25 Juli 2024

Pada saat hendak melakukan pemasangan CCTV secara outdoor tentunya tidak boleh dilakukan sebarangan. Pasalnya, terdapat beberapa hal penting untuk diperhatikan agar pemasangan kamera secara outdoor tersebut bisa berfungsi optimal.

Perlu diketahui, memasang kamera pengawas secara outdoor membutuhkan banyak pertimbangan. Hal itu karena memang di luar banyak terdapat kendala-kendala seperti tingkat pencahayaan, frekuensi suara, jarak jangkauan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut, sebelum memulai proses pemasangan kamera di posisi outdoor sebaiknya lakukan beberapa pertimbangan penting terlebih dahulu. Berikut adalah berbagai macam tips penting dalam mempertimbangkan pasang CCTV di outdoor.

Tips Pemasangan CCTV Secara Outdoor

Supaya dapat memperoleh hasil optimal, pemasangan CCTV secara outdoor harus memperhatikan berbagai macam hal. Berikut ini adalah tips dan pertimbangan penting sebelum Anda ingin memasang kamera pemantau di luar.

1. Posisi Kamera Harus Susah Dijangkau

Pertimbangan pertama dalam pemasangan kamera outdoor adalah tentang posisinya. Seperti diketahui, saat meletakkan kamera di luar, pastinya terdapat berbagai macam risiko yang harus siap untuk dihadapi.

Risiko seperti kamera dirusak, dicuri, atau terkena gangguan oleh oknum tidak bertanggung jawab adalah hal yang mungkin terjadi. Untuk menghindari hal semacam itu, sudah sebaiknya Anda meletakkan kameranya di posisi sulit dijangkau.

Langkah tersebut terbukti cukup efektif untuk dapat membuat kameranya memantau secara aman di luar rumah. Dengan meletakkannya di posisi sulit dijangkau, orang-orang iseng tidak akan bisa menjangkau atau bahkan menemukannya.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan lokasi tersebut tetap bisa melakukan pemantauan dengan baik. Jangan sampai karena mencari posisi sulit, malah mengganggu fungsi dari pengawasan kameranya itu sendiri.

2. Perhatikan Suar Lensa Dan Cahaya Latar

Suar lensa umumnya didapatkan karena refleksi cahaya lampu atau matahari. Kondisi tersebut dapat menyebabkan munculnya lingkaran ataupun titik-titik pada saat proses perekamannya. Sementara cahaya latar bisa disebabkan oleh cahaya terlalu terang.

Cahaya tersebut biasanya dapat berasal dari lampu jalan, lampu taman, ataupun cahaya matahari langsung. Cahaya latar akan membuat hasil rekaman video didominasi oleh warna pucat, bahkan jika terlalu terang bisa menjadi putih menyeluruh.

Sebagai langkah antisipasi akan hal itu, pemasangannya bisa dilakukan menghadap sinar matahari. Hal tersebut akan membantu Anda untuk dapat memperoleh hasil rekaman gambar lebih jelas dan baik.

3. Pastikan Jumlah Kamera CCTV yang Diperlukan

Jumlah kamera pemantau yang diperlukan umumnya tergantung dari berapa besar ukuran dan tata letak bangunannya. Selain itu, perhatikan juga banyaknya area serta sudut pandang yang nantinya bisa direkam oleh kameranya.

4. Perhatikan Jangkauan Koneksi Wi-Fi

Kamera CCTV akan semakin kesulitan dalam memperoleh koneksi internet saat posisinya semakin jauh dari router. Oleh karena itu, supaya CCTV dapat menerima sinyal dengan baik dan bekerja secara optimal, perhatikan juga jarak penempatan dari kameranya.

Pada saat sinyalnya lemah dan putus-putus, pastinya akan membuat kamera CCTV kinerjanya menjadi buruk. Terkait hal tersebut terdapat beberapa solusi yang bisa digunakan dalam mengatasi permasalahan jarak jangkauan sinyal tersebut.

Pertama, Anda bisa menaruh posisi CCTV tersebut sesuai jangkauan dari router-nya. Kedua, apabila memang harus menempatkan pada jarak yang cukup jauh, maka bisa menggunakan Wi-Fi extender untuk memperluas jangkauan sinyalnya.

Memperhatikan berbagi tips pemasangan CCTV di atas dapat membuat kinerja dari kameranya menjadi optimal. Oleh karena itu, perhatikanlah hal-hal terkait pemasangannya seperti posisi, jumlah kamera, sampai jangkauan dari koneksi internet.

Namun, apabila Anda tidak ingin terlalu pusing akan pemasangannya, bisa menggunakan bantuan dari jasa CCTV dari sistempemantau.com. Jasa tersebut sudah terbukti berkualitas dan berpengalaman dalam pemasangan kamera CCTV.