Artikel Terbaru

Mengurangi Kebiasaan Berkata Kasar, Berikut Cara Mudahnya!

Dengan semakin berkembangnya zaman, saat ini juga pergaulan remaja semakin meluas. Tentunya pengaruh yang dimilikinya ikut berkembang baik secara fisik, sosial atau emosional sang anak sendiri. Salah satu perilaku yang cukup membuat banyak orang tidak nyaman, adalah berbicara kasar atau bahkan kotor.

Tanpa disadari, bagi remaja di Indonesia sendiri dalam berbicara kasaratau kotor merupakan hal yang biasa. Bahkan dinilai menjadi bahasa gaul yang di lakukan sehari-hari. Padahal hal ini merupakan perilaku yang tidak patut untuk di lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi kebiasaan berbicara kasar.

1. Meyakinkan Diri Sendiri 
Cara pertama yang bisa anda lakukan, dengan meyakinkan diri sendiri bahwa berkata kasar atau kotor merupakan hal yang tidak baik. Bahkan dalam hal ini, dapat membuat diri orang tersebut merasa bodoh, tidak terdidik dan dapat menyinggung orang lain. Cobalah untuk menyadari, bahwa jika kebiasaan berkata kasar atau kotor dilanjutkan hanya akan membuat diri anda terlihat lebih rendah.

2. Minta Bantuan Teman Dekat, Untuk Saling Mengingatkan
Jika anda sudah yakin bahwa dengan berkata kotor atau kasar tidak baik, maka anda dapat meminta bantuan teman atau kerabat agar mengingatkan tidak kelepasan berbicara kotor atau kasar. Carilah teman yang dapat anda jadikan alarm, untuk tidak berkata kasar atau kotor. Anda dapat meminta untuk teman anda menegur atau mengingatkan, setiap kali anda kelepasan berbicara kasar.

3. Berikan Hukuman jika Kelepasan Berbicara Kotor
Cara lain untuk menghentikan diri anda berbicara bahasa kotor atau kasar, anda dapat membuat hukuman yang harus anda terima saat berbicara bahasa kotor atau kasar. Dalam hal ini pastikan hukuman yang kalian dapatkan juga menguntungkan, seperti harus membayar sejumlah uang jika anda kedapatan berbicara bahasa kasar.

4. Membuat Diri Sendiri Mempelajari Kosa Kata Lebih Luas
Seperti yang semua orang ketahui, bahwa bahasa memiliki beragam jutaan kata dan juga sitilah. Dalam hal ini, mengapa anda tidak mencoba untuk mencari padanan kata, yang lebih halus untuk dapat mengapresiasikan diri anda? anda juga dapat mencari cara lain, untuk dapat meluapkan emosi jika kesal. Cara ini dapat anda lakukan, untuk dapat menghindari kebiasaan berbicara kasar atau kotor.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan, untuk dapat menghentikan diri saat ingin berbicara bahasa kasar atau kotor. Cara ini sangat mudah, anda dapat mulai mencobanya dari sekarang agar gaya hidup anda lebi baik. Dalam berbicara kasar sendiri, anda tidak akan menemukan keuntungan lainnya, anda hanya akan terlihat menjadi pribadi yang buruk dan tidak mencerminkan orang yang sopan. Ubahlah hal tersebut dengan cara diatas.