Apa Sih Tugas Malaikat Israfil?

Malaikat merupakan makhluk ghaib ciptaan Allah Subhanahu Wa ta Ala yang sangat patuh dalam melaksanakan tugasnya. Adapun malaikat yang bertugas untuk menuipkan sangkakala di hari kiamat adalah malaikat Israfil.

Mengimani malaikat termasuk dalam rukun iman. Hal ini juga patut diimani oleh semua kaum muslim di dunia. Percaya akan adanya malaikat Allah merupakan suatu keharusan dan hukumnya adalah fardu ‘ain.

Jumlah dari malaikat yang wajib diketahui oleh kaum muslim adalh 10 malaikat. Malaikat-malaikat ini tentunya memiliki tugasnya masing-masing. Namun, semua malaikat ini selalu menjalankan tugasnya secara berdampingan dan saling mendampingi satu sama lainnya.

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, bahwa memang tugas malaikat Israfil ini adalah untuk meniupkan terompet sangkakala disaaat hari akhir atau hari kiamat telah tiba. Lantas, apa tugas lain dari malaikat Israfil selama menunggu waktu kiamat tersebut tiba? Tentunya pertanyaan ini sering diajukan oleh kaum muslim.

Selama masa penantian, malaikat Israfil tetap melakukan tasbih kepada Allah bersama dengan malaikat lainnya. Hal ini dilakukan setiap saat tanpa adanya rasa bosan dan lelah dari para malaikat. Jadi, selama ini malaikat tersebut tetap akan bertasbih kepada Allah sambil melakukan tugasnya.

Semua malaikat ini tentunya juga menunggu bagian tugasnya datang. Namun, ada juga malaikat yang bertugas setiap hari dan akan terus mendampingi manusia, seperti halnya malaikat Raqib dan Atid yang senantiasa mendampingi manusia untu mencatat segala amal perbuatan manusia.

Jadi, sudah jelas bahwa memang tugas malaikat Israfil ini adalah untuk meniupkan terompet sangkakala diwaktu yang sudah ditentukan oleh Allah SWT, yakni di hari kiamat tiba nanti.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa malaikat merupakan makhluk ghaib yang sangat taat kepada Allah SWT. Berbeda dengan manusia yang diciptakan sempurna, dengan akal dan hawa nafsu. Malaiat sendiri diciptakan dari nur atau cahaya, sementara manusia diciptakan dari sebongkah daging.

Menurut Imam Abdur Rahim bin Ahmad, mengatakan dalam kitab Syarah Daqoiqul Akhbar, ada beberapa tugas yang diemban oleh malaikat Israfil sebelum hari kiamat tersebut datang. Dimana dikatakan bahwa malaikat Israfil ini memohon kepada Allah untuk diberikan kekutan dari tujuh langit.

Dan Allah pun mengabulkan permintaan tersebut dengan memberikan kekuatan tujuh bumi. Kemudian, Allah pun memberikan kekuatan angin, gunung, sesuatu yang berat, dan kekuatan dari hewan buas.

Ini artinya adalah bahwa malaikat Israfil ditugaskan oleh Allah untuk mengayomi makhluk yang ada di alam semensta, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Jadi, inilah beberapa tugas malaikat Israfil yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan Anda sebagai seorang muslim. Dengan begitu, maka keimanan Anda terhadap malaikat Allah akan semakin bertambah.