Artikel Terbaru

Waspadai Tahapan dan Gejala DBD Sebagai Penanganan Awal

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit tropis yang dikarenakan virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini menimbulkan demam, sakit kepala, ruam hingga rasa nyeri di sekujur tubuh. Pengobatan demam berdarah yang dilakukan umumnya mengalami kegagalan ketika terlambat mendeteksinya.

Mengenal Macam Gejala Demam Berdarah Dengue
Gejala demam berdarah ringan kerap kali ditunjukkan pasien anak-anak maupun balita yang pertama kalinya terinfeksi oleh virus dengue. Sementara untuk pasien dewasa yang sebelumnya pernah terserang bisa menampakkan gejala dari tingkatan sedang hingga parah.

Beberapa gejala atau penanda awal demam berdarah anak dan balita antara lain:
· Terjadi demam tinggi (sekitar 40 derajat Celcius) secara mendadak
· Anak mengeluhkan rasa sakit di bagian belakang mata dan sakit kepala hebat
· Anak merasakan nyeri sendi, otot dan tulang lalu meminta untuk di pijit badannya
· Terlihat munculnya ruam di beberapa bagian tubuh
· Terjadi pendarahan ringan yang keluar dari hidung maupun gusi
· Bagian kulit menjadi lebih mudah terlihat memar
· Sesekali juga disertai batuk dan pilek
· Tidak punya nafsu makan
· Sering mengalami mual atau bahkan muntah
· Anak mengeluh gatal di bagian telapak kaki

Sebagai orang tua, tentunya harus lebih peka dengan menanyai anak tentang keluhan yang ia rasakan. Apabila demam yang dialaminya tercatat memasuki hari keempat, maka segera periksakan ke layanan medis terdekat.

Sementara pada orang dewasa yang sebelumnya mungkin pernah mengalami demam berdarah, perlu mengenali bahwa penyakit ini terdiri atas beberapa fase, antara lain:
· Fase 1 di hari 1-3 dimana pasien mengalami demam tinggi mendadak disertai sakit kepala, sakit di belakang mata, sekujur badan terasa nyeri, mual, muntah dan terlihat bintik merah di kulit. Dalam beberapa kasus, penderita terkadang juga merasakan nyeri tenggorokan, infeksi tenggorokan dan selaput pelindung kornea mata.
· Fase 2 yaitu hari 4-5 yang juga bisa dianggap sebagai fase kritis ditandai demam dan nilai trombosit menurun. Tanpa melakukan uji laboratorium, orang akan mengira bahwa pasien sudah sembuh. Di tahap ini, terkadang pasien mengalami pendarahan di mulut dan hidung dengan kulit pucat hingga tingkat kesadaran yang semakin menurun.
· Fase 3 hari 6-7 adalah tahap dimana pasien seharusnya memulai penyembuhan ditandai kondisi kesehatan yang membaik, ada nafsu makan, aliran peredaran darah membaik dengan frekuensi buang air kecil mulai normal.

Demikianlah beberapa gejala umum yang ditunjukkan oleh penderita demam berdarah baik pasien anak maupun dewasa. Setelah melalui masa kritis, tentunya pasien harus mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang agar kondisi kesehatannya segera pulih. Anda bisa menemukan berbagai informasi kesehatan lainnya di https://www.guesehat.com/ yang memiliki banyak referensi sebagai masukan pertimbangan Anda.