Artikel Terbaru

Ketahui Makanan dan Minuman yang Harus di Hindari Ketika Menyusui

Saat seorang bunda sedang masa kehamilan tentu banyak hal yang sudah dilalui. Salah satunya adalah  memakan makanan yang sehat dan menjauhi makanan yang tidak sehat seperti kopi, makanan pedas dan lain-lain. Namun setelah melahirkan juga tentunya seorang ibu harus menjaga makanan dan minuman yang berpotensi memengaruhi rasa dan kualitas ASI. Untuk itu moms harus bisa menahan makanan tidak sehat yang bisa mempengaruhi kualitas ASI.

Terlebih bagi moms yang memiliki riwayat alergi makanan, seperti alergi kacang-kacangan, seafood, dan produk susu. Besar kemungkinan si bayi juga mengalami alergi yang sama jika Moms mengonsumsi makanan pencetus alergi tersebut. oleh karena itu berikut kami rangkum asupan makanan yang perlu dihindari saat menyusui demi menjaga kualitas ASI. Apa saja? Yuk Simak

- Kafein
Menurut penelitian, konsumsi kafein dalam jumlah rendah masih diperbolehkan. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat menyebabkan rasa cemas berlebihan. Selain itu, si bayi akan mengalami gangguan tidur sehingga perubahan mood menjadi tidak stabil. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah tinggi juga dapat menurunkan kadar zat besi dalam ASI dan menurunkan kadar hemoglobin pada bayi. Jadi Moms, hindarilah minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau soda. bukan berarti moms tidak boleh meminum minuman berkafein, moms bisa konsumsi minuman tersebut namun dengan kadar rendah seperti 1-2 gelas per hari.

- Cokelat
Jika Moms adalah penikman makanan cokelat, moms perlu berhati-hati dalam memakannya sebagai camilan saat sedang menyusui. Cokelat memiliki kandungan theobromine yang sifatnya hampir sama dengan kafein. Jika moms ingin memakan coklat karena sudah tidak tahan dengan godaannya, moms bisa mengkonsumsi setidaknya 750mg per hari agar si kecil gampang tidur.

- Buah Asam 
Buah-buahan yang mengandung asam seperti jeruk itu kaya akan kandungan vitamin C. Namun kandungan zat asam di dalamnya dapat membuat perut anak menjadi tidak nyaman. Sistem pencernaan atau gastrointestinal pada bayi belum matang sempurna dan tidak mampu menahan zat asam tersebut. Jika dipaksakan akan mengakobatkan ruam popok, rewel, meludah, dan hal lainnya. Namun, Moms tetap bisa mengonsumsi buah dengan vitamin C seperti pepaya, strawberry, dan sayuran hijau.

- Minuman Beralkohol
Sudah sepantas minuman beralkohol harus moms hindari. Orang normal saja harus menghindari minuman beralkohol, apalagi moms yang sedang menyusui. Karena effect dari minuman beralkohol dapat memperlambat perkembangan otak si bayi. oleh sebab itu hindari deh minuman yang satu ini

- Ikan Merkuri Tinggi / ikan mentah
Jika moms adalah penggemar sushi sebaiknya moms hindari dulu. Ikan biasanya bersifat segar atau langsung dari laut. Kandungan merkuri dan polusi industry dari hasil tangkapan cukup tinggi di dalamnya. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan anak baik saat di dalam kandungan hingga fase menyusui. Untuk itu lebih baik moms mengolah ikan terlebih dahulu seperti dikukus saat ingin menikmati sushi agar menghindari efek tersebut. Hindari juga beberapa ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti sarden, hiu, atau todak.

- Kacang-kacangan
Jika keluarga moms memiliki riwayat alergi kacang-kacangan, sebaiknya moms hindari atau mengurangi konsumsi kacang-kacangan karena akan mengurangi risiko Si Kecil terkena alergi yang sama. Penyebabnya adalah karena nutrisi atau kandungan dalam kacang bisa masuk ke tubuh bayi melalui ASI. Jika hal ini terjadi, maka efeknya akan menimbulkan ruam, gatal-gatal, hingga minge atau suara desis yang keluar saat bernapas. Meski belum ada bukti terkait hal ini, tidak ada salahnya untuk meminimalisir kemungkinan anak jadi sakit dan tidak nyaman.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus moms hindari saat menyusui agar kualitas ASI bagus serta si Bayi tidak rewel saat Menyusui. Jagalah kualitas asupan makanan ya moms!