Blog kumpulan informasi terbaru dan terbaik di Indonesia

6 Kelebihan Hp Oppo F9 Murah Tampilan Mewah

Oppo merupakan vendor yang cukup rajin memproduksi ponsel pintar di Indonesia. Tidak butuh waktu lama bagi produsen ponsel asal Tiongkok ini...

Rabu, 27 Februari 2019

Samsung Galaxy A40, Smartphone Kelas Menengah Terbaru 2019

Samsung Galaxy A40 yang disebut-sebut sebagai smartphone kelas menengah terbaru pada tahun 2019. Banyak yang memprediksi smartphone kelas menengah ini bakal memiliki spesifikasi yang cukup bagus dan tentu saja harganya terjangkau oleh pasar kelas menengah.

Setidaknya, pada awal bulan Februari lalu informasi tentang perangkat smartphone terbaru Samsung dari seri A ini mencuat ke publik, yaitu Samsung Galaxy A50. Kini kabar yang hampir sama muncul kembali, yaitu melalui kemunculan Galaxy A40.

Informasi seputar Samsung Galaxy A40 ini muncul lewat laman pengujian Geekbench. Hal tersebut sama halnya seperti produk smartphone Samsung sebelumnya, Galaxy A50, yang juga terungkap lewat laman pengujian Geekbench oleh para pengguna yang tergabung dalam Galaxy Club.

Smartphone Samsung Galaxy A40 bakal hadir dengan Android versi terbaru. Smartphone kelas menengah ini dinilai sebagai ponsel yang cukup bagus di atas kertas. Diantaranya, Samsung Galaxy A40 disebut-sebut akan menggunakan sistem operasi Android Pie. Android Pie merupakan versi terbaru Android saat ini. Performa smartphone tersebut juga akan didukung oleh Chipset Exynos 7885.

Chipset Exynos 7885 milik Samsung ini disebut-sebut bakal memberi daya pada Galaxy A40. Chipset ini diklaim cukup kuat untuk perangkat kelas menengah dan lebih baik daripada MediaTek pada kelas yang sama. Sejauh ini belum diketahui apakah Galaxy A40 akan memiliki spesifikasi serupa dengan Galaxy A50, seperti baterai 4.000 mAh dan kamera 24 megapiksel.

Sebagai dukungan untuk menjalankan beberapa aplikasi, smartphone kelas menengah terbaru dari Samsung ini dibekali dengan RAM yang cukup besar, yaitu sebesar 4 GB. Layarnya sendiri diprediksi akan menggunakan layar AMOLED dengan kualitas tinggi.

Sementara, untuk kamera, banyak pihak menyebut smartphone ini akan menggunakan kamera belakang 24 megapiksel serta baterai dengan kapasitas  4.000 mAh. Tetapi, mengenai hal ini, bisa saja kamera dan baterai pada smartphone ini meleset jauh.

Seperti biasa, laman pengujian Geekbench juga membeberkan perolehan skor dari handset Samsung dengan nomor model SM-A405FN tersebut. Tercantum pada laman tersebut Samsung Galaxy A40 membukukan skor 1319 untuk pengujian single-core, sementara untuk galaxy A40 mendapatkan angka 3976 untuk pengujian multi-core.

Beredar kabar Samsung akan meluncurkan Galaxy seri A40 tersebut di banyak pasar Asia dan Eropa, Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, Polandia, serta negara-negara Skandinavia. Kemungkinan besar juga akan dirilis di Amerika Serikat, tetapi kemungkinan dengan nama yang berbeda.

Sebagai bahan perbandingan, Galaxy A50, smartphone tersebut memiliki nomor model SM-A505FN. Galaxy A50 bisa menjadi smartphone kelas menengah atas, karena dikabarkan memiliki penyimpanan 64 GB dan 128 GB. Beberapa laporan juga mengungkapkan bahwa Galaxy A50 bakal tersedia dalam berbagai warna seperti hitam, putih, perak, biru, dan pink.

Galaxy A50 yang baru-baru ini muncul di Geekbench disebut juga bakal menjadi smartphone pertama yang didorong prosesor Exynos 9610. Artinya, smartphone ini sudah di-install dengan sistem operasi Android 9 Pie.

Sementara itu, varian Galaxy A50 yang muncul pada platform benchmark memiliki fitur sebesar 4 GB RAM. Oleh sebab itu, terlihat bahwa model telepon 64 GB akan menampilkan 4 GB RAM, sedangkan edisi 128 GB-nya kemungkinan hadir dengan 4 GB atau 6 GB RAM.

Samsung Galaxy A50 bakal dilengkapi dengan kamera depan 24 megapiksel. Keamanan Galaxy A50 bakal mengandalkan pemindai sidik jari (fingerprint) dalam layar. Tetapi, pemindai sidik jari pada layar A50 tidak akan ditampilkan pada layar ultrasonik canggih dan akurat, hal tersebut  diharapkan akan tersedia pada Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus mendatang. Sebagai gantinya, fitur ini kemungkinan akan menampilkan pembaca sidik jari dalam layar optikal. Sementara untuk baterai, Galaxy A50 sendiri memiliki daya baterai 4.000 mAh.

Galaxy M Diluncurkan Samsung pada 28 Januari 2019
Seperti dikutip dari harapanrakyat.com, selain Galaxy A50 dan Galaxy A40, pada 28 Januari, Samsung juga dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy M di India. Hal tersebut terungkap melalui konfirmasi resmi dari pihak Samsung. Vendor asal Korea Selatan ini memang pernah menempati posisi puncak dalam penjualan smartphone di India, sebelum akhirnya harus mengaku kalah oleh Xiaomi.

Setidaknya akan ada tiga perangkat varian Galaxy M, yaitu Galaxy M10, Galaxy M20, serta Galaxy M30. Banyak spekulasi menyebut bahwa ketiga smartphone tersebut nantinya akan debut atau diluncurkan secara global.

Samsung juga mengungkapkan, seri Galaxy M yang baru ini akan dilengkapi dengan tampilan, baterai, serta prosesor yang lebih kuat. Tetapi sayangnya, Samsung belum secara resmi mengungkapkan mengenai smartphone dan spesifikasinya ini. Tetapi, beberapa rumor mengenai Galaxy M20 menyebutkan ponsel ini akan dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Selain itu, Galaxy M20 juga akan memiliki tenaga dari prosesor Exynos 7885,  dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB, serta dikemas dalam layar LCD 6,1 inci.

Diharapkan pula smartphone ini mempunyai dual setup kamera 12MP dan 5MP pada bagian belakang, sedangkan kamera 8MP akan diberikan di bagian depan. Menurut laporan yang sama, Samsung Galaxy M10 bakal menjadi perangkat entry-level pada seri yang dilengkapi layar LCD 5,6 inci ini.

Smartphone Galaxy M tersebut juga diharapkan akan didukung oleh prosesor Exynos 7870 dan RAM 3GB, serta penyimpanan (storage) sebesar 32GB. Selain itu, smartphone ini juga diprediksikan bakal memiliki kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP, serta baterai berkapasitas 3000 mAh.***

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Samsung Galaxy A40, Smartphone Kelas Menengah Terbaru 2019