5 Tanaman Hias yang Punya Banyak Manfaat

Pernahkah Anda melihat sebuah rumah yang dipenuhi dengan tanaman? Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membuat rumah terlihat lebih indah dan menarik. Banyak orang yang menanam tanaman hias di bagian halaman rumah maupun didalam rumah mereka. Tidak hanya untuk sekedar keindahan dan estetika pada rumah, ada beberapa tanaman hias yang juga memiliki segudang manfaat, lho.

Manfaat-manfaat tersebut juga sangat berguna untuk kesehatan kita sebagai manusia. Sehingga kita akan mendapatkan banyak manfaat ketika menanam tanaman hias di sekitar rumah kita. Dan tahukah Anda bahwasanya jika kita merasa stress atau penat kita dapat menghilangkannya dengan cara melihat tanaman berwarna hijau? Cara ini sangat ampuh apabila Anda berada ditengah situasi stuck pada saat melakukan pekerjaan.

Oleh karena itu, mulailah untuk menanam tanaman hias dari sekarang. Anda dapat menanam 5 tanaman hias yang akan dijelaskan di bawah ini. Karena kelima tanaman hias ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda terima.

Sirih Gading

Pasti Anda sering melihat tanaman ini, bukan? Sirih gading biasanya diletakkan di dalam sebuah pot yang cantik dan digantung. Hal itu dikarenakan ukuran dari tanaman ini lumayan kecil dibandingkan dengan tanaman lainnya. Umumnya tanaman ini diletakkan didalam ruangan untuk dapat memperindah sebuah ruangan dan tanaman ini juga dapat membuat ruangan kita menjadi kelihatan lebih segar. Dengan warna hijau yang dimiliki oleh tanaman ini, dapat menambah kesan asri di dalam ruangan.

Anda dapat meletakkan tanaman ini di berbagai spot ruangan seperti diatas lemari, rak maupun di sudut ruangan.  Adapun manfaat-manfaat dari tanaman ini yaitu dapat menyedot segala racun yang berbahaya yang diakibatkan oleh cat dinding, semprotan pembasmi nyamuk, pewangi ruangan dan lain sebagainya.

Sama seperti tanaman lainnya, sirih gading juga dapat memberikan pasokan oksigen di sekitarnya. Sehingga tanaman ini sangat cocok apabila Anda tanam di dalam ruangan kost-an maupun apartemen.

Lidah Mertua

Jenis tanaman ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu bentuk daunnya yang memanjang dan sedikit lebih tebal dibandingkan dengan daun pada umumnya. Warna dari tanaman ini juga terbilang sangat unik, yaitu berwarna hijau dengan pinggirannya yang berwarna oranye. Di tengah-tengah daun lidah mertua terdapat corak yang menjadi salah satu ciri khas dari tanaman ini.

Jika dilihat sekilas, tanaman ini tidak terlalu mencolok ketika kita tanam. Namun dari tanaman ini kita akan mendapatkan banyak manfaat. Dimana tanaman ini dapat Anda manfaatkan sebagai pengharum ruangan secara alami. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma khas yang dapat menyejukkan hati dan membuat kita lebih rileks.

Anda dapat menempatkan tanaman ini didalam maupun diluar ruangan. Namun biasanya tanaman ini sering Anda temui di dalam ruangan. Letakkanlah di ruangan tempat Anda bekerja atau membaca buku, sehingga aroma yang dihasilkan tanaman ini dapat membuat Anda lebih semangat untuk bekerja.

Dengan menanam tanaman ini, Anda dapat meringankan SBS atau singkatan dari Sick Building Syndrome. Dimana SBS ini adalah suatu masalah psikologis yang dapat membuat seseorang lebih sering merasakan sakit tenggorokan, mual, iritasi mata, sakit kepada dan lain sebagainya.

Lavender

Siapa sih yang tidak mengetahui tanaman yang satu ini? Pasti banyak orang sudah sangat mengenal bahwa tanaman lavender ini adalah tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Dan ternyata, tanaman ini tidak hanya dapat mengusir nyamuk, lho! Lavender juga mampu mengusir berbagai macam hewan kecil lainnya seperti tungau.

Hal itu dikarenakan Lavender memiliki aroma khas yang ia keluarkan. Dan aroma tersebut mengandung linalyn asetat dan linalool yang tidak disukai nyamuk dan tungau. Anda juga dapat mengolah Lavender menjadi berbagai macam kebutuhan, lho. Contohnya Anda dapat membuat teh dengan bunga lavender. Teh lavender tersebut juga dipercaya dapat menjadi pencegah kanker.

Lidah Buaya

Salah satu hal yang membuat banyak orang merasa tidak berminat untuk menanam tanaman hias adalah karena malas untuk merawatnya. Terlebih lagi apabila Anda adalah seorang pekerja kantoran yang kesehariannya dihabiskan untuk bekerja sepanjang hari. Sehingga tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman yang pastinya membutuhkan asupan air dan perawatan lainnya agar tetap tumbuh subur.

Nah, untuk Anda yang tidak memiliki waktu banyak, maka Anda dapat menanam tanaman lidah buaya. Anda tidak perlu terlalu sering untuk menyiram lidah buaya, karena akan membuatnya menjadi cepat busuk. Cukup siram lidah buaya hanya 2-3 minggu sekali saja. Sangat mudah, bukan?

Disamping itu, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan lingkungan sekitar kita. Lidah buaya mampu membersihkan udara didalam ruangan. Sehingga udara yang kita hirup memiliki kualitas yang terbaik.

Peace Lily

Tanaman hias lainnya yang memiliki banyak manfaat adalah Peace Lily. Tanaman hias  ini memiliki bunga yang berwarna putih. Dimana bunganya terlihat sangat indah, sehingga banyak orang memilih bunga ini sebagai tanaman hias yang dipajang didalam ruangan seperti ruang tamu, teras dan tempat-tempat lainnya.

Selain itu, tanaman hias ini dapat menyerap racun seperti benzena, formaldehida, dan karbondioksida. Dan apabila Anda adalah orang yang sangat sensitif oleh aroma yang tidak sedap, maka Anda dapat memilih tanaman hias ini. Karena tanaman ini dapat menetralkan segala aroma yang tidak sedap contohnya seperti asap rokok, cat dinding dan lain sebagainya.

Itulah 5 tanaman hias yang memiliki segudang manfaat. Anda dapat menghias atau mendekorasi ruangan dengan tanaman diatas. Karena selain terlihat indah, tanaman tersebut dapat menyehatkan tubuh Anda.