Artikel Terbaru

Identik Dengan Pohon Imlek, Ternyata Ada 4 Fakta Menarik Tentang Imlek

Tahun baru Imlek menjadi hari yang sangat dinantikan oleh para etnis Tionghoa. Pada momen inilah mereka merayakan tahun baru kalender China. Tahun baru Imlek sebagai perayaan awal untuk pergantian tahun dan diakhiri dengan Cap Go Meh. Pernak-pernik Imlek pun mulai dipersiapkan, salah satu yang tidak boleh terlupakan adalah pohon Imlek.

Biasanya para remaja memanfaatkan momen Imlek ini sebagai salah satu perayaan terpenting untuk mendapat rezeki yang banyak dari angpao yang didapat. Persiapan juga dilakukan untuk menyambut Imlek ini mulai dari membeli bahan makanan hingga mendekorasi rumah dengan pohon Imlek.

Semua keluarga baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa, tentu akan memanfaatkan momen dengan bercanda ria, berkumpul bersama, dan membicarakan tentang karir atau keluarga. Ada pula yang memberi saran atau solusi bagi salah satu keluarga yang mungkin mengalami masalah.

Fakta Menarik Tahun baru Imlek

Imlek menjadi momen yang pas untuk membangun kebersamaan yang baik. Namun berkaitan dengan Imlek, apakah Anda sudah tahu apa saja fakta menarik dari Imlek? Apabila belum, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini.

1. Angpao
Imlek akan kurang lengkap jika tidak ada angpao di dalamnya. Biasanya orang yang boleh menerima angpao adalah yang belum menikah. Lalu untuk yang sudah menikah boleh memberikan angpao. Jumlah uang yang dimasukan ke dalam angpao ini ternyata tidak boleh memuat angka empat atau jumlah yang ganjil.

Tidak heran jika banyak anak-anak yang sangat senang menerima angpao. Mereka sangat antusias ketika mengambil angpao dari pohon Imlek yang sudah disediakan.

Biasanya para remaja dan yang sudah dewasa akan menabung uang hasil angpao yang didapatkan untuk membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Memang tradisi ini menjadi salah satu cara untuk memberi rezeki kepada saudara dengan harapan bisa memberi angpao kepada yang lebih muda di masa depan.

Tidak lupa juga ada gerakan khusus untuk meminta angpao yaitu dengan postur tangan kanan yang mengepal dan satu tangan lainnya menangkap kepalan tersebut.

2. Barongsai
Barongsai menjadi perayaan Imlek khusus yang diselenggarakan di luar rumah. Biasanya tempat pelaksanaan barongsai adalah di vihara atau tempat rekreasi lain. Pertunjukkan ini menarik antusiasme anak-anak setelah menyelenggarakan ibadah atau hal lain selama perayaan tahun baru tersebut.

Banyak orang-orang yang menonton pertunjukan yang diisi dengan tarian tersebut. Lalu dilanjutkan dengan memberikan sedekah berupa angpao. Namun, angpao tersebut dimasukan ke dalam mulut barongsai, yang di dalamnya ada tangan seseorang yang akan mengambil angpao tersebut. Tradisi ini sudah berlangsung setiap tahun dan tidak pernah absen di setiap perayaan Imlek.

3. Serba Merah
Perayaan Imlek sangat khas dengan warna merah. Ternyata penggunaan warna merah ini memiliki makna tersendiri. Warna merah melambangkan hoki, sejahtera, dan kekuatan. Selain itu, warna ini juga bisa mengusir roh jahat atau makhluk buas di dalam perayaan yang biasa disebut Nian.

4. Pantangan
Ada pantangan dalam perayaan Imlek, misalnya jika membersihkan rumah ketika perayaan Imlek, maka akan kehilangan hoki atau keberuntungan. Maka dari itu daripada memberikan pengaruh buruk, banyak yang tidak membersihkan rumah dan memilih untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Itu dia 4 fakta menarik berkaitan dengan perayaan Imlek. Tentunya Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin untuk berkumpul dan bersuka ria bersama dengan keluarga. Oia, jangan lupa untuk mempersiapkan semua hal untuk menyambut Imlek, misalnya dengan mendekorasi rumah dengan pohon Imlek.

Untuk Anda yang tengah berencana membeli kebutuhan Imlek bisa langsung meluncur ke Bukalapak.com. Di sana Anda bisa menemukan banyak pilihan pohon Imlek dan berbagai kebutuhan Imlek lainnya dengan harga yang terjangkau.