Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia

Rabu, 05 Desember 2018

Strategi Promosi Bisnis yang Kreatif

Bisnis yang besar dan berkembang pastinya didukung oleh strategi promosi yang ampuh dan unik. Tanpa promosi suatu bisnis tidak akan dikenal banyak orang, bahkan bisnis tersebut bisa gulung tikar dengan cepat. Maka dari itu, diperlukan suatu strategi promosi yang kreatif dan terbukti ampuh agar bisnis yang anda miliki mampu berkembang dengan pesat.

Banyak pebisnis yang asal dalam mempromosikan produknya, jika hal ini terjadi malah bisa menjadi boomerang untuk bisnis anda sendiri. Saat ini setiap pengusaha atau pemilik bisnis harus memiliki strategi promosi yang efektif agar bisa bertahan di dalam persaingan bisnis. Berikut ini akan saya berikan beberapa tips strategi promosi bisnis yang kreatif sehingga dapat membuat bisnis anda semakin berkembang dan produk anda laris terjual.

Menggunakan Social Media
Saat ini social media merupakan media online yang memiliki banyak sekali anggota atau pengguna, dan setiap hari terus meningkat jumlah penggunanya. Contoh social media yang populer adalah facebook, twitter, instagram, path, G+. Salah satu produk yang laris manis melalui social media adalah keripik maichi. Dengan menggunakan twitter keripik maichi mempromosikan produknya dengan cara yang unik. Contohnya pada saat keripik maichi ingin launching produk baru, sang owner memberikan lokasi atau denah tempat launchingnya melalui twitter dan kurang dari 24 jam keripik maichi sudah ludes terjual.

Promosi Gratis Lewat Radio
Saat mendengar promosi melalui radio mungkin yang ada dipikiran anda adalah berpromosi dengan mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli spot iklan. Padahal, anda bisa beriklan di radio secara gratis. Caranya, biasanya setiap radio memiliki program titip salam dan request lagu, pada saat acara tersebut anda bisa sekaligus mempromosikan bisnis anda. Misalkan, “Mas, saya mau request lagunya linkin park dong yang judulnya aku ra popo, lagu ini buat temen-temen yang lagi nongkrong di nasi uduknya bu munjah yang rasanya enak banget.” Dengan cara tersebut maka secara tidak langsung bisnis anda sudah dipromosikan melalui radio.

Spanduk Promo dengan Karikatur
Cara lain yang biasa dilakukan untuk promosi adalah dengan memasang spanduk promo. Namun, sebaiknya anda membuat spanduk promosi yang unik dan menarik serta berbeda dengan spanduk promosi lainnya. Misalkan, bisnis anda adalah restaurant ayam bakar, maka anda bisa memasang spanduk promo yang bertuliskan “Kurang ajar nih restaurant, rasa ayamnya enak banget… Dah gitu dapet es teh gratis lagi. Sayangnya Cuma 3 hari doang promonya..!!” kemudian disamping tulisan tersebut anda lengkapi dengan karikatur orang yang sedang marah.

Menggunakan Brosur Unik
Selain itu cara lain berpromosi yang biasa digunakan oleh banyak orang adalah menggunakan brosur. Namun, disini anda bisa menggunakan brosur yang unik dengan sedikit kreatifitas anda. Misalkan bisnis anda adalah bisnis pakaian, maka anda bisa membuat brosus dengan bentuk kaos kemudian tuliskan “Kaos paling adem yang pernah gue pake. kaos ini juga pernah di pake lionel messi loh..!!” kemudian anda sebarkan brosur tersebut dikawasan perkantoran, sekolahan, dan kampus. Semakin banyak brosur yang disebar maka semakin banyak pula yang mengenal bisnis anda.

Membagikan Kaos Gratis
Seluruh masyarakat Indonesia pasti menyukai segala sesuatu yang berbau gratisan.  Anda bisa menggunakan kaos gratis yang harganya murah kemudian anda sablon dengan desain gambar yang keren berupa logo bisnis anda yang dibentuk berupa karikatur. Kemudian di bagian belakang kausnya anda tuliskan brand atau nama bisnis anda. Dengan cara ini maka kaos yang anda bagikan akan dipakai banyak orang sehingga nama atau brand bisnis anda yang anda tulis di bagian belakang kaos bisa dilihat banyak orang.

Demikian informasi mengenai strategi promosi bisnis yang kreatif, semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam mempromosikan bisnis anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Rekomendasi dari Strategi Promosi Bisnis yang Kreatif