18 Juni 2024
Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Smartphone hadir tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi banyak sekali fungsi lainnya dimana memberikan kemudahan melakukan berbagai pekerjaan. Salah satu fiturnya adalah merekam layar hp Xiaomi. Brand dari Negeri Tirai Bambu ini dibekali fitur Screen Recorder untuk mengambil berbagai momen berupa gambar bergerak atau video.

Pengguna bisa memakai Screen Recorder untuk menangkap berbagai kegiatan yang dianggap seru, penting, spesial, dan tidak bisa dilewatkan. Selain itu, juga memberikan kemudahan dalam membuat berbagai tugas, seperti presentasi, menjelaskan tutorial, serta lain sebagainya. Fitur ini sudah ada di dalam hp Xiaomi semua tipe.

Apa itu Screen Recording?

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Screen Recording merupakan sebuah teknologi yang ditanamkan pada perangkat, seperti telepon pintar, tablet, laptop, dan lainnya. Kegunaannya adalah untuk mengambil berbagai momen dengan bentuk video. Dengan demikian, pengguna bisa menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan baik bisnis, pendidikan, atau sekedar sarana hiburan semata.

Perangkat smartphone Xiaomi mempunyai fitur perekam layar ini dimana bisa diakses secara mudah untuk berbagai jenis tipe atau keluaran. Hasilnya berupa video yang mempunyai resolusi dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Ukuran file video tersebut sangat tergantung dari durasi lamanya melakukan perekaman. Jika lama, tentu kapasitas filenya juga besar.

Pada hp Xiaomi, fitur perekaman layar ini disematkan di MIUI Screen Recorder. Itu dapat diakses untuk ponsel MIUI 8 dan diatasnya. Dengan adanya fitur tersebut, maka memberikan kemudahan tanpa perlu mengunduh aplikasi pendukung. Di dalamnya juga tersedia berbagai macam pengaturan sehingga bisa sesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Cara Merekam Layar Xiaomi Lewat MIUI Screen Recorder

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan perekaman memakai fitur MIUI Screen Recorder. Perlu diingat bahwa layanan satu ini hanya cocok atau ada di hp keluaran tahun 2007 atau diatasnya dimana menggunakan Sistem Operasi MIUI 8 atau lebih baru. Anda dapat ikuti proses selengkapnya di bawah.

  • Buka Menu ‘Tools’ pada smartphone Xiaomi Anda
  • Tekan opsi ‘Screen Recorder’
  • Pada laman ini, terdapat menu video yang sudah pernah direkam, pengaturan, dan memulai rekaman baru
  • Tekan tombol ‘Start Recording’
  • Klik Menu ‘Pengaturan’ di bagian pojok kanan atas
  • Atur berbagai hal sesuai kebutuhan
  • Tap tombol berlogo ‘kamera’ di kiri bawah
  • Klik ‘Start’ untuk mulai merekam
  • Tekan tombol ‘Stop’ untuk berhenti
  • Selesai

Pada menu Pengaturan, Anda bisa mengatur resolusi/kualitas video, frame rate, hingga orientasinya. Pengguna juga dapat mengatur sumber audio yang ingin dimasukkan. Setelah selesai merekam, lakukan pengeditan hasilnya sehingga sesuai keinginan. Dengan demikian, dapat dikirimkan ke orang lain atau disimpan sendiri.

Cara Merekam Layar Xiaomi Menggunakan Audio Internal

Ada beberapa orang yang melakukan perekaman layar dengan menambahkan suara atau audio. Ini berguna untuk melengkapi informasi, yakni sebagai penjelasan. Di sini, pengguna Xiaomi bisa menambahkan audio tersebut. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Buka Menu ‘Pengaturan’ pada fitur ‘Screen Recorder’
  • Ubah ‘Orientation’ ke ‘Mode Auto’
  • Ubah ‘Sound Source’ ke ‘Internal Audio’ atau ‘System Sounds’
  • Mulai merekam dengan klik ‘Start’
  • Jika sudah selesai, tekan tombol merah
  • Selesai

Hasil rekaman akan langsung tersimpan dalam memori penyimpanan hp Anda. Di dalam menu Pengaturan tersedia berbagai fitur untuk membuat video sesuai keinginan. Berikut penjelasan dari fitur di Menu Setting.

Resolusi

Pilihan ini memungkinkan Anda mengatur resolusi hasil rekaman layar dengan ukuran tertentu. Jika memilih ukuran besar, tentu saja hasilnya akan terlihat jernih dan tajam. Ini berlaku sebaliknya, apabila resolusinya kecil, maka kualitas videonya tidak terlalu bagus. Ukuran minimalnya adalah 1280 x 720.

