Artikel Terbaru

Pantangan Saat Mengobati Luka Bakar

Anda pasti termasuk salah satu orang yang pernah mempunyai luka bakar. Entah luka bakar akibat terik matahari atau terkena air panas. Akan tetapi, banyak sekali bermacam-macam metode pengobatan yang sebenarnya dilarang. Contohnya adalah menjadikan pasta gigi atau mentega sebagai obat luka bakar kena minyak panas, air panas, dan lain-lain.

Hal yang Harus Dihindari


1. Pasta Gigi
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pasta gigi bukanlah obat yang tepat. Justru kebalikannya, pasta gigi hanya akan membuat luka bakar semakin terinfeksi yang berujung memperparah luka bakar. Sehingga, anda jangan mencoba untuk mengoleskan pasta gigi ke luka bakar anda.

2. Putih Telur
Sama halnya dengan pasta gigi putih telur tidak dapat mengobati luka bakar. Putih telur sangat memungkinkan terjadinya alergi pada kulit. Tidak hanya itu saja, putih telur juga mampu menyebabkan infeksi pada kulit.

3. Memecahkan Kulit
Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Apalagi kalau ada luka bakar. Ketika luka bakar terjadi maka kulit akan melepuh. Anda jangan sekali-kali mencoba untuk mengelupasnya atau memecahkan lepuhan tersebut. Hal ini sangat berbahaya bagi anda. Biarkanlah kulit melepuh dan obati dengan obat yang benar.

4. Es
Banyak yang mengira bahwa es merupakan salah satu obat luka bakar kena knalpot, minyak panas, air panas, dan penyebab luka bakar lainnya. Padahal justru air es merupakan salah satu hal yang harus dihindari ketika akan mengobati luka bakar. Anda dilarang keras untuk meletakkan es batu langsung diatas permukaan kulit yang terkena luka bakar.

5. Melepas Pakaian
Apabila anda sedang menggunakan pakaian saat terkena luka bakar, jangan langsung melepasnya. Apalagi apabila pakaian yang anda pakai sifatnya lengket dan melekat di kulit. Jika anda langsung melepaskannya dikhawatirkan akan memperparah luka bakar yang ada. Anda perlu menghubungi dokter  atau tim medis yang mampu menangani hal tersebut.

6. Paparan Sinar Matahari
Hal terakhir yang perlu anda hindari adalah kontak langsung dengan sinar matahari. Sinar matahari yang terik mampu menyebabkan luka bakar derajat satu. Dengan kata lain dengan  mengenai kulit luka bakar dengan sinar matahari secara langsung mampu memperparah luka bakar yang ada.