Mau Liburan yang Hemat di Eropa? Gunakan 8 Cara Ini

Eropa acap kali menjadi salah satu negara impian yang ingin dikunjungi masyarakat Indonesia. Selain terkenal dengan kemegahannya, benua yang menjadi salah satu kiblat barang-barang bermerk di dunia ini juga memiliki tempat wisata yang menggiurkan setiap insan.

Banyak agent pengurusan visa yang menawarkan pembuatan visa ke Eropa karena memang wisatawan yang ingin ke Eropa cukup banyak. Jadi, wajar sekali jika Eropa selalu dijadikan wish list bagi mereka yang memiliki kesempatan ke luar negeri, termasuk Anda bukan?

Sayangnya, jalan-jalan ke Eropa emang butuh dana triple jika dibandingkan dengan hanya tour ke negara-negara Asia. Tapi tenang saja, Anda tetap dapat menghemat biaya liburan di Eropa, jika menggunakan 8 cara ini:

1. Pilih Negara-negara Eropa Timur
Negara-negara seperti London dan Paris memang selalu menjadi dambaan. Sayangnya, kedua negara tersebut berada di bagian Eropa Barat, yang mana mahal dan elit sudah menjadi ciri khas wilayah tersebut.

Jadi, jika ingin lebih irit, Anda bisa memilih negara-negara Eropa bagian timur seperti Polandia atau Rumania yang akan lebih menghemat isi dompet Anda.

2. Menginap Gratis dengan Couchsurfing
Yup, Anda tidak salah membaca. Anda bisa mendapatkan fasilitas menