Artikel Terbaru

Mendeteksi Kerusakan Pompa Tambang dan Cara Memperbaikinya

Memelihara pompa tambang memang harus dilakukan dengan sebaik mungkin supaya tidak menimbulkan kerusakan dalam jangka pendek.  Jika pompa tambang di rawat dengan sebaik mungkin maka untuk kerusakan yang terjadi pun juga dapat diminimalisir. Cukup dengan melakukan proaktif maka untuk kerusakan pada pompa tambang ini bisa diprediksi supaya bisa direncanakan perbaikannya kapan saja. Semakin terdeteksi dini kerusakan yang terjadi maka tidak akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

Pada biasanya kerusakan pompa tambang bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini:
· Mengalami kebocoran Seal atau Gland packing.
· Memiliki kapasitas kerja yang menurun.
· Mengalami macet atau bengkok pada bagian poros.
· Bearing mengalami kerusakan.
· Vibrasi berubah menjadi lebih tinggi.
· Mengalami kebocoran pada bagian casing.

Apabila anda sudah mengetahui tanda kerusakan yang ada pada pompa tambang seperti di atas maka Anda bisa menghubungi jasa pompa tambang atau dengan melakukan tindakan seperti berikut:
· Silahkan buka pada kondisi maupun pengukuran teaser ke belakang.
· Coba amati pada bagian pompa tambang apakah ada yang aneh misalnya seperti mengeluarkan getaran, mengalami kebocoran maupun panas. Selain itu Anda juga bisa mendengarkan bunyi apabila kerusakan terjadi maka bunyi yang dihasilkan tidak normal.
· Kerusakan pada pompa tambang akan meninggalkan bau yang aneh misalnya seperti minyak terbakar dan menimbulkan bau yang berasal dari cairan di dalam pompa, untuk itu Anda harus mengukur pada temperatur bearing vibrasi dan yang lainnya.
· Jika sudah Anda disarankan untuk melakukan pengukuran pada listrik mesin penggerak atau input power. Setelah itu analisa vibrasi misalnya seperti gejala bearing rusak maupun misalignment.

Mengatasi kerusakan atau permasalahan pada pompa tambang memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena mengingat bahwa tidak semua orang akan paham betul mengenai instalasi dari pompa tambang itu sendiri. Untuk itu penting bagi Anda untuk menggunakan jasa untuk pompa tambang supaya bisa mengatasi dan mendeteksi kerusakan yang terjadi. Salah satu perusahaan yang bisa diandalkan yaitu Sewatama, karena perusahaan ini sudah berpengalaman di bidangnya lebih dari 10 tahun. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi https://sewatama.com/id/.