8 Agustus 2022

Setiap orang bisa memiliki tabungan termasuk anak-anak untuk merencanakan masa depannya yang lebih baik. Tujuan menabung tentunya membuat rencana keuangan jadi lebih matang jika nanti sudah besar.  Apalagi sekarang ada banyak kebutuhan untuk si kecil yang harus disiapkan orang tua, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba membuka tabungan anak sejak kecil. Tabungan anak sama dengan tabungan lainnya, yang membedakannya hanya untuk umur dibawah 17 tahun. Kemudian orang tua menjadi pemilik identitas pada rekening tersebut karena sang anak belum mempunyai identitas seperti KTP. Dengan melatih anak menabung sejak kecil, maka ketika sudah dewasa akan terbiasa menabung dan bisa merencanakan keuangan dengan lebih baik. Berikut ini setidaknya ada 3 manfaat tabungan anak syariah yang sudah tersedia di banyak bank.

Mengajarkan anak disiplin

Dengan menabung secara terus-menerus tentu akan mengajarkan si kecil untuk selalu disiplin. Setelah disiplin, maka anak akan terbiasa untuk mengalokasikan uangnya untuk ditabung pada rekening yang dimiliki. Jadi sebagai orang tua tentu harus selalu mengawasi dan bisa memberikan sebuah hadiah jika tabungan anak sudah mencapai target.

Latih kesabaran si kecil

Menabung tentu melatih kesabaran setiap orang termasuk si kecil apalagi nominal yang ditabung sedikit. Jadi orang tua harus bisa mengenalkan bahwa menabung bukan kegiatan instan tetapi juga harus dilakukan secara sabar untuk mencapai sesuatu. Jadi orang tua bisa memberikan sang anak target untuk lebih membuatnya semangat dalam menabung.

Anak bisa lebih menghargai uang

Sejak kecil, anak harus diajarkan untuk lebih menghargai uang karena ini termasuk hal yang penting sekali. Jangan sampai ketika sudah remaja bahkan dewasa nanti anak menjadi tidak menghargai orang sehingga melakukan hal-hal yang boros dan terus menghabiskan uang. Jika sudah menabung sejak kecil, maka anak akan lebih bijak dalam menggunakan uang.

Tiga manfaat di atas harus terus diberitahu orang tua kepada si kecil agar bisa konsisten menabung. Selain mengedukasi si kecil, orang tua juga harus bisa berinvestasi untuk masa depan seperti memperoleh manfaat tabungan emas syariah yang menjadi layanan untuk setiap orang memiliki emas di bank syariah.