengkap lainnya.

Tujuan dari pencatatannya ini agar Anda tidak kalap mata saat melihat harga miring yang ditawarkan Blibli.com. Misalnya saja Anda sedang benar-benar membutuhkan laptop. Usahakan saja langsung membuka kategori laptop untuk mencarinya dan hindari membuka halaman lain agar tidak tergoda dengan harga murah lainnya.

Bisa juga sesaat sebelum dimulainya harbolnas, Anda memasukan beberapa barang yang menjadi prioritas Anda ke waitlist Blibli.com. Manfaatkan saja fitur tersebut agar Anda tidak perlu mencarinya lagi saat harbolnas tiba. Jadi, saat perayaan harbolnas dimulai, Anda bisa langsung membelinya tanpa melihat barang lainnya yang membuat Anda mudah kalap mata.

2. Targetkan budget belanja
Kesalahan yang paling umum dilakukan saat berlangsungnya harbolnas adalah tidak menentukan budget belanja yang membuat keuangan bulanan semakin menipis. Saat membuat daftar belanja, jangan lupa sertakan estimasi harganya agar Anda tidak over budget. Jadi, Anda bisa fokus mencari barang sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan.

Di sisi lain, Anda jangan sampai melakukan kecerobohan yang nantinya membuat Anda kalap mata saat melihat promo yang ditawarkan. Misalnya saja, Anda memberi budget untuk membeli laptop dengan kisaran Rp 4.000.000. Maka Anda pun juga harus mencari laptop dengan harga tidak melebihi nilai target yang sudah Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari aktivitas berbelanja yang membuat boros keuangan bulanan.

3. Mengecek harga dan kualitas barang

Agar Anda tidak mengalami kerugian saat mengambil barang diskon, ada baiknya Anda mengecek harga pasarannya terlebih dahulu. Pastikan harga diskon dan harga pasar berbanding jauh, karena jika terlalu mendekati, sudah dipastikan barang yang dijual sudah dinaikan terlebih dahulu oleh toko tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi, meskipun berupa barang diskon.

Kejadian tersebut dikenal sebagai diskon fiktif. Tidak sedikit pelaku usaha online memanfaatkan momen harbolnas untuk mendapatkan keuntungan yang salah. Jadi, cek dulu ya harga normalnya di setiap produk yang Anda pilih.

Selain itu, jangan lupa juga cek kualitas barangnya, seperti spesifikasi yang dimilikinya. Jika Anda mencari laptop, pastikan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda bisa terhindar dari rasa tidak puas setelah barang sampai di tangan Anda. Garansi pun juga perlu Anda perhatikan, khususnya barang-barang elektronik.

4. Teliti saat check out
Kalau Anda sudah selesai berbelanja, telitilah pesanan Anda, apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda atau belum. Jika memang sudah yakin, saatnya Anda memilih jasa pengiriman dan metode pembayarannya. Usahakan menggunakan jasa pengiriman yang memakai voucher berupa potongan ongkos kirim atau gratis.

Dengan begitu, beban biaya Anda tidak bertambah banyak karena pengirimannya saja. Sebagian besar vendor yang bekerja sama dengan Blibli.com menawarkan jasa ojek online sebagai pihak pengirimnya. Jadi manfaatkan saja pelayanannya jika Anda memang terdesak untuk mendapatkan barangnya.

Tapi, jika tidak terburu-buru menggunakannya, lebih baik menggunakan jasa pengiriman normal yang bisa Anda tunggu selama hari kerja 1 hingga 4 hari. Hal lain yang harus Anda teliti adalah metode pembayarannya. Saat harbolnas, Blibli.com juga menawarkan sistem pembayaran yang memberikan promo sehingga Anda bisa membayar biayanya menjadi lebih murah.

Metode yang dihadirkan oleh Blibli.com, yakni transfer bank, kartu debit, kartu kredit, maupun e-wallet. Pilih saja sistem pembayaran yang memakai promo dan sesuaikan dengan apa yang Anda miliki. Jika Anda memiliki e-wallet, gunakan saja fasilitas tersebut untuk mendapatkan promo menarik, seperti DP kecil atau tanpa DP. Bisa juga memilih kartu kredit untuk mendapatkan cicilan hingga 0%. Jadi, bijaksanalah juga saat memilih metode pembayaran, ya.

Terapkan saja trik di atas agar perayaan harbolnas 2018 di Blibli.com mendatang tidak membuat Anda boros. Membeli harga diskon memang menyenangkan, tapi tetap saja Anda jangan sampai kalap mata yang nantinya tabungan bulanan habis. Bijaksanalah saat berbelanja barang promo, ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Blibli.com Memberikan Promo Menarik di Harbolnas 2018? Pakai Trik Ini agar Tidak Boros Belanja