keputihan

Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya

Semua perempuan pasti pernah mengalami keadaan saat keputihan. Biasanya keputihan terjadi saat vagina mengeluarkan cairan atau lendir. Ada berbagai banyak faktor penyebab keputihan dan keadaan yang berbeda pada setiap wanita, Keadaan yang tidak berbahaya dan merupakan salah satu cara alami tubuh dalam menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan ini penting.

Cairan yang diproduksi dari kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri sehingga vagina terlindung dari infeksi. Keadaan normal, cairan keputihan memiliki karakteristik seperti tidak berwarna atau berwarna putih, tidak berbau dan tekstur cairannya bisa berubah tergantung siklus menstruasi setiap perempuan berbeda.

Keadaan kondisi keputihan yang tidak normal memiliki karakteristik cairan yang berwarna,jumlahnya yang banyak, menyebabkan rasa gatal, sensasi terbakar dan terasa nyeri pada panggul. Inilah yang harus diwaspadai agar tidak sampai menimbulkan gejala penyakit lainnya.

Penyebab keputihan pada wanita bisa jadi berbeda-beda dan biasanya dikenali berdasarkan jumlah cairan yang keluar hingga warna dan tekstur cairan. Keputihan normal sangat umum terjadi setidaknya 6 bulan sebelum seorang wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalainya. Keadaan ini akibat dari perubahan hormon didalam tubuh.

Penyebab keputihan bisa muncul akibat rangsangan seksual, sedang menyusui atau stress. Beberapa hal yang membuat seorang wanita rentan mengalami infeksi vagina dan menimbulkan keputihan yaitu mengidap diabetes, konsumsi pil KB, obat kortikosteroid, terdapat iritasi didalam atau sekitar vagina, terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air, menggunakan sabun atau lotion yang mengandung parfum atau pewangi.

Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan, menurunnya sistem kekebalan tubuh misalnya akibat HIV dan menipisnya dinding vagina akibat menopause. Namun tidak menutup kemungkinan penyebab keputihan lain yang tidak disebutkan atas. Selama keputihan yang dialami normal maka tidak perlu khawatir.

Sementara itu untuk keputihan yang tidak normal, maka terdapat beberapa cara untuk mencegah keputihan dengan langkah utama yang ampuh untuk mencegah keputihan. Cara yang bisa dilakukan seperti membersihkan vagina dengan sabun dan air hangat setelah buang air kecil atau besar kemudian keringkan cara inilah yang mencegah bakteri masuk ke dalam vagina dari dubur.

Lalu menghindari menyiram atau membersihkan vagina dengan semprotan air. Cara ini beresiko menghilangkan baktri baik yang melindungi vagina dari infeksi. Menggunakan celana dalam berbahan katun untuk menjaga kelembapan pada area kewanitaan inilah maka hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat, Menghindari menggunakan sbaun atau produk kewanitaan yang mengandung parfum, karena dapat menganggu keseimbangan bakteri pada vagina.

Selanjutnya menjaga kebersihan vagina selama mestruasi dengan mengganti pambalut setidaknya 3-5 jam sekali, tidak berganti pasangan seksual atau menggunakan kondom agar terhindar dari resiko infeksi menular seksual, dan terakhir lakukanlah pemeriksaan kesehatan vagina secara rutin kepada dokter kandungan.

Pada masalah keputihan yang tidak normal karena diakibatkan baik karena jamur, bakteri atau parasit. Tidak hanya itu keputihan juga diduga tanda dari kanker rahim atau leher rahim. Selalu memperhatikan keadaan organ kewanitaan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Nah, jika sudah tau beberapa penyebab dari keputihan kalian bisa tau apakah penyebab dari keputihan kalian termasuk kondisi medis yang serius atau tidak dan lakukan cara pencegahan diatas jika masih merasakan tidak nyaman pada vagina maka segera periksakan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

keputihan
Sumber gambar : viva.co.id

Takaran Morinaga Chil Kid Soya dan Cara Penyajian

Memenuhi nutrisi harian bagi si kecil menjadi tanggung jawab para orang tua supaya bisa mempersiapkan masa depan si kecil yang lebih terjamin. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar nutrisi anak terpenuhi dengan baik yaitu dengan memberikan susu formula. Secara ideal, pemberian ASI eksklusif dapat diberikan kepada si kecil sejak usia 0 sampai usia 2 tahun.