Kualitas

Pengaturan kualitas memungkinkan pengguna mengaturnya supaya kualitasnya bagus. Hasil terbaik, disarankan memakai kualitas berukuran minimal 16Mbps. Jika lebih kecil dari itu, maka hasilnya akan semakin turun kualitasnya.

Audio

Audio merupakan sebuah fitur dimana dapat melakukan pengaturan audio perekaman. Masukkan suara dengan memilih opsi internal atau eksternal. Pada pilihan internal, maka ambillah file dalam memori penyimpanan yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika belum, maka isikan suara setelah perekaman.

Frame

Laju Bingkai adalah fitur yang dipakai untuk dapat membuat video mempunyai gerakan halus sehingga efek blurnya bisa diminimalisir. Apabila Anda memilih ukuran tinggi, maka membuat hasil videonya juga semakin berkualitas yakni lebih jernih serta halus. Namun, semuanya dapat diatur berdasarkan kebutuhan masing-masing pengguna.

Cara Merekam Layar Xiaomi Memakai Aplikasi Bantuan

Aplikasi di Google Play Store berupa perekam layar banyak sekali pilihannya. Itu berguna dalam membantu Anda melakukan screen recording. Sebagai rekomendasi berikut pilihan yang dapat Anda gunakan.

Game Screen Recorder

Pilihan pertama adalah Game Screen Recorder. Seperti namanya, aplikasi ini hanya digunakan untuk melakukan perekaman ketika sedang bermain game saja. Tetapi, terdapat fitur lainnya dimana bisa digunakan merekam berbagai aktivitas lainnya di smartphone Xiaomi Anda. Berikut cara menggunakannya.

  • Unduh aplikasi Game Screen Recorder di Google Play Store
  • Pasang sampai sukses
  • Luncurkan aplikasinya
  • Ketuk tombol ‘Mulai’ untuk merekam
  • Buka game yang ingin dimainkan
  • Jika selesai, klik ‘Stop’

Di aplikasi satu ini, terdapat sejumlah fitur bagus untuk dapat digunakan semua pengguna. Anda dapat mengedit prolog atau bagian pembukaan video, penangkap layar, deteksi permainan otomatis, hingga tombol option. Untuk hasil maksimal, sebaiknya gunakan ketika sedang bermain game secara live/langsung.

Apowersoft Screen Recorder

Aplikasi selanjutnya bernama Apowersoft Screen Recorder. Sama dengan app sebelumnya dimana bagus dalam merekam aktivitas bermain game. Namun, tetap terdapat fitur perekaman aktivitas video tutorial. Berikut cara penggunaannya.

  • Download aplikasinya melalui Google Play Store
  • Install sampai berhasil
  • Lakukan registrasi terlebih dahulu
  • Pada halaman awal tekan tombol ‘Start Recording’
  • Apabila sudah selesai tekan tombol ‘Stop’

App ini kompatibel untuk perangkat Android dengan OS 5.0 ke atas. Terdapat fitur melakukan pengaturan hasil rekaman seperti menambahkan audio internal. Kelebihan aplikasi tersebut adalah bisa berbagi ke berbagai media sosial. Data privasi juga dipastikan aman atau terlindungi.

Kegunaan Fitur Screen Recording Xiaomi

Bagi user Xiaomi, pasti sudah sangat akrab dengan fitur di dalam MIUI Screen Recorder. Penggunaannya yang mudah memberikan kesempatan semua orang memakai sesuai kebutuhan. Ada beberapa kegunaannya seperti berikut.

Merekam Game

Bagi para anak muda, game menjadi salah satu kegiatan menyenangkan. Sehingga, tidak jarang tercipta momen lucu, menarik, menegangkan, dan lainnya. Oleh sebab itu, rekam dengan memakai fitur Screen Recording.

Membuat Video Tutorial

Video tutorial banyak sekali jenisnya berkaitan dengan penggunaan smartphone. Adanya fitur tersebut memberikan kemudahan membuat video cara membuat/melakukan sesuatu. Terlebih, Anda juga dapat menambahkan audio sehingga semakin menarik.

Merekam Percakapan Chat/Video Call

Percakapan pada ruang obrolan pribadi maupun grup bisa Anda rekam. Selain itu, panggilan video yang tidak kalah serunya harus diabadikan supaya dapat menjadi bukti atau kenang-kenangan. Manfaatkan Screen Recorder dengan fitur lengkapnya.

Itulah ulasan tentang merekam layar hp xiaomi. Tersedia cara tanpa aplikasi dan memakai bantuan aplikasi. Buat video rekaman sesuai kebutuhan Anda.