Artikel Terbaru

Lakukan Hal Ini untuk Merawat Bibit Tanaman Secara Maksimal

Menanam tanaman di sekitar rumah seringkali menjadi sebuah masalah besar. Hal itu dikarenakan tidak pahamnya seseorang terhadap beberapa trik yang seharusnya dikerjakan sedari awal. Akibatnya, bibit tanaman tidak bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan dan inginkan. Bila terus begini, biasanya seseorang akan menjadi malas dan tidak ingin lagi mengurus lingkungan rumahnya. Padahal, bila banyak tanaman yang tumbuh di sekitar rumah akan memberikan efek keindahan dan kesejukan yang bisa dirasakan oleh pemilik rumah.

Merawat tanaman dengan benar

Selayaknya merawat hewan ternak, tanaman pun perlu diperlakukan dengan benar. Memang ada tanaman yang bisa tumbuh meski tidak dirawat dengan benar, tapi hasilnya tetap akan berbeda bila dibandingkan dengan tumbuhan lain yang dirawat dengan cara yang baik. Berikut ini caranya:

1. Lubang tanaman

Menanam tumbuhan di lubang tanah juga perlu memerhatikan kondisi tertentu. Sebaiknya, pindah tanaman yang sudah memiliki tinggi sekitar setengah meter. Sebelum itu, pastikan di dalam lubang tanah tidak ada sampah ataupun bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Setelah itu, berikan pupuk pada lubang. Buka kertas polybag dan tanam tumbuhan di sana.

2. Tanah yang digunakan untuk menutup lubang

Setelah tumbuhan ditanam, hal yang perlu kamu lakukan adalah menutup lubangnya. Gunakan gabungan tanah gembur dan pupuk kandang agar pertumbuhan akar tanaman menjadi lebih kuat. Kamu bisa mengganti tanah bekas galian menjadi tanah lain agar cukup layak untuk dijadikan penutup. Padatkan tanah di sekeliling tumbuhan agar tanaman tersebut tidak tumbuh miring.

3. Menyiram tanaman

Menyiram tanaman tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan. Kamu perlu memerhatikan kuantitas air yang diberikan ke tanaman. Tanaman dalam ruang biasanya membutuhkan jumlah air yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan tanaman yang lain. Sebaiknya, siram tanaman sebelum pukul 9 pagi dan sesudah pukul 4 sore untuk memaksimalkan penyerapan air.

4. Tumbuhan harus dilindungi

Ada banyak sekali pengalaman yang menunjukkan bahwa tumbuhan baru sering kali gagal tumbuh karena terlindas oleh benda lain. Bisa diinjak orang ataupun tertabrak hewan lain. Jika pertumbuhan tanaman masih baru, lebih baik pasang pagar sementara di sekeliling tanaman. Hal ini akan membantu tumbuhan menjadi lebih kokoh. Bila dirasa tumbuhan sudah cukup kuat, kamu bisa melepas pagar sementara yang terpasang.

5. Memakai pupuk

Pupuk merupakan elemen penting lainnya yang berguna untuk pertumbuhan tanaman, Berikan pupuk kepada tanaman dalam jumlah yang benar. Jangan sampai tumbuhan merasa terlalu banyak diberi pupuk sehingga akan mengganggu pertumbuhannya.

Beberapa tips di atas semoga bisa membantumu untuk mengatasi permasalahan ketika menanam tumbuhan. Bila kamu tertarik untuk menanam bibit, kamu bisa membelinya di grosirbibittanaman.co.id. Di sana banyak di jual bibit tanaman dan kamu bisa memilih berbagai macam bibit yang kamu butuhkan.