Langkah-langkah Tepat Skincare untuk Remaja di Pagi Hari, Malam Hari dan Mingguan

Sepertinya mendengar kata skincare untuk saat ini sudah tidak asing lagi. Terlebih tidak hanya digunakan oleh perempuan dewasa, kini skincare juga kerap digunakan oleh para remaja. Dengan semakin menjamurnya brand skincare yang menjanjikan hasil yang menggiurkan, Skincare remaja sebaiknya dilakukan sejak dini dari mulai dasar dan para remaja harus memahami produk apa saja yang dibutuhkan oleh kulitnya masing-masing. Tidak hanya itu, pra remaja juga harus mengetahui atau melakukani urutan rutinitas skincare agar hasil yang didapatkan optimal.  Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membagikan tips penggunaan skincare remaja yang baik dan benar, jadi kamu ga perlu galau ya, yuk ikuti step by step-nya.

Langkah-langkah Skincare di Pagi Hari

Sebelum kamu melakukan aktivitas, sebaiknya kamu sudah memastikan kalau kulitmu sudah terlindungi dan terjaga dengan melakukan langkah-langkah skincare yang tepat seperti berikut ini :

  1. Bersihkan wajah dengan menggunakan facial wash yang gentle dan tidak membuat kulit kering
  2. Gunakan hydrating toner untuk menghidrasi dan mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka
  3. Gunakan pelembab yang nyaman dan sesuai dengan jenis kulit kamu. Kalau kulit kamu relative kering, maka carilah pelembab dengan tekstur thick, sedangkan kalu kulit kamu relative berminyak, maka disarankan untuk memilih produk yang bertekstur ringan atau gel
  4. Gunakan sunscreen, walaupun kamu tidak beraktivitas di luar rumah, karena sinar matahari mampu menembus jendela dan memaparkannya ke kulit. Pilihlah sunscreen yang mengandung minimal SPF 30 dan gunakan berulang setiap lima jam sekali

Langkah-langkah Skincare di Malam Hari

Jika kamu selesai beraktivitas dan bersiap untuk istirahat, jangan lupa untuk melakukan skincare. Hal ini dikarenakan ketika kita tidur, kulit akan tetap bekerja dan justru lebih baik dalam menyerap skincare. Berikut adalah langkah – langkahnya :

  1. Bersihkan wajah menggunakan micellar water dan kapas. Gunakan secara lembut mulai dari dahi, pipi, hidung sampai dagu. Selain itu, jangan lupa bersihkan juga bagian seperti leher, rahang hingga belakang telinga
  2. Cuci muka dengan menggunakan facial wash favorit dan keringkan dengan tisu atau handuk bersih. Kamu tidak perlu menggosoknya tapi cukup di tap-tap saja.
  3. Gunakan hydrating toner agar kulit kembali kenyal dan terasa lembab
  4. Gunakan pelembab
  5. Kalau kamu memiliki jerawat, sebaiknya gunakan acne spot atau obat jerawat. Pastikan kamu menggunakannya di area yang berjerawat saja, karena pada umumnya acne spot akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Langkah-langkah Skincare Mingguan

Sgelain melakukan skincare harian, kamu juga perlu melakukan skincare mingguan dengan menggunakan face mask. Pilihlah face mask yang sesuai dengan jenis kulit, karena sekarang telah banyak sekali jenis masker yang bisa kamu temui dengan mudah. Jika kulit kamu relative kering, maka pilihlah masker yang memberikan hidrasi seperti sheet mask, peel of mask atau hydrating mask. Namun jika kulit kamu relative berminyak dan mudah sekali berjerawat, maka kamu bisa mencoba mud mask atau clay mask yang berfungsi mengontrol sebum berlebih. Igat, jangan digunakan setiap hari, cukup gunakan 1-2 kali seminggu ya!

Nah, itulah artikel yang bisa kita bahas tentang skincare remaja kali ini, semoga bisa menjadi acuan buat kamu yang sedang melakukan skincare dengan baik dan benar serta aman.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.