Artikel Terbaru

Contoh CV Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate Paling Menarik Dilihat Tim Rekrutmen

Ketika masa kuliah hampir usai dan upacara wisuda sudah di depan mata. Tidak ada salahnya segera mempersiapkan diri untuk melamar ke beberapa perusahaan impian. Bagaimana caranya? Kumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengirim lamaran pekerjaan dan buatlah daftar riwayat hidup terbaik. Berikut contoh CV lamaran kerja untuk fresh graduate.

Isi daftar riwayat hidup fresh graduate

Lulusan baru dari perguruan tinggi, terutama untuk jenjang diploma ataupun strata I, sebagian besar belum memiliki pengalaman kerja. Kalaupun ada, biasanya berupa kerja nyata, magang, ataupun pengalaman kerja paruh waktu. Soal pengalaman memang sangat dipertimbangkan perusahaan, tetapi bisa dinaikkan dengan poin lainnya.

Sebelum masuk ke contoh CV lamaran kerja untuk fresh graduate, anda perlu mengetahui komposisi lamaran yang disukai oleh perusahaan.

1. Mengumpulkan informasi tentang perusahaan
Setiap perusahaan bisa saja memiliki kriteria yang berbeda dalam memilih pegawai baru. Telusuri lebih jauh tentang posisi yang akan anda lamar, cari informasi tambahan dari internet ataupun kenalan. Kemudian, buat catatan lengkap untuk mempelajarinya. Dengan begitu, anda akan paham tentang poin apa saja yang perlu dimasukkan dalam CV.

Umumnya tim rekrutmen tidak terlalu menyukai daftar riwayat hidup yang terlalu panjang dan tidak jelas. Jadi, bacalah semua syaratnya seperti keahlian dan ketrampilan, usia, jurusan, akreditasi, sertifikat, pengalaman organisasi, dan lain-lain. Dengan mengetahui poin kualifikasi tersebut, anda bisa langsung menulis CV tanpa hambatan.

2. Poin umum dalam sebuah CV
Curriculum Vitae bisa menjadi informasi untuk HRD dalam memilih calon pegawai, biasanya terdiri dari:
a. Identitas seperti nama lengkap, kontak telepon, alamat, tempat dan tanggal lahir, sampai alamat email.
b. Setelah itu, masuk ke riwayat pendidikan pelamar, bisa dituliskan pendidikan terakhir beserta jurusan dan nilai IPK.
c. Anda bisa menuliskan ketrampilan, keahlian, bahasa asing, soft skill, dan hal penting lain di poin ketrampilan.
d. Berilah gambaran menarik tentang diri anda ke HRD melalui kolom personalia.
e. Cantumkan pengalaman kerja, meskipun pekerja paruh waktu ataupun magang, bisa saja menjadi nilai tambah dalam proses seleksi. Jika anda memiliki penghargaan, jangan ragu untuk menyertakannya dalam daftar riwayat hidup.
f. Informasi tambahan biasanya berupa hobi, referensi pekerjaan, dll.

3. Contoh CV yang menarik 
Anda bisa menyesuaikan template CV dengan bidang yang dilamar. Misalkan saja sebagai videographer, bisa membuatnya dalam bentuk video. Gunakan template yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Cari desain terbaik dari website yang menyediakan beragam template gratis. Anda tinggal mengedit sesuai informasi pribadi.

Caranya dengan memanfaatkan search engine dan memilih situs online yang menyediakan template curriculum vitae. Masuk ke laman dan pilih model CV yang sesuai dengan posisi lamaran. Bentuk file bisa berupa Word, Excel, Pdf, dan lain-lain.

Pilih file yang bisa diedit seperti Word, download sampai selesai, dan edit sebaik mungkin dan sesuai kenyataan. Berikan warna background menarik, anda bisa membuat kolom dan menambahkan simbol seperti jaringan organisasi, rumah, toga, dll. Tulis secara ringkas, jelas, dan bisa mewakili kualitas terbaik dari diri anda.

Dari contoh CV lamaran kerja untuk fresh graduate di atas, langkah pertama yaitu mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan perusahaan. Setelah itu, tulis identitas secara jelas dan benar, sertakan pengalaman kerja dan penghargaan (jika ada), serta memilih media yang menarik seperti CV video. Tambahkan informasi tambahan secukupnya.