Namun sayangnya tidak semua ibu akan mempunyai kandungan ASI yang banyak dikarenakan beberapa hal. Dalam kondisi seperti ini maka para ibunda diharuskan untuk memenuhi nutrisi kecil dengan menambahkan susu formula. Akan tetapi tidak semua bayi akan cocok dengan susu formula yang diberikan karena ada anak yang alergi terhadap susu sapi.

Takaran dan Cara Penyajian Susu Morinaga Chil Kid Soya

Anda tidak perlu khawatir jika sekiranya si kecil mengalami permasalahan terhadap susu sapi. Anda masih bisa melakukan cara lain supaya kebutuhan nutrisi si kecil benar-benar terpenuhi dengan baik. Salah satunya yaitu dengan memberikan susu Morinaga Chil Kid soya. Kandungan yang terdapat pada susu Morinaga ini sangat sempurna meskipun terbuat dari bahan dasar berupa kedelai.

Ada beberapa cara dalam menyajikan susu Morinaga Chil Kid soya yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangannya, diantaranya seperti berikut:

1. Bersihkan Tangan Terlebih Dahulu

Pada saat hendak mempersiapkan susu, maka jangan langsung menyiapkannya, terutama pada saat Anda selesai beraktivitas dengan tangan yang kotor. Sangat disarankan supaya Anda membersihkan tangan terlebih dahulu. Walaupun tangan terlihat bersih, akan tetapi virus dan bakteri tidak dapat terlihat oleh mata. Oleh karena itu Anda harus mencuci tangan menggunakan sabun kemudian keringkan dan barulah Anda membuat susu.

2. Tuangkan Air Hangat Lebih Dulu

Pada saat ingin menuangkan bubuk susu ke dalam botol, maka Anda dapat memasukkan air hangat terlebih dahulu ke dalam botol bersih, kemudian barulah Anda memasukkan bubuk susu. Supaya lebih memudahkan Anda dalam melarutkan susu maka bisa menggunakan produk Morinaga seperti Heiko Water. Cukup dengan menggunakan produk ini Anda hanya tinggal mencampurkan kepada bubur susu saja maka susu akan larut dengan sendirinya tanpa harus ribet menggunakan air hangat.

3. Silahkan Aduk Susu

Apabila Anda belum menggunakan Heiko Water sehingga masih menggunakan air hangat maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengaduk susu. Pastikan terlebih dahulu bahwa bubuk susu benar-benar larut dalam air hangat tersebut supaya tidak ada gumpalan susu yang menempel pada bagian botol dan jangan lupa untuk memeriksa suhu dari air panas yang Anda gunakan.

4. Susu Harus Segera Diminum

Bayi tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu apabila sudah melebihi dari 2 jam. Hal ini dikarenakan ketika susu yang sudah larut dalam air melebihi 2 jam maka bakteri yang berasal pada udara luar bisa terkontaminasi pada susu. Oleh karena itu untuk menghindari bakteri masuk ke dalam sistem pencernaan si kecil maka tidak dianjurkan untuk dikonsumsi si kecil. Jika sekiranya susu sudah melebihi dari 2 jam maka Anda dapat membuangnya.

Kebutuhan nutrisi pada setiap anak tentunya tidak sama, terutama dari segi usianya. Semakin usia anak besar tentunya kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan juga lebih banyak. Sebab itu Anda harus memilih susu berdasarkan dari usia anak itu sendiri. Supaya kebutuhan nutrisi harian anak terpenuhi dengan baik maka Anda bisa mengimbanginya dengan memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Dengan cara inilah maka kebutuhan nutrisi anak benar-benar terpenuhi dengan sebaik mungkin.

Bisa Panggil Dokter Ke Rumah ! Sepertinya Mustahil

Seperti yang kalian lihat di judul ni aku mau sedikit memberi suatu pengalaman atau bercerita mengenai hal yang tidak mungkin terjadi pada saat kalian atau keluarga kalian yang lagi sakit dan ingin berobat tapi rumah sakit jauh dari rumah kalian, nah jika kalian ingin tau terus baca sampai selesai karena mungkin cerita ini akan berguna buat kalian dan buat orang – orang yang kalian sayangi juga, jadi ikuti sampai selesai ya. Awalnya sih aku juga gak terlalu percaya dengan apa yang bisa aku lakukan pada saat orang – orang yang aku sayangi mengalami sakit pada saat beberapa hari belakangan ini kalian tau lah sebabnya karena cuaca yang lagi tidak bersahabat sekali.

