Artikel Terbaru

Kumpulan Nama Bayi yang Diambil Dari Tokoh Islam Terkemuka

Nama itu merupakan sebuah doa dan harapan orang tua bagi anaknya. Oleh sebab itu jika anda ingin mencarikan nama bagi bayinya, harus memilih nama-nama yang memiliki arti yang baik. Untuk mencari nama bayi yang baik, anda bisa mencarinya dari nama-nama tokoh-tokoh yang terkenal dengan akhlak maupun ilmunya yang mumpuni. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan kumpulan nama bayi yang diambil dari tokoh Islam terkemuka diantaranya yaitu :

1. Farabi
Farabi berasal dari bahasa Persia yang memiliki arti mempesona. Dengan nama ini diharapkan menjadi anak yang mempesona. Nama Farabi ini diambil dari nama Al Farabi yang merupakan seorang filsuf, ilmuwan, kosmologis, matematikawan, dan ahli musik dari Damaskus. Beliau ini banyak sekali kontribusinya di bidang logika, metafisika, pendidikan, psikologi, dan filosofi. Nama Farabi ini bisa dikombinasikan dengan nama lainnya seperti :
- Ahmad Al Farabi : artinya laki-laki yang terpuji dan mempesona.
- Avicenna Farabi : artinya mempesona lewat ilmunya yang sangat luas.
- Aufar Farabi : artinya pemimpin yang mempesona.

2. Tsabit
Dalam bahasa Arab Tsabit ini artinya tetap/kokoh. Dengan nama ini diharapkan akan menjadi anak yang kokoh pendiriannya di dalam kebenaran. Nama Tsabit diambil dari nama seorang ilmuwan Islam, yakni Tsabit bin Qurra. Beliau merupakan seorang astronom, fisikiawan, matematikawan, dan penerjeman dari Arab. Beliau hidup di abad ke-9 dan 10 pada masa kekhalifahan Bani Abbasiyah. Beberapa penemuan yang berhasil beliau temukan seperti bidang aljabar, geometri, mekanika, dan astronomi. Di bidang mekanika, beliau penemu ilmu statika (kesimbangan). Nama Tsabit ini bisa dikombinasikan dengan nama lain seperti :
- Tsabit Arafat : artinya laki-laki yang akan terkenal dalam waktu yang kekal karena kebaikannya.
- Tsabit Azman Faiz : artinya cita-citanya yang akan tercapai dan menetap.
- Miqdad Tsabit : artinya orang yang tetap pada kebenaran dan menghalau perbuatan buruk.

3. Khawla
Khawla ini artinya rusa betina dan pemberani. Dengan nama ini diharapkan bisa memberikan keberanian bagi anak serta menjadikannya wanita yang cantik menawan. Nama Khawla ini diambil dari nama Khawla binti Al –Azwar. Beliau merupakan seorang wanita cantik yang bertubuh ramping dan pintar berpuisi. Selain itu, beliau juga seorang perempuan pemberani pada jaman perjuangan Islam melawan Romawi. Nama Khawla ini bisa dikombinasikan dengan nama lainnya seperti :
- Kirani Fazila Khawla : artinya anak perempuan yang cantik bersinar dan membuat terkesan banyak orang.
- Khawla Syifa : artinya anak perempuan yang menjadi penyembuh lewat keberaniannya.
- Khawla Nizia : artinya anak perempuan cantik yang bisa menjadi kebanggaan keluarganya.

4. Khadijah
Khadijah dalam bahasa Arab artinya bisa dipercaya. Dengan nama ini diharapkan kelak akan menjadi anak perempuan yang bisa dipercaya. Khadijah ini merupakan salah satu tokoh Islam sekaligus istri pertama Nabi, yang sudah tidak asing lagi bagi Ummat Islam yang semasa hidupnya dalam membantu awal perjuangan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Khadijah ini merupakan istri yang sangat dicintai oleh Nabi. Nama Khadijah ini bisa dikombinasikan dengan nama lainnya seperti :
- Khadijah al Khdijah : artinya semoga meneladani Khadijah yang rendah hati.
- Khdijah Talita Sakhi : artinya gadis yang murah hati.
- Khadijah Shezan Nazaha : artinya nama anak perempuan yang cantik dan jujur seperti Khaijah, istri Nabi Muhammad SAW.

Itulah kumpulan nama bagi bayi yang diambil dari nama tokoh Islam, semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi anda yang akan memilih nama yang paling tepat bagi bayinya.