Tips Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh terluar manusia yang paling mudah terkontaminasi dengan debu dan polusi. Karenanya, menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Meskipun kesehatan kulit memiliki definisi yang berbeda beda di setiap individunya, secara umum kulit yang sehat akan terasa lembab dan lembut saat disentuh. Ini menunjukkan bahwa kulit Anda ternutrisi dengan baik.

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit sendiri beragam jenisnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit Kita tetap sehat adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Lalu, bagaimana gaya hidup sehat yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan kulit? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Hindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan tua. hal tersebut disebabkan karena mengonsumsi rokok dan alkohol dapat mengurangi kolagen yang ada, seperti yang Kita tahu kolagen dapat membuat kulit terlihat sehat dan kencang.

2. Makan Makanan dengan Gizi Seimbang
Beberapa study menunjukkan bahwa makanan yang sehat serta memiliki gizi seimbang dapat membuat kulit tampak sehat dan awet muda. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, bukan hanya kesehatan kulit yang akan terjaga tapi juga kesehatan seluruh organ pada manusia.

3. Cukupi Kebutuhan Istirahat
Istirahat yang cukup juga turut memengaruhi kesehatan kulit seseorang karena berpengaruh pada jalannya sistem metabolisme yang ada. Jika seseorang memiliki metabolisme yang rendah, kulitnya akan tampak kusam dan lebih tua. Selain itu, produksi minyak pada kulit bisa meningkat yang kemudian mengakibatkan jerawat muncul.

4. Jauhi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung
Paparan sinar matahari langsung pada saat jam 10 pagi sampai dengan 4 sore memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena intensitas UvA dan UvB dari sinar matahari berada pada intensitas terbesarnya. Tapi jika Anda harus keluar rumah pada jam tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan mengoleskan tabir surya pada kulit. Selain itu, Anda juga bisa mengenakan pakaian dengan lengan panjang serta menggunakan topi sebagai pelengkapnya.

5. Menjaga Kebersihan Kulit
Debu dan polusi yang ada sangatlah berbahaya bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan kulit dengan cara mandi secara rutin 2 kali dalam sehari. Untuk kebersihan wajah sendiri, Anda bisa menggunakan facial wash sesaat setelah bangun dan saat akan pergi tidur. Hal tersebut dipercaya dapat mengurangi risiko seseorang dapat terserang penyakit kulit.

6. Gunakan Pelembab
Selain melembabkan kulit kering, menggunakan pelembab secara rutin dapat memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit.

Manfaat-manfaat dari tips di atas dapat hanya dapat dirasakan perubahannya jika dilakukan secara konsisten, karena hasil terbaik membutuhkan proses yang panjang untuk dapat dirasakan perubahannya.