Artikel Terbaru

Serunya Berwisata ke Kota Bandung Tanpa Bikin Kantong Jebol

Tidak jarang wisatawan sekitar Jawa Barat dan Jakarta berkunjung ke Bandung untuk menikmati akhir pekan dan musim liburan panjang. Banyak tempat wisata menarik dan kuliner yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Tapi, kamu harus tahu dulu bagaimana cara berlibur ke Bandung tanpa membuat kantong boros. Berikut tipsnya.

1. Jangan pergi saat peak season
Peak season merupakan musim liburan yang panjang yang biasanya terjadi pada libur sekolah, tanggal merah terjepit, atau hari raya besar nasional. Kalau kamu berkunjung ke Bandung saat peak season, otomatis sebagian besar harga tiket wisata akan semakin dimahalkan, bahkan sampai 2 kali lipatnya. Karena itu, hindari waktu peak season agar kamu tidak membayar tiket lebih mahal.

2. Transportasi
Bandung memiliki banyak alternatif transportasi yang bisa kamu gunakan. Daripada kamu capek-capek membawa mobil sendiri dari kotamu ke Bandung, sebaiknya gunakan alternatif lainnya, seperti kereta atau pesawat. Tentu perjalanan akan semakin cepat dan terhindar dari kemacetan jalan.

Begitu sampai di Bandung, gunakan saja alternatif transportasi online yang sudah tersedia secara luas. Atau kamu bisa memilih memakai jasa rental mobil di Bandung. Kamu bisa pilih mau mengendarainya sendiri atau menggunakan sopir. Jangan lupa pakai jasanya yang terpercaya dan jangan asal pilih karena harganya yang murah.

3. Gunakan homestay
Penginapan sangat banyak disediakan di Kota Bandung, mulai dari murah sampai yang mahal pun tersedia. Buat kamu yang beranggaran terbatas, sebaiknya pilih saja yang murah seperti homestay. Penginapan tipe homestay fasilitasnya memang tidak selengkap hotel, seperti tidak tersedianya restoran atau kolam renang, bahkan kamar mandi terkadang ada yang di luar kamar.

Tapi pemilihan homestay menjadi solusi yang baik untuk kamu berbudget terbatas dan tidak mau kantong jebol. Setidaknya kamu bisa tidur atau beristirahat. Untuk makanan, sebagian homestay sudah bekerja sama catering di Bandung yang murah dan enak. Jadi, kamu tidak usah khawatir tentang makanan di penginapannya.

4. Fokuskan tujuan wisata kamu
Ketika berlibur ke Bandung, banyak destinasi wisata yang bisa kamu nikmati, entah itu kuliner, berbelanja, bermain wahananya, atau menikamti pemandangan alamnya. Agar kantong tidak jebol, sebaiknya kamu fokuskan saja tujuan wisata kamu itu apa.

Misalnya kamu hanya mau kuliner di Bandung, tentukan tempat-tempat makan di Bandung terlebih dahulu. Atau kalau mau menikmati pemandangan alamnya, cari tahu dulu tempat wisata alam apa saja yang ada di Bandung. Dengan membuat catatan tujuan wisata, kamu tidak akan gampang mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

5. Pilih tempat wisata yang murah
Bandung memiliki aneka tempat wisata murah yang tidak kalah menariknya. Bahkan sebagian besarnya ada yang membayar hanya Rp 2.000 hingga Rp 10.000 saja. Tentu budget lainnya bisa dipakai untuk berkuliner. Wisata kulinernya juga tidak kalah murahnya. Meski murah, rasanya sama enaknya dengan harganya yang mahal.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa tetap seru-seruan berlibur ke Bandung bersama keluarga atau teman-teman tanpa kantong jebol. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang diluar budget liburan kamu karena membuat kamu pusing nantinya.