Artikel Terbaru

Manfaat Panel Matahari Bagi Kehidupan Sehari-hari

Tenaga listrik sangat berguna bagi hidup manusia sehari-hari dan telah menjadi kebutuhan pokok. Listrik berguna untuk menghidupkan berbagai perlengkapan rumah tangga atau alat lainnya. Akan sangat sulit jika terjadi pemadaman listrik. Untuk mengatasinya maka kini banyak orang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya yang bersumber dari panel.

Panel ini berfungsi untuk mengubah energi matahari menjadi listrik. Dapat disimpan terlebih dahulu sebelum digunakan disaat mendesak. Bisa juga menjadi pengganti sumber energi listrik yang disalurkan oleh PLN. Penggunaan panel ini tidak terbatas dan sangat ramah lingkungan. Disamping itu, dapat digunakan untuk alat listrik kapasitas kecil hingga besar.

4 Fungsi Untuk Kehidupan Sehari-hari


1. Pembangkit Energi Listrik
Fungsi utama panel ini untuk membangkitkan listrik dan mengubahnya dari cahaya matahari. Metode transfer energi yang terjadi dalam panel ada dua macam. Pertama adalah langsung dengan fotovoltaik ketika menerima sinar matahari.

Kedua adalah dengan tidak langsung dan terjadi pemusatan energi matahari. Fotovoltaik adalah proses mengubah langsung cahaya yang dipancarkan menjadi listrik dengan bantuan efek fotoelektrik. Pembangkit listrik ini dinilai lebih murah dan tahan lama yang bisa didapatkan melalui http://sewatama.com/id/.

2. Pompa Air
Panel surya juga dapat diaplikasikan agar menghidupkan sebuah alat sirkulasi air. Manfaatnya untuk menggerakkan sistem pompa air dengan tenaga penggerak dari sinar matahari. Umumnya, cara ini digunakan untuk daerah terpencil yang masih belum menerima listrik PLN. Biaya yang digunakan untuk menggerakkan pompa air ini dinilai jauh lebih rendah.

3. Sistem Ventilasi
Penduduk perkotaan juga biasa menggunakan panel tersebut untuk membangkitkan kipas ventilasi yang dipasang dalam rumah. Misalinya exhaust fan yang ada di dapur dan kamar mandi, kipas langit, dan kipas lantai yang jam operasinya setiap hari.

4. Lampu Penerangan Jalanan Umum
Jika anda melihat banyak lampu penerangan disepanjang jalan umum dan bertanya dari mana sumber listriknya. Maka jawabannya adalah berasal dari panel surya. Sebab pemanfaatan listrik hasil dari panel surya ini lebih efisien dan hemat untuk lampu jalan tol, halte bus, SPBU, dan jalan protokol. Selain itu, lampu yang menggunakan panel surya ini juga tidak terpengaruh pemadaman PLN.