Artikel Terbaru

Ragam Cara Merawat Rambut Yang Tepat dan Sehat Secara Alami

Memiliki rambut sehat adalah dambaan setiap kaum hawa. Nggak tanggung-tanggung, kita sebagai perempuan pasti rela mengeluarkan biaya untuk pergi ke salon atau tempat spa untuk melakukan perawatan rambut agar rambut kita bisa kelihatan indah, sehat, dan berkilau. Tapi, terlalu banyak melakukan perawatan dengan bahan-bahan kimia justru bisa membuat rambut rusak.

Trus, gimana dong biar rambut kita tetap indah tapi nggak melakukan perawatan yang mengandung banyak bahan kimia? Jangan khawatir girls, sekarang ini udah banyak produk yang berlabel organik, atau gunakan cara merawat rambut yang tepat dan sehat menggunakan bahan-bahan alami, seperti menggunakan tumbuhan dan sayuran serta buah yang sering kita temui. Well, seperti yang sering dilakukan orang jaman dulu girls.

Bahan-Bahan Alami Untuk Merawat Rambut Yang Tepat dan Sehat

Nah, ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa kita pakai buat perawatan rambut girls. Bagusnya, bahan-bahan ini gampang banget buat dicari, hampir semua toko atau supermarket besar jual. Atau kalau suka bercocok tanam, kamu bisa menanam beberapa jenis tanaman di bawah ini, kan lumayan girls, bisa punya bahan alami di rumah, kan?

1.Merawat rambut yang tepat dan sehat dengan jeruk nipis
Dengan rasanya yang asem banget, jeruk nipis bisa digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Tapi siapa sangka, ternyata selain itu ada kegunaan lainnya. Yups, jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai produk kecantikan, baik muka atau rambut. Untuk rambut, air jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan ketombe, cukup usapkan di kulit kepala aja.

Jangan lupa tunggu sampai kering baru dibilas, lakukan perawatan ini sampai ketombe hilang ya.

2.Aloevera dan alpukat
Sama-sama berkhasiat untuk tubuh dan rasanya enak, ternyata kedua bahan ini bisa merawat rambut yang tepat dan sehat dengan baik. Ada dua cara girls, yang pertama dengan daging lidah buayanya, dipakai untuk masker rambut diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Yang kedua dengan menghancurkan daun lidah buaya dengan daging alpukat, sama juga, dipakai sebagai masker rambut, diamkan beberapa menit, ya seperempat jam, lalu bilas hingga bersih.

3.Daun seledri
Seledri dipercaya oleh orang tua sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk menebalkan dan menghitamkan rambut, terutama untuk anak-anak. Tapi bukan berati kita nggak boleh lho girls, nah, untuk pengaplikasiannya dalam merawat rambut yang tepat dan sehat adalah dengan dibuat jus yang didiamkan semalaman, lalu dioles merata di rambut, diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

4.Cuka apel
Apple cidar vinegar atau bahasa kerennya cuka apel merupakan bahan makanan yang terkenal mampu merontokkan lemak, makanya bagi yang mau diet bisa konsumsi ini sebagai salah satu komposisinya, tapi dalam dosis yang wajar ya. Nah untuk rambut, gunakan air cuka dan air sama banyak, air hangat ya girls, perbandingannya 1:1 girls, lalu oles di rambut diamkan lima menit dan bilas hingga bersih.