Tips Hemat Liburan ke Turki agar Tabungan Tidak Terkuras Habis

Apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar kata “Turki”?

Turki memang semakin populer sebagai salah satu destinasi impian para wisatawan dunia. Selain memiliki alam yang indah, Turki juga mempunyai budaya dan berbagai objek wisata yang menarik untuk dipelajari. Kalau Anda berencana liburan ke Turki dengan Turkish Airlines yang pelayanannya terkenal istimewa, Anda bisa memesan tiketnya secara praktis di Traveloka Lifestyle SuperApp. Cek harga Turkish Airlines di Traveloka supaya bisa mendapatkan tiket pesawat terbang dengan harga dan jadwal penerbangan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Turkish Airlines senantiasa jadi favorit wisatawan karena keamanan dan pelayanannya terjamin. Jangkauan jaringan penerbangan Turkish Airlines yang sangat luas akan mempermudah Anda bila ingin melakukan perjalanan lanjutan ke berbagai negara lain. Jadi, sebaiknya Anda lekas mencari tahu harga tiket Turkish Airlines di website atau aplikasi Traveloka Lifestyle SuperApp agar tidak kehabisan tiket pada jadwal keberangkatan yang telah Anda tentukan. Selain mencari tiket Turkish Airlines dengan harga terbaik, Anda juga patut mengetahui beberapa tips berikut ini supaya liburan ke Turki semakin hemat:

Menyantap Roti karena Harganya Murah

Belum banyak orang tahu kalau roti adalah makanan pokok di Turki. Itulah sebabnya Anda lebih mudah menemukan roti dibandingkan nasi atau sumber karbohidrat lain ketika berada di negara yang satu ini. Bahkan, roti juga dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan makanan lain. Anda bisa menghemat biaya liburan kalau sering menyantap roti selama berada di Turki.

Menginap di Hotel Bujet

Tips selanjutnya yang wajib Anda lakukan ketika berlibur ke Turki adalah menginap di hotel bujet. Ada banyak hotel bujet di Turki yang memiliki tarif mulai dari 1 juta rupiah per malam. Bila ingin biaya menginap yang lebih murah lagi, Anda bisa mencari referensi penginapan di rumah penduduk setempat. Selain memberikan sensasi seru, menginap di rumah masyarakat lokal juga membuat Anda berkesempatan mempelajari budaya lokal secara mendalam serta mengenal banyak wisatawan asing dari berbagai penjuru dunia.

Memilih Gaya Makan ala Buffet

Gaya makan ala buffet di Turki harganya murah, mirip seperti sajian di warteg khas Indonesia. Bahkan, harganya bisa berbeda jauh dengan menu makanan yang disajikan ala carte. Selain bisa menikmati banyak pilihan menu, Anda pun akan merasa lebih kenyang karena bisa menikmati makanan sepuasnya sesuai selera dan keinginan. Kelebihan biaya makan yang masih Anda miliki bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain selama berlibur.

Menyiapkan Kartu Istanbulkart

Istanbulkart adalah kartu yang patut Anda miliki agar bisa menggunakan moda transportasi umum di Turki secara mudah. Anda bisa membeli Istanbulkart di halte atau stasiun dengan harga kurang lebih 10 Lira (setara dengan Rp 17.000) lalu melakukan isi ulang bila saldonya habis. Kalau Anda memiliki Instanbulkart, Anda tak akan kesulitan bepergian di Turki dengan biaya terjangkau.

Mengunjungi Destinasi Wisata Gratis

Wisata ke luar negeri sebenarnya tidak identik dengan biaya mahal bila Anda cermat menemukan objek wisata gratis. Saat berlibur ke Turki, ada berbagai destinasi wisata gratis yang tak boleh Anda lewatkan, antara lain Blue Mosque, The Hippodrome of Constantinople, Grand Bazaar, Istiklal Cadessi, Spice Bazaar, dan Gṻlhane Park. Anda bebas berjalan-jalan di beberapa destinasi wisata tersebut sambil mengabadikan foto dan video untuk kenang-kenangan.

Berjalan Kaki Menikmati Suasana Kota

Kota-kota besar di Turki seperti Istanbul, Ankara, Antalya, dan Izmir sangat nyaman bagi para wisatawan. Masyarakat lokalnya pun ramah dan tak segan membantu bila Anda membutuhkan informasi. Jadi, tak ada salahnya kalau Anda memutuskan lebih banyak berjalan kaki selama berlibur di Turki. Sehingga Anda bisa menikmati suasana kota dan beragam objek wisata sampai puas tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Gaya liburan ini paling cocok untuk Anda yang memilih konsep backpacking dengan waktu berlibur lebih dari 1 minggu.

Mengandalkan Paket Tour Khusus Dalam Kota

Berwisata di Turki tanpa paket tour khusus akan membuat biaya liburan Anda jadi membengkak karena harga sewa mobilnya sangat mahal dan petunjuk jalannya pun sulit diikuti. Alangkah lebih baik bila Anda mengandalkan paket tour khusus. Sebab paket tour tersebut jauh lebih ekonomis dan membuat Anda bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata populer dalam waktu 1 hari. Jadi, sebaiknya Anda meluangkan waktu mencari referensi paket tour khusus yang diminati wisatawan Turki agar liburan jadi lebih efisien dan hemat sesuai ekspektasi Anda.

Membeli Oleh-Oleh di Tempat yang Tepat

Para wisatawan yang berlibur ke Turki biasanya mengunjungi kawasan terkenal seperti Grand Bazaar dan Spice Market untuk membeli oleh-oleh. Sayangnya, harga oleh-oleh di kawasan tersebut tergolong mahal karena ditujukan untuk wisatawan. Sebagai alternatif, lebih baik Anda mengunjungi tempat belanja masyarakat lokal seperti Ortakoy Weekend Market, Fatih Wednesday Market, dan kawasan sekitar Stasiun Sirkeci. Destinasi belanja masyarakat lokal membanderol produknya dengan harga murah sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk oleh-oleh.

Usai menyimak ulasan tips ini, Anda pasti semakin yakin mewujudkan rencana liburan ke Turki dalam waktu dekat. Bujet minimalis tak akan menghalangi Anda merasakan petualangan menakjubkan selama berkunjung ke Turki.