Artikel Terbaru

Apa Saja yang Harus Anda Pertimbangkan dalam Memilih Jasa Web Hosting?

Hosting bisa dikatakan sebagai rumah bagi sebuah website, baik itu yang perorangan, pelaku usaha, atau perusahaan. Dalam arti lain, web hosting merupakan layanan yang dipakai untuk setiap situs supaya data dan file-file, seperti tulisan, gambar, script, app, dan masih banyak lagi yang ada di dalamnya bisa tersimpan.

Pada umumnya, orang yang memakai jasa hosting menyewanya dengan jangka waktu tertentu, tapi biasanya terhitung pertahunnya. Karena sudah semakin meningkat permintaan penyewaan hosting, tidak sedikit pihak yang ingin membuka usaha tersebut. Bahkan mereka rela memberikan promo besar-besaran supaya menarik minat calon konsumennya.

Semakin banyak pengguna blog atau situs sendiri, semakin banyak pula penawaran web hosting. Namun, pemilihan jasanya yang tidak hati-hati tentu bisa membuat Anda kecewa dan rugi. Karena itulah, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan jasa hosting berbaik.

1. Fitur tambahan
Di dalam sebuah paket hosting, pastinya memiliki fitur-fitur utama untuk kelancaran sistem website Anda. Namun, Anda pun juga harus pintar dalam memilih fitur tambahannya. Biasanya fitur ekstra tersebut ditawarkan oleh pihak jasa, untuk membantu calon konsumennya meningkatkan performa dan kinerja situs atau blog yang dimilikinya.

Tentu mereka memberikan berbagai macam pilihan yang bisa Anda tentukan sendiri. Tapi, mungkin karena pilihannya terlalu banyak, Anda pun menjadi sulit menentukannya, sehingga sembarangan memilih menjadi jalan keluarnya. Cara tersebut tentu saja salah. Kalau Anda sembarangan menentukan fitur ekstranya, website Anda nantinya akan menjadi lemot atau bahkan bisa sampai eror.

Maka dari itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu fitur apa saja yang ingin Anda tambahkan. Misalnya saja kalau Anda ingin website Anda lebih aman, gunakan saja fitur Spam Assassin Protection atau Spam Experts. Bisa juga Anda memakai fitur Softaculous Auto Installer untuk Anda yang tidak ingin repot menginstal tools tambahan.

2. Performa server
Dalam memilih jasa web hosting, Anda pun juga harus mencari tahu terlebih dahulu performa server yang dimilikinya. Performa server adalah kebutuhan mendasar yang paling penting dalam kestabilan situs atau blog Anda. Jika performa kurang bagus, maka situs Anda akan menjadi sulit diakses atau masalah-masalah lain akan muncul, seperti server selalu down maupun error.

Yang perlu Anda perhatikan dalam mengecek kualitas server milik penyedia hosting adalah lokasi servernya. Ada baiknya kalau Anda menentukan lokasi server berdasarkan target konsumen yang ingin Anda capai. Sebagai contoh kalau Anda ingin target konsumennya adalah orang Indonesia, lebih baik menggunakan server yang ada di Indonesia saja.

Berbeda kalau Anda ingin target konsumennya lebih luas lagi. Anda bisa memakai lokasi server dari negera tetangga, tapi usahakan mencarinya yang kekuatan servernya mendukung. Biasanya negara-negara yang banyak dipakai di Indonesia adalah Singapura, Jepang, dan China.

Selain kecepatannya, Anda pun juga harus mempertimbangkan spesifikasi server yang ada di data center. Beberapa hal tersebut seperti teknologi server apa yang dipakai, kecepatan prosesornya, berapa besar RAM-nya, dan kecepatan network-nya.

Kalau Anda masih bingung dengan spesifikasinya, Anda bisa menanyakannya langsung ke layanan web hosting yang Anda inginkan.

3. Apakah support 24 jam penuh
Selain kedua hal di atas, Anda pun juga harus memperhatikan layanan customer service-nya, apakah mereka 24 jam atau tidak. Dengan pelayanan 24 jam, tentu membuat Anda akan lebih mudah menghubungi mereka, apalagi Anda yang sedang mengalami kendala secara tiba-tiba.

Tapi, pada umumnya penyedia hosting selalu support 24 jam sehingga mereka selalu siap dengan masalah sistem website yang Anda hadapi. Kalau mereka sudah menyediakan layanan 24 jam, hal yang tidak boleh Anda lupa juga adalah bagaimana pelayanan yang mereka berikan.

Tentu sebagai penggunanya, kita akan merasa lebih senang dan nyaman memakai jasanya kalau mereka memperlakukan kita dengan sopan dan ramah. Karena itu, lebih baik hindari jasa hosting yang tidak memiliki layanan yang sopan.

Pastikan juga mereka menyediakan berbagai macam alat komunikasi supaya Anda mudah menghubungi mereka, seperti email, telepon kantor, Whatsapp, dan sebagainya.

4. Harga 
Layanan hosting terbaik biasanya juga akan memberikan harga yang terbaik pula. Ketika Anda sudah memilih paket atau layanan, harga yang nantinya Anda bayarkan haruslah sesuai dengan apa yang Anda dapatkan. Jangan sampai Anda membayar mahal tapi layanan dari jasa lain memberikan harga yang relatif murah di bawahnya. Tentu perbandingan tersebut patut Anda pertanyakan.

Bandingkan saja terlebih dahulu harga-harga jenis layanan atau paket yang Anda butuhkan di beberapa penyedia jasa hosting. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang-buang uang dengan percuma.

Kalau Anda sudah mempertimbangkan itu semua tapi masih bingung memilih penyedia hosting terbaik di Indonesia, kenapa tidak Anda cek terlebih dahulu di niagahoster.co.id. Niagahoster merupakan jasa hosting yang menyediakan pilihan layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda pun juga akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam mengelola website Anda sendiri, apalagi keamanan Anda bisa terjamin dengan support CS selama 24 jam. Dengan begitu, website-nya pun akan lebih maksimal dalam meningkatkan performa bisnis Anda. Jadi tunggu apa lagi? Pakai web hosting dari Niagahoster saja.