Pasta Gigi

Ciri-Ciri Pasta Gigi Murah Namun Berkualitas

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini karena jika gigi kita sakit karena berlubang, maka Anda tidak akan bisa beraktivitas dengan normal. Selain itu, gigi yang berlubang juga bisa menyebabkan bau mulut yang mana sangat tidak nyaman untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan gosok gigi. Di JD.id, banyak sekali toko yang menjual pasta gigi murah dengan kualitas tidak murahan. Ingin tahu apa ciri-cirinya? Yuk, kita simak artikelnya.

Pasta Gigi

Ciri-Ciri Pasta Gigi Murah Tapi Berkualitas

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu menjadi tujuan utama mengapa produk seperti pasta gigi diciptakan. Dengan pasta gigi, maka kita membersihkan noda-noda sisa makanan pada gigi Anda, menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang, dan juga mencegah terjadinya pembentukan karang gigi.

Ketika Anda membuka platform e-commerce seperti JD.id, Anda akan menemukan banyak sekali toko yang menjual pasta gigi murah. Hebatnya, pasta gigi yang dijual memiliki kualitas unggulan. Lalu, apa saja ciri-ciri pasta gigi yang meski harganya murah, namun kualitasnya tidak murahan?

1. Ada Kandungan Aktif untuk Membersihkan Gigi

Pasta gigi yang bagus atau berkualitas haruslah yang memiliki kandungan bahan aktif di dalamnya. Beberapa contoh kandungan aktif yang sering ada di dalam pasta gigi adalah baking soda atau hidrogen peroksida. Kedua bahan ini bertindak layaknya agen pembersih yang tidak hanya mampu membersihkan kotoran, tapi juga mampu membersihkan plak.

2. Bersifat Abrasif

Kedua, pasta gigi harus bersifat abrasif. Biasanya, ketika pasta gigi memiliki kandungan aktif, maka pasta gigi tersebut sudah bersifat abrasif. Maksudnya, pasta gigi bisa membersihkan kotoran dan juga plak yang menempel pada gigi hanya dengan Anda rajin menggosok gigi setiap hari. Inilah mengapa, pasta gigi juga disebut bisa membuat gigi lebih putih karena memang kandungannya yang bersifat demikian.

3. Harus Ada Fluoride

Ketiga, pasta gigi yang berkualitas adalah pasta gigi yang mengandung fluoride. Zat ini adalah bahan aktif yang mana mencegah gigi agar tidak berlubang. Caranya, ketika pasta gigi dioleskan, maka zat ini akan langsung membunuh bakteri penyebab plak yang ada di gigi dan melindungi Enamel dari kerusakan (berlubang). Namun harap diingat, pastikan kandungan fluoride pada pasta gigi dewasa Anda hanya berkisar 1000 ppm. Pasalnya apabila lebih dari itu, fluoride juga bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

4. Ada Kandungan Tartar

Selain fluoride, tartar rupanya juga bisa digunakan untuk mencegah pembentukan plak pada gigi Anda. Kandungan ini biasanya bisa ditemukan pada seng nitrat, pirofosfat, hingga triclosan.

5. Ada Sertifikasi Pasta Gigi

Terakhir dan yang paling penting, produk pasta gigi yang harganya murah tersebut bisa dikatakan berkualitas jika memiliki sertifikasi. Maksudnya, pasta gigi yang berkualitas adalah pasta gigi yang mana sudah mendapat izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI dan juga sudah lolos uji dari lembaga kesehatan seperti persatuan Dokter Gigi Indonesia yang dibuktikan dengan adanya sertifikasi. Biasanya, nomor atau kodenya akan dicantumkan pada kemasan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri produk pasta gigi murah dengan kualitas tidak murahan. Ingat, pasta gigi tersebut harus memiliki bahan aktif seperti fluoride dan tartar, kandungannya bersifat abrasif, dan juga memiliki sertifikasi, misalnya dari BPOM. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda dan bisa jadi referensi saat berbelanja di JD.id.