Nah karena itu aku sering sekali pergi untuk mengantarkan mereka ke rumah sakit, dan terkadang aku juga suka lelah dan capek karena keseringan harus ke rumah sakit dan juga orang – orang yang aku sayangi juga pasti berpikir seperti itu, nah karena mungkin sudah kelelahan aku pun mencoba mencari cara yang lebih mudah dan gampang supaya bisa menghubungi dokter dari rumah dan juga bisa membuat dokter bisa datang kerumah. Aku Pun mencoba mencari informasi – informasi yang ada di internet menggunakan komputer yang ada di rumah ku, dan akhirnya aku pun menemukan suatu situs/website yang sangat berguna sekali untuk panggil dokter 24 jam ke rumah dan nama situs itu adalah Aido health.

Dan aku pun langsung masuk ke situs itu dan coba bertanya kepada orang – orang yang ada di situs tersebut, dan yang aku sukai dari situs itu saat kita bertanya mereka sangat ramah sekali dan aku pun jadi sangat suka dengan website itu, kalian tau apalagi yang membuatku lebih suka lagi dari website itu ? jawabanya adalah selain kita bisa menghubungi dokter untuk bisa datang kerumah di website itu juga kita bisa berkonsultasi dengan dokter berpengalaman secara online, membeli obat, dan mereka bisa langsung mengantarkan obat yang kita pesan melalui website itu loh keren kan. Harganya juga sangat terjangkau dan jadinya aku bisa lebih menghemat uang pengeluaran deh, karena kalau sering pergi ke rumah sakit pastinya ongkos yang kita keluarin lebih banyak dan lebih boros ya kan.

Jika kalian tidak ingin ribet kalau ingin berkonsultasi dan mencari website tersebut mereka juga menyediakan aplikasi yang bisa kita download di gadget kita jadi kalian tidak perlu lagi mencari – cari websitenya karena kalian tinggal download aplikasinya dan langsung buka saja aplikasinya di gadget kalian mudah kan, karena zaman sekarang kita bisa mendapatkan informasi atau pun edukasi dimanapun dan kapanpun dari dunia digital jika kita mempunyai internet, sepertinya cuma sebatas itu saja yang bisa aku beritahu kepada kalian jika kalian ingin tau lebih lengkapnya kalian bisa lihat websitenya sendiri atau bisa cek di sini.

Semoga kalian dapat terbantu dengan adanya coretan yang aku buat ini karena menurutku membantu sesama itu adalah hal yang benar jadi kalau bisa membantu kenapa tidak, oke semuanya sampai jumpa lagi di lain waktu, semoga kalian semua yang baca ini diberi kesehatan dan yang lagi sakit semoga kalian diberi kesembuhan karena sehat itu gak lah mudah jadi jaga kesehatannya selalu.

Pentingnya Perawatan dan Pengelolaan Peralatan Industri untuk Kebersihan Lingkungan

Untuk menjaga performa sebuah peralatan, apalagi yang bermesin, sangat diperlukan sebuah perawatan yang dilakukan secara rutin. Baik itu perawatan untuk menjaga kebersihan, maupun perawatan kondisi mesin itu sendiri.

Termasuk apabila Anda memiliki perusahaan besar yang beroperasi dalam bidang industri, sangat penting untuk melakukan pembersihan peralatan industry (industry equipment cleaning) secara berkala dan menyeluruh. Hal tersebut juga membuat Anda memerlukan penyuplai bahan kimia kebersihan yang ramah lingkungan sekaligus efektif ketika digunakan. Apalagi jika industri Anda sangat membutuhkan pengelolaan air yang baik.

1. Pemeliharaan Boiler
Boiler menghasilkan uap panas yang akan memberi tekanan besar sehingga dapat menjalankan proses pada mesin-mesin yang lain. Bisa dibilang, tanpa boiler alat-alat industri lainnya akan sulit untuk dijalankan karena tidak ada panas yang menjadi energi penggerak. Biasanya boiler dibagi menjadi boiler pipa api dan boiler pipa air. Pada boiler pipa api, gas panas melewati pipa yang berada di dalam air. Sedangkan pada boiler pipa air, yang berada di dalam pipa adalah airnya, sementara gas panas ada di luar pipa sehingga menghasilkan tekanan lebih tinggi.

Untuk menjaga boiler, memang sebaiknya dilakukan perawatan kimia yang akan melindungi komponen boiler sehingga tidak mudah rusak. Boiler yang rusak akan menghambat proses produksi dan merugikan perusahaan. Pemeliharaan boiler juga sebaiknya memperhatikan kondisi lingkungan. Untuk itu, perlu analisa air dengan rutin dan pelatihan karyawan untuk perawatan harian.

