5 Manfaat Mencuci Piring Untuk Kesehatan

Membersihkan peralatan makan adalah hal yang wajib dilakukan. Dalam membersihkannya juga tidak boleh asal-asalan. Diperlukan sabun cuci piring dengan kandungan yang tepat agar semua kuman dan kotoran hilang. Pemilihan sabun yang tepat ini juga terkait dengan kondisi kulit Anda agar tidak menjadi kasar saat mencuci piring.

Namun, tahukah Anda jika kegiatan mencuci piring ini tidak hanya membuat dapur menjadi bersih dan rapi? Mencuci piring ternyata juga dapat membuat tubuh menjadi sehat. Ingin tahu apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Berikut ini adalah ulasan serta penjelasannya secara lengkap.

Manfaat Mencuci Piring Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Stress

Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa saat mencuci piring erat kaitannya dengan penurunan tingkat stres seseorang. Hal itu dapat terjadi karena pada saat sedang membersihkan piring atau peralatan dapur lainnya, seseorang akan mencoba mengalihkan pikiran serta konsentrasinya sejenak.

Secara tidak langsung, orang tersebut akan terhindar dari berabagai macam pikiran buruk dan negatif pada saat membersihkan peralatan makan tersebut. Perlahan-lahan semua pikiran negatif yang sedang dipikirkan dapat menjadi pudar pada saat sedang melakukan cuci piring. Secara sekilas memang terdengar cukup asing, namun, hal ini sepertinya layak untuk Anda coba buktikan sendiri.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah jurnal dari Pediatrics di tahun 2015 silam dikatakan bahwa sistem imun atau kekebalan tubuh dapat memperoleh beberapa manfaat saat orang sedang melakukan aktivitas yang cukup kotor. Nah, kegiatan cuci piring merupakan salah satu kategori kegiatan kotor, jadi berdasarkan jurnal tersebut kegiatan cuci piring dapat membuat imun meningkat.

Para peneliti mengungkapkan bawah interaksi yang dilakukan dengan bakteri ataupun virus secara tidak langsung dapat membuat tubuh semakin kuat sehingga tidak akan merasakan berbagai macam gangguan, termasuk juga gangguan alergi.

3. Memberikan Efek Relaksasi

Kegiatan relaksasi kerap kali dikaitkan dengan hal-hal seperti pergi ke pusat pemijatan ataupun dengan berendam santai di kolam air panas. Namun, menurut Psikolog bernama Dr Aric Sigman, aktivitas membersihkan peralatan makan juga dapat menimbulkan efek sama terhadap kesehatan mental seperti halnya berkunjung ke pemandian air panas dan panti pijat.

Menurut Dr. Aric, sentuhan dengan busa menciptakan perasaan tenang, beraroma, dan juga hangat. Hal seperti itu dapat membuat suasana hati menjadi terasa rileks. Sementara itu, pada saat aktivitas mencuci berhasil diselesaikan juga dapat menimbulkan perasaan sejahtera kepada para pelakunya. Munculnya pendapat seperti ini tentunya sangat menarik sekali bukan?

5. Mencegah Terserang Berbagai Macam Penyakit Sehari-hari

Bukan hanya dapat membantu mencegah alergi, kegiatan cuci piring juga dapat membangun sistem imun tubuh menjadi lebih baik. Hal itu karena pada saat sedang mencuci, tangan akan melakukan kontak langsung dengan virus dan bakteri. Hal seperti itu secara tidak langsung membuat Anda seperti kebal terhadap beberapa jenis virus atau bakteri penyebab penyakit.

Bahkan, menurut Dr. Bill Hesselman, aktivitas membersihkan peralatan makan tersebut dapat mencegah Anda dari beberapa jenis penyakit harian seperti demam, flu, dan juga pusing. Jadi, apabila Anda ingin terhindar dari berbagai macam penyakit harian tersebut, mulai dari sekarang rajinlah mencuci peralatan makan sendiri.

Seperti itulah tadi beberapa fakta menarik tentang manfaat mencuci piring bagi kesehatan. Selain dapat memberikan manfaat tersebut, jangan lupa juga untuk tetap menggunakan sabun cuci piring terbaik untuk kebersihan peralatan makan Anda. Salah satu yang dapat dipilih adalah sabun cuci dari Sparkle.