25 Juli 2024

Makan di luar menjadi pilihan yang menghibur ketika merasa jenuh dengan sajian di rumah. Agar tidak boros, Anda perlu menerapkan cara menghemat uang saat makan di luar. Sebelum pilih menu, cek promo makanan hari ini agar lebih hemat.

Dengan alasan yang jelas, banyak dari kita berusaha mengurangi pengeluaran dan mencari cara untuk berhemat. Meskipun begitu, makan di luar tidak sepenuhnya dikesampingkan. Tentu ada tips berhemat meskipun makan di luar.

Cara Menghemat Uang saat Makan di Luar

Makan di luar tidak akan menguras anggaran asalkan Anda memiliki cara tepat untuk mengatur dananya. Berikut beberapa cara hemat uang ketika makan di luar.

1. Rencanakan Keuangan

Sebelum menikmati makan di luar, sebaiknya Anda merencanakan agenda dan anggaran dana sesuai kemampuan. Misalnya, Anda memilih satu hari tertentu dalam seminggu atau sebulan untuk bersantap di luar.

Dalam tips ini penting untuk menerapkan batas pengeluaran yang masuk akal. Dengan cara ini, Anda dapat mengendalikan seberapa sering dan sejumlah uang yang Anda keluarkan saat makan di luar.

2. Pilih Tempat Makan

Berikutnya adalah memilih tempat makan sesuai selera dan ketersediaan dana. Anda perlu mengamati menu restoran secara online dan fokus pada menu yang menawarkan promo untuk hidangan favorit Anda.

Jika anggaran Anda ketat, mencari tahu menu dan harganya akan membantu mempersempit pilihan yang sesuai dengan keuangan Anda.

3. Pesan Menu yang Sehat

Meskipun makan di luar, Anda tetap perlu memperhatikan kesehatan. Caranya dengan memilih menu-menu yang sehat, tidak mengandung minyak, lemak, gula, garam, atau bumbu penyedap dengan kadar berlebihan.

Pilihlah menu yang seimbang yaitu menu yang terdiri atas karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Sebaiknya jangan memesan porsi besar atau menambahkan porsi nasi. Jika memesan terlalu banyak, Anda dapat membaginya dengan keluarga.

4. Konsumsi Air Putih

Selain dari makan, pengeluaran dari minuman juga menjadi faktor yang membuat anggaran Anda membengkak. Untuk itu, sebagai solusinya, Anda bisa memesan air putih.

Air putih lebih ekonomis daripada minuman lainnya. Selain itu, air putih juga lebih sehat dan mengenyangkan. Hindari minuman yang tinggi gula, kafein, atau alkohol. Sebab, jenis minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan nafsu makan.

5. Manfaatkan Promo

Layanan antar pesan makanan saat ini memberikan berbagai promosi yang dapat membantu Anda menghemat uang saat ingin bersantap di luar. Pastikan Anda selalu mengikuti informasi terbaru mengenai promo makanan dari layanan tersebut.

Jika memungkinkan, carilah restoran terdekat yang menyediakan diskon khusus untuk ulang tahun atau bahkan menawarkan hadiah gratis pada hari-hari istimewa.

Dengan menerapkan cara menghemat uang saat makan di luar tersebut, anggaran tetap terkontrol. Sebaiknya jika ingin tetap berhemat tetapi juga makan hidangan lezat, Anda harus rajin mencari informasi promo makanan.

Website Ayomakan memberikan informasi lengkap promo makanan yang ada pada hari ini. Berbagai diskon yang tersedia bisa Anda manfaatkan untuk makanan enak dengan tetap hemat! Cek sekarang!