2. Perawatan dan Pemeliharaan Chiller
Chiller menjadi salah satu bagian yang tidak bisa ditinggalkan dalam sebuah industri manufaktur. Alat yang satu ini berguna sebagai pendingin yang dapat menjaga kinerja mesin dan peralatan lainnya supaya tidak cepat panas. Tidak heran jika chiller kerap kali ditemukan pada pabrik-pabrik kimia atau pabrik makanan, minuman, kilang minyak, mesin injeksi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, chiller juga biasa digunakan pada fasilitas umum seperti gedung dan sejenisnya.

Secara umum, chiller ada dua jenis yaitu air cooled chiller yang memakai udara sebagai pendingin kondensor, dan water cooled chiller yang menggunakan air. Biasanya penggunaannya pun berbeda. Untuk water cooled chiller biasa digunakan pada gedung-gedung, dan menggunakan kolam, sungai, atau bahkan menara pendingin untuk melepaskan panas air yang berasal dari kondensor. Sedangkan untuk air cooled chiller biasa digunakan pada luar ruangan.

Itulah mengapa perawatan chiller yang baik sangat penting. Selain supaya peralatan atau bahkan bahan makanan tetap terjaga, chiller yang terawat juga berpotensi kecil dalam kerusakan lingkungan.

3. Perawatan dan Pemeliharaan Cooling Tower
Industri dalam skala besar selalu memerlukan cooling tower sebagai alat pendingin air panas yang berasal dari kondensor. Air panas tersebut akan didinginkan sehingga temperaturnya mendekati suhu udara di sekitarnya. Sebab, ketika air panas dari kondensor langsung dibuang ke sungai atau laut, perubahan suhu yang drastis akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan ekosistem. Bisa dibilang, selain untuk menjadi pendingin, cooling tower juga berfungsi menjaga kondisi lingkungan sekitarnya.

Jika dilihat dari sistem operasinya, cooling tower diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu wet cooling tower, dry cooler, dan fluid cooler. Sedangkan jika dilihat dari jenisnya, cooling tower dibagi menjadi; cooling tower forced draft, cooling tower induced draft dengan aliran berlawanan, dan cooling tower induced draft dengan aliran melintang.

Sebagai menara pendingin yang selalu berkontak dengan air dan udara, tidak heran jika terkadang cooling tower dihinggapi kerak, lumut, alga, dan bahkan bakteri yang perlu dibersihkan secara rutin. Inilah mengapa, perusahaan Anda memerlukan profesional dalam membersihkan cooling tower. Yang lebih penting, selalu lakukan analisa air secara rutin dan perhatikan jika ada kerusakan kecil untuk segera ditangani.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa perawatan dalam bidang industri memang sebaiknya dilakukan oleh profesional. Untuk mendapatkan bantuan profesional yang sudah terjamin mutunya, Anda bisa mencoba berkunjung ke kami yang sudah terbukti mampu melakukan pengelolaan dan pengontrolan secara profesional.

Cara Untuk Meringankan Kram Perut Haid

Saat haid terjadi umumnya timbul rasa sakit dan tidak nyaman yang timbul akibat kram perut. Dysmenorrhea atau kram perut saat menstruasi adalah rasa nyeri yang berdenyut di perut bagian bawah. Kram ini banyak dialami oleh para wanita baik sebelum maupun sesudah periode menstruasi. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Banyak minum air
Saat haid, kamu bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya untuk memberi rasa dan menggugah selera. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung, tapi dapat mengatasi perut kembung yang dapat memperberat rasa kram perut yang kamu alami.

2. Konsumsi jenis makanan yang sesuai
Ketika mengalami kram saat menstruasi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Disarankan untuk menghindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.

3. Kompres hangat bagian yang kram
Selanjutnya kamu bisa mengompres dan menempelkan handuk hangat atau botol berisi air hangat ke area perut yang kram. Selain meredakan rasa sakit, sensasi hangat ini juga bisa membuat kamu lebih rileks. Bisa juga menggunakan pad yang mengeluarkan sensasi hangat saat ditempel, lebih praktis dibandingkan harus menggunakan handuk yang dicelup ke air panas. Saat ini sudah ada pad praktis, untuk informasinya dapat klik disini di https://ifreeindonesia.com/

4. Manjakan tubuh dengan pijatan
Untuk mengatasi kram perut saat haid, kamu bisa memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar secara perlahan. Kamu bisa menambahkan minyak aromaterapi ketika memijat, yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks.

5. Bergerak aktif
Rasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu malas bergerak alias ‘mager’. Tapi, kamu harus melawannya dengan aktif bergerak atau berolahraga, seperti lari, jalan santai, atau aerobik. Dengan aktif bergerak dan berolahraga, tubuh dapat memproduksi endorfin yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati.

6. Konsumsi obat pereda nyeri
Ketika kamu merasakan kram perut yang tidak tertahankan, kamu boleh mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Tapi ingat, baca dulu aturan pakainya. Jika kamu ragu, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat diberikan obat dan dosis yang sesuai.

Kram perut saat haid merupakan hal yang normal. Namun jika kram perut saat menstruasi terasa sangat parah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya masalah kesehatan, seperti endometriosis, penyakit radang panggul, dan fibroid rahim.

Kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengurangi kram saat mentruasi. Namun jika kram perut yang kamu alami terasa sangat berat, datang secara tiba-tiba, disertai demam, terdapat gumpalan darah dalam jumlah banyak, atau keluar cairan vagina yang kental dan berbau busuk, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

Ragam Cara Merawat Rambut Yang Tepat dan Sehat Secara Alami

Memiliki rambut sehat adalah dambaan setiap kaum hawa. Nggak tanggung-tanggung, kita sebagai perempuan pasti rela mengeluarkan biaya untuk pergi ke salon atau tempat spa untuk melakukan perawatan rambut agar rambut kita bisa kelihatan indah, sehat, dan berkilau. Tapi, terlalu banyak melakukan perawatan dengan bahan-bahan kimia justru bisa membuat rambut rusak.

Trus, gimana dong biar rambut kita tetap indah tapi nggak melakukan perawatan yang mengandung banyak bahan kimia? Jangan khawatir girls, sekarang ini udah banyak produk yang berlabel organik, atau gunakan cara merawat rambut yang tepat dan sehat menggunakan bahan-bahan alami, seperti menggunakan tumbuhan dan sayuran serta buah yang sering kita temui. Well, seperti yang sering dilakukan orang jaman dulu girls.

Bahan-Bahan Alami Untuk Merawat Rambut Yang Tepat dan Sehat

Nah, ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa kita pakai buat perawatan rambut girls. Bagusnya, bahan-bahan ini gampang banget buat dicari, hampir semua toko atau supermarket besar jual. Atau kalau suka bercocok tanam, kamu bisa menanam beberapa jenis tanaman di bawah ini, kan lumayan girls, bisa punya bahan alami di rumah, kan?

1.Merawat rambut yang tepat dan sehat dengan jeruk nipis
Dengan rasanya yang asem banget, jeruk nipis bisa digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Tapi siapa sangka, ternyata selain itu ada kegunaan lainnya. Yups, jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai produk kecantikan, baik muka atau rambut. Untuk rambut, air jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan ketombe, cukup usapkan di kulit kepala aja.

Jangan lupa tunggu sampai kering baru dibilas, lakukan perawatan ini sampai ketombe hilang ya.

2.Aloevera dan alpukat
Sama-sama berkhasiat untuk tubuh dan rasanya enak, ternyata kedua bahan ini bisa merawat rambut yang tepat dan sehat dengan baik. Ada dua cara girls, yang pertama dengan daging lidah buayanya, dipakai untuk masker rambut diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Yang kedua dengan menghancurkan daun lidah buaya dengan daging alpukat, sama juga, dipakai sebagai masker rambut, diamkan beberapa menit, ya seperempat jam, lalu bilas hingga bersih.

3.Daun seledri
Seledri dipercaya oleh orang tua sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk menebalkan dan menghitamkan rambut, terutama untuk anak-anak. Tapi bukan berati kita nggak boleh lho girls, nah, untuk pengaplikasiannya dalam merawat rambut yang tepat dan sehat adalah dengan dibuat jus yang didiamkan semalaman, lalu dioles merata di rambut, diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

4.Cuka apel
Apple cidar vinegar atau bahasa kerennya cuka apel merupakan bahan makanan yang terkenal mampu merontokkan lemak, makanya bagi yang mau diet bisa konsumsi ini sebagai salah satu komposisinya, tapi dalam dosis yang wajar ya. Nah untuk rambut, gunakan air cuka dan air sama banyak, air hangat ya girls, perbandingannya 1:1 girls, lalu oles di rambut diamkan lima menit dan bilas hingga bersih.