Artikel Terbaru

Cara Merawat Jaket Kulit Memanfaatkan Bahan-Bahan Khusus Agar Jaket Tetap Lembut dan Mengkilap

Berbeda dari jaket berbahan kain atau jeans, cara merawat jaket kulit memerlukan beberapa tips tertentu. Karena cara perawatan yang kurang benar akan membuat jaket kulit menjadi kaku, kusam, dipenuhi noda membandel, dan kusut. Saat menyimpan di lemari sebaiknya digantung dengan hanger dan lemari tidak boleh lembab karena akan menumbuhkan jamur pada jaket kulit. 

Cairan untuk Mencuci Jaket Kulit Agar Awet dan Anti Kusam 


1. Menggunakan campuran cuka apel dan air

Sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci jaket karena akan merusak teksturnya. Selain itu, cairan pencucinya pun tidak boleh sembarangan sehingga tidak meninggalkan bekas pada jaket. Anda bisa memanfaatkan cuka apel/vinegar yang dicampur dengan air. Perbandingan keduanya adalah 1:1. Dengan merendam jaket kulit ke dalam cairan tersebut akan membuat jaket bersih dan mengkilap.

2. Menggunakan campuran sabun pencuci piring dan air hangat

Cara lain untuk membersihkannya adalah dengan mengelap jaket. Salah satu yang bisa digunakan adalah sabun pencuci piring yang dilarutkan ke dalam air hangat-hangat kuku. Gunakanlah kain yang bertekstur lembut yang sudah direndam dalam cairan tersebut untuk mengelap seluruh bagian jaket. Jangan sekali-kali langsung menuangkan sabun pencuci ke jaket karena akan meninggalkan bekas. 

3. Menggunakan shampoo bayi atau sabun mandi

Sabun yang berbahan lembut juga bagus untuk membersihkan jaket kulit. Anda bisa menggunakan shampoo bayi atau sabun mandi bayi. Shampoo/sabun tersebut campurkan dengan air hangat dan diaduk-aduk hingga air mengeruh. Kemudian, gunakanlah lap kering yang lembut untuk digosokan ke seluruh bagian jaket. Namun, apabila jaket luntur maka cukup bersihkan menggunakan air saja. 

4. Mengoleskan lotion khusus

Pencucian menggunakan jaket harus dibilas dengan bersih hingga tidak ada sisa sabun. Karena sisa sabun yang menempel dapat membuat kulit jaket mengelupas. Proses penjemuran pun tidak boleh di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya cukup dianginkan saja di ruangan. Setelah kering, gunakan lotion khusus jaket kulit yang anti jamur ke seluruh bagian jaket.

Gunakan Bahan-Bahan Ini Agar Noda Pada Jaket Kulit Hilang

1. Baking soda

Noda pada jaket kulit harus segera dibersihkan agar tidak merusak kulit jaket. Salah satu yang bisa dimanfatkan adalah baking soda dan tepung maizena. Penggunaan dua bahan ini cocok untuk menghilangkan noda oli dan minyak. Caranya pun mudah dengan menaburkannya di atas noda untuk kemudian digosok menggunakan kain basah. Setelah itu biarkan semalaman.

2. Pasta gigi

Membersihkan noda membandel juga bisa dengan memanfaatkan pasta gigi. Jangan langsung meletakkan pasta gigi di atas permukaan jaket, namun letakkan dulu di aats jari Anda untuk kemudian dioleskan pada noda jaket. Gunakanlah kain basah yang lembut untuk menggosok bagian tersebut. Ingat, hindari penggunaan sikat agar kulit jaket tidak mengelupas.

3. Cairan penghapus kutek

Berbeda halnya dengan penggunaan dua bahan sebelumnya, cairan penghapus kutek tidak boleh digosok menggunakan kain basah. Apabila digosok, maka cairan akan menyebar ke bagian lainnya sehingga meninggalkan noda baru. Sebaiknya gunakan saja cotton bud yang ditepuk-tepuk perlahan di atas noda jaket. Lakukan hal tersebut sampai noda benar-benar hilang.

4. Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan jaket kulit agar tidak mudah jamuran. Selain itu, penggunaan minyak zaitun pun akan membuat jaket tidak kaku sehingga selalu pas dikenakan. Selain minyak zaitun, Anda juga dapat memanfatkan minyak kelapa. Kedua bahan ini tidak akan meninggalkan noda sehingga aman apabila langsung dituang ke jaket.

Tidak susah merawat jaket kulit, bukan? Intinya adalah Anda harus sesegera mungkin membersihkan noda karena jika dibiarkan akan membuat permukaan jaket menjadi kering dan mengelupas. Cara pencuciannya cukup direndam dan digosok perlahan saja menggunakan bahan tertentu yang aman bagi jaket kulit. Lotion pun perlu dioleskan agar jaket tetap lembut dan mengkilap.