Artikel Terbaru

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering Berikut Ini

Bibir terasa kering bahkan pecah-pecah sering dialami ketika menjalankan ibadah puasa. Hal ini sebenarnya wajar karena tubuh mengalami dehidrasi pada saat puasa. Tapi, kalau dibiarkan tentu saja akan mengganggu penampilan dan bisa merusak bibir. Untuk menghindarinya, Anda perlu melakukan cara mengatasi bibir kering berikut ini.

1. Hindari kopi
Mengkonsumsi kopi bagi sebagian orang adalah rutinitas yang wajib terutama di saat sahur maupun berbuka. Tapi, taukah Anda bahwa minum kopi justru mengakibatkan kelembapan kulit berkurang?

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kurangi konsumsi kopi atau batasi konsumsi kopi hanya satu cangkir saja dalam sehari. Bila ingin mengkonsumsi minuman yang menenangkan, tak ada salahnya mengganti kopi dengan teh hijau atau teh chamomile.

2. Memperbanyak minum air putih saat sahur
Mengkonsumsi air putih tak hanya baik dilakukan saat berbuka puasa, tapi juga saat sahur. Ketika puasa, tubuh kehilangan banyak cairan sehingga berpotensi membuat bibir jadi kering. Mengkonsumsi air putih dengan metode 2-4-2.

Minum dua gelas air saat berbuka, empat gelas air sepanjang malam dan dua gelas saat sahur bisa mengganti caira tubuh yang hilang saat berpuasa. Kombinasikan konsumsi air putih dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air sehingga tubuh terasa lebih segar.

3. Hentikan kebiasaan buruk menjilat bibir
Menjilat bibir biasa dilakukan ketika bibir terasa kering. Padahal menjilat bibir ternyata bisa membuat minyak pada bibir akan terlarut sehingga ketika air liur mengering bibir akan kering dan pecah-pecah. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini ya.

4. Gunakan lipbalm
Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan lipbalm. Lipbalm bisa menjadi senjata ampuh mengatasi bibir kering terutama saat berada di ruangan ber-AC dalam jangka lama. Lipbalm maupun pelembap bibir yang mengandung jojoba oil dan vitamin E terbukti ampuh melembapkan bibir secara optimal.

5. Aplikasikan madu asli
Madu asli atau organik bisa menjadi solusi masalah bibir kering karena bisa melembapkan bibir secara efektif serta mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Oleskan madu ke permukaan bibir sebelum tidur setiap malam. Apabila melakukan hal ini secara teratur, maka bibir bisa tampak lebih cerah, halus, lembut dan terlihat lebih merah.

6. Mengurangi makanan pedas dan asin
Makanan pedas membuat tubuh kehausan. Sedangkan makanan asin bisa mengikat cairan di dalam tubuh sehingga membuat bibir menjadi kering. Ketika mengkonsumsi kedua jenis makanan ini, maka secara otomatis tubuh akan membutuhkan asupan air lebih banyak. Daripada batal puasa, maka lebih baik hindari mengkonsumsi makanan pedas dan asin saat puasa ya.

Itulah 6 cara mengatasi bibir kering di saat bulan puasa. Semoga dengan menerapkan langkah-langkah di atas, bibir terhindar dari pecah-pecah dan terasa lembap hingga waktu berbuka tiba.