Tidur merupakan kebutuhan setiap orang. Selain melepas rasa lelah, tidur juga berguna untuk mengumpulkan energi untuk melakukan aktivitas di esok hari. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa aktivitas yang sangat baik dilakukan sebelum tidur? Aktivitas sebelum tidur ini akan membuat hari esok menjadi lebih baik dan tidur menjadi lebih berkualitas.

Kegiatan Bermanfaat Sebelum Tidur

1. Membaca buku

Minat membaca buku di Indonesia masih tergolong rendah, apalagi di kalangan remaja dan anak-anak yang lebih senang untuk bermain game daripada membaca buku. Padahal, dengan rutin membaca buku, seseorang akan mendapat pengetahuan lebih banyak dibandingkan dengan orang lain.

Membaca buku sebelum tidur sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Dengan rajin membaca buku, otot otak akan lebih terlatih dan hasilnya seseorang bisa berpikir secara tajam. Ketika menghadapi suatu masalah, ketajaman berpikir ini sangat diperlukan. Tanpanya, mungkin orang langsung akan putus asa karena tidak bisa segera mendapat solusi.

2. Evaluasi harian

Anda bisa menyisihkan waktu beberapa menit untuk mengingat ulang apa yang sudah dikerjakan selama seharian, apakah lebih banyak aktivitas positif atau aktivitas negatif. Apakah lebih banyak memikirkan hal baik atau hal buruk. Setelah itu, Anda dapat melakukan evaluasi untuk tidak mengulangi hal baik di esok hari. Dengan demikian, hari esok Anda akan lebih baik dari sebelumnya.

3. Membuat rencana untuk esok hari

Setelah melakukan evaluasi harian, Anda bisa menata hari esok Anda dengan membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Buatlah minimal 10 kegiatan yang wajib Anda selesaikan. Jika sudah berhasil melakukannya dalam beberapa hari, Anda bisa menambahkan menjadi 15 kegiatan. Cara ini sangat efektif untuk membuat kegiatan Anda lebih efektif dan lebih banyak waktu luang.

4. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan juga bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh menjadi sedikit lelah sehingga akan lebih mudah untuk tertidur. Anda bisa melakukan peregangan supaya tubuh tidak terlalu kaku dan menjadi lebih rileks. Namun, hindari olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban, push up, dan sebagainya.

5. minum air putih

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum tidur adalah meminum air putih. Ketika tidur, mungkin selama 5-8 jam tubuh Anda tidak akan mendapat asupan apapun. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sebelum tidur Anda minum air putih terlebih dahulu agar tubuh tidak terlalu kekurangan cairan di saat tidur. Bisa juga air putih Anda ganti dengan segelas susu hangat.

Itulah tadi beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan sebelum tidur. Kegiatan positif tersebut bisa membuat hari esok Anda menjadi lebih baik dan menjadikan Anda selalu produktif. Oleh karena itu, lakukan kegiatan tersebut sesering yang Anda bisa.