Artikel Terbaru

Melihat Tanda-tanda Perkembangan Bayi 4 Bulan

Saat bayi memulai usia 4 bulan, dalam hal ini tentunya akan mulai perkembangan-perkembangan yang membuat takjub orangtua. Bayi juga sudah mulai untuk mengucapkan kosakata seperti mama atau kata lainnya yang mudah. Perkembangan bayi 4 bulan tentunya menjadi hal menyenangkan tersendiri untuk semua orangtua.

Saat bayi sudah memasuki usia 4 bulan, di saat inilah nantinya si kecil sudah mulai mengenal banyak kosakata. Tentunya untuk membantu tumbuh dan juga kembangnya, pastikan bahwa semua orangtua ikut mendukungnya untuk memberikan nutrisi yang tepat, agar dapat menstimulasi bagaimana perkembangan yang dimiliki si kecil. Berikut ini adalah beberapa perkembangan yang dimiliki oleh bayi di usia 4 bulan.

Tanda-tanda Perkembangan Bayi 4 Bulan


1. Mulai untuk membentuk kosakata yang diinginkan

Pada usia bayi yang menginjak 4 bulan, dalam hal ini bayi akan mulai untuk membangun kosakata yang beragam atau bahkan membentuk suatu kata. Biasanya kata-kata yang dibentuk atau mulai diucapkannya adalah “mama” atau bahkan “dada”. Untuk mengasah kemampuan si kecil, sebagai seorang ibu anda sudah bisa mulai untuk mengasah kemampuan berbicaranya.

Bahkan si kecil juga akan mampu untuk meniru balik, apa saja yang dikatakan orang sekelilingnya. Nantinya akan membuat si anak cepat dalam membaca atau bahkan berbicara. Bahkan cobalah untuk memberikan reaksi, di saat mendengar sang anak berbicara atau mengucapkan kata apapun.

2. Mengurangi berbagai gangguan saat menyusui

Saat anak memasuki usia 4 bulan, tentunya bayi juga sudah mulai tercukupi kebutuhannya akan ASI. Memang banyak penelitian yang mengatakan, bahwa ASI memang sangat baik untuk melengkapi tumbuh dan juga kembang yang dimiliki oleh si anak. Bahkan akan membantu untuk menurunkan berbagai risiko kemungkinan si anak menderita alergi.

Pastikan juga bahwa anda sudah mulai untuk memberikan makanan pendamping ASI. Pada usia ini, berat badan yang dimiliki oleh si anak juga akan semakin bertambah dan membuat si anak terlihat semakin gemuk. Anak mulai untuk mudah mengalihkan pandangannya, saat melihatt suatu yang menarik seperti TV, radio atau bahkan suara lainnya.

3. Mulai untuk bereksplorasi

Pada usia si anak menginjak umur 4 bulan ini, mulailah untuk mengajarkan berbagai hal yang baik untuk diketahui oleh si anak. Dalam hal ini anda dapat mengajarkannya, untuk bermain dengan popok yang bersih. Selain itu juga perhatikan, bagaimana untuk memasukkan makanan ke mulut atau bahkan memegang dan juga meremas makanan.

Anda dapat memberikan mainan yang memiliki bunyi tertentu, dan lihatlah bagaimana si anak tertarik dengan mainan tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa perkembangan bayi 4 bulan, adalah dirinya senang akan banyak hal. Bahkan si anak sangat senang bermain menggunakan tangan atau bahkan kakinya.

4. Mulai untuk tertarik dengan berbagai warna

Saat si bayi baru saja lahir, memang belum banyak warna yang dapat dibedakannya. Bahkan bayi baru bisa untuk melihat atau membedakan warna yang kontras seperti warna hitam dan juga putih. Namun nantinya juga penglihatan yang akan dimilikinya akan semakin berkembang.

Bahkan si anak juga semakin bisa untuk melihat banyak warna, terutama di usia 4 bulan. Pada umur ini, anda sudah mulai bisa memberikan berbagai mainan yang memiliki banyak koleksi warna yang beragam.

Perkembangan bayi 4 bulan memang beragam, maka dari itu pastikan bahwa anda terus mengeksplor apa yang harus di ketahui anak. Hal ini akan semakin memperkuat tumbuh dan kembang yang dimiliki anak. Pastikan juga anda memperhatikan, kira-kira perkembangan apa yang dimiliki oleh si anak.