Artikel Terbaru

Langkah-langkah Mudah Daftar Haji ke Kementrian Agama

Biaya haji memang pada dasarnya lebih mahal dibandingkan dengan umroh, hanya saja tidak dapat dipungkiri jika seandainya menunaikan ibadah haji ini berbeda dengan umroh, karena hanya di waktu-waktu tertentu yang sudah ditentukan saja, tidak seperti umroh yang dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan. Masih ada waktu jika seandainya Anda ingin berangkat melaksanakan ibadah yang satu ini. Mulailah dengan membuka tabungan rencana yaitu tabungan haji.

Ketika jumlah tabungan tersebut sudah cukup nantinya pihak bank akan memberitahu Anda untuk segera mendaftar haji, sehingga bisa mendapatkan slot keberangkatan, meskipun terkadang memang memakan waktu yang cukup lama, sampai dengan 10 tahun bahkan juga lebih, karena semakin lama jika dilihat antriannya jadi semakin panjang. Berikut ini diantaranya tata cara yang bisa diikuti jika ingin mendaftar haji di Kementrian Agama, yaitu:

1. Datanglah ke Kementrian Agama yang ada di kota Anda, kemudian mengantri dan segera mengisi formulir yang sudah ditentukan yaitu Surat Pendaftaran Pergi Haji atau SPPH.

2. Serahkan formulir dan juga berkas-berkas yang diperlukan untuk berangkat haji tersebut ke petugas Kemenag. Nantinya mereka akan menyeleksi berkas-berkasnya jika dirasa ada yang kurang mana akan diberitahu untuk melengkapinya.

3. Setelah itu Anda akan diminta untuk foto dan juga merekam sidik jari untuk dimasukkan ke SPPH tersebut, calon jemaah harus memeriksa dokumen dan memastikan bahwa tidak ada kesalahan di dalam berkas-berkas mereka.

4. Tanda tangan dokumen dan juga SPPH, selanjutnya Anda akan menerima lembar bukti pendaftaran haji yang isinya adalah nomor porsi pendaftaran.

5. Jika semuanya sudah selesai Anda akan menerima tanpa bukti setoran haji awal atau BPIH yang sudah dikeluarkan oleh pihak bank.

Setelah itu nantinya Anda akan tahu perkiraan keberangkatan, biasanya karena memang cukup banyak yang mengantri maka membutuhkan waktu sampai dengan bertahun-tahun. Jadi harus sabar atau jika bisa sebaiknya Anda mendaftar sejak masih muda, untuk itu akan pas waktunya berangkat ke tanah suci.