Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat Berpergian

Ketika Anda sedang berpergian atau beraktivitas di luar rumah seperti bekerja, sekolah, belanja, liburan, atau olahraga, tentu air menjadi kebutuhan utama Anda selain makanan. Terutama jika Anda beraktivitas berat di luar ruangan seperti berolahraga, Anda perlu cukup minum air agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Tentunya jika dibiarkan hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tidak ada salahnya membeli air minum kemasan, namun jika Anda memiliki rutinitas yang tinggi di luar rumah maka terlalu sering membeli air minum kemasan akan berdampak buruk bagi lingkungan.

Ditambah lagi, dalam situasi pandemi ini akan lebih baik jika Anda membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah. Saat ini sudah tersedia banyak sekali pilihan botol minum berbagai ukuran yang bisa Anda beli dengan mudah melalui aplikasi Blibli. Membawa botol minum sendiri juga memiliki beberapa keuntungan. Simak beberapa keuntungan berikut ya!

Ramah Lingkungan

Keuntungan sekaligus alasan pertama mengapa Anda perlu membawa botol minum sendiri adalah karena memiliki dampak positif bagi lingkungan. Seperti kita ketahui, air minum kemasan menggunakan botol atau wadah berbahan dasar plastik. Plastik merupakan bahan yang sangat sulit terurai secara alami.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOOA), sampah kantung plastik membutuhkan waktu setidaknya 10-20 tahun untuk terurai. Semantara botol plastik membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk terurai, hingga ratusan tahun.

Sampah plastik juga memiliki dampak buruk bagi lingkungan seperti mencemari tanah, air, serta organisme dalam tanah. Sampah plastik yang masuk ke laut juga bisa mengganggu kehidupan biota laut. Selain itu, sampah platik juga menjadi penyebab tersumbatnya aliran air yang bisa menyebabkan banjir.

Mudah dan Praktis Dibawa

Keuntungan selanjutnya dari penggunaan botol minum sendiri saat keluar rumah adalah lebih mudah dan praktis saat dibawa. Botol minum memiliki beberapa ukuran dan bentuk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan air Anda selama beraktivitas di luar rumah.

Anda bisa memilih botol minum berukuran 1 liter jika akan beraktivitas berat seharian, serta membawa botol minum kecil berukuran 600 ml jika beraktivitas ringan. Anda juga bisa memilih botol minum dengan bentuk yang nyaman Anda pegang dan bisa Anda sesuaikan dengan tempat penyimpanan yang Anda bawa seperti tas, totebag, atau cup holder.

Membawa botol minum sendiri juga lebih aman karena umumnya botol minum menggunakan bahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak atau pecah jika terjatuh atau tertindih barang yang berat.

Lebih Aman dan Sehat

Keuntungan berikutnya jika Anda membawa botol minum sendiri adalah lebih sehat dan aman. Tahukan Anda bahwa kemasan plastik dibedakan menjadi 7 jenis dan setiap jenis memiliki kode dan penggunaannya masing-masing.

Kode tersebut bisa Anda temukan di bagian bawah kemasan plastik dalam bentuk segitiga. Kode angka 1 dan 2 berarti kemasan plastik hanya boleh digunakan satu kali pakai. Koda angka 3 artinya sulit didaur ulang dan berbahaya.

Kode angka 4 artinya sulit dihancurkan, namun aman bagi makanan. Kode angka 5 merupakan bahan plastik terbaik untuk menyimpan makanan dan minuman. Kode angka 6 sebaiknya Anda hindari untuk menyimpan makanan jadi, dan kode angka 7 artinya bahan daur ulang.

Botol air mineral kemasan menggunakan jenis plastik dengan kode angka 1 yang artinya hanya boleh digunakan untuk satu kali pemakaian. Sementara botol minum tumbler menggunakan bahan plastik dengan kode angka 5 yang merupakan jenis plastik terbaik dan paling aman.

Menjaga Suhu Air

Keuntungan berikutnya dari membawa botol minum sendiri adalah bisa menjaga suhu air. Saat ini, botol minum atau tumbler punya berbagai kelebihan dan penggunaannya masing-masing.

Salah satunya adalah botol minum yang bisa menjaga suhu air tetap hangat atau dingin. Ada beberapa material yang digunakan untuk botol minum seperti plastik, aluminium, dan stainless steel.

Setiap bahan tentu mempunyai kelebihannya masing-masing. Selain itu, ada juga botol minum yang sudah dilengkapi dengan panel digital di bagian atas tutup botolnya untuk mengetahui suhu air yang dibawa. Anda bisa mencari dan memberi berbagai botol minum atau tumbler melalui aplikasi Blibli.

Lebih Hemat

Keuntungan terakhir yang bisa Anda dapatkan jika membawa botol minum sendiri adalah lebih hemat uang. Jika Anda memiliki rutinitas harian yang tinggi di luar rumah dan membeli air minum kemasan setiap harinya, tentunya dalam satu bulan uang yang Anda keluarkan lebih mahal daripada membawa botol minum sendiri.

Dengan membawa botol minum sendiri, Anda bisa mengisi ulang air minum Anda saat berada di kantor atau tempat lain yang menyediakan air minum gratis. Anda jadi bisa menghemat pengeluaran dan bisa menggunakan uang Anda untuk keperluan lain.

Nah, itulah beberapa keuntungan membawa botol minum sendiri saat berpergian atau saat keluar rumah. Selain ramah lingkungan, Anda juga bisa lebih berhemat. Anda bisa mencari dan membeli botol minum melalui aplikasi Blibli. Yuk mulai terapkan kebiasaan baik ini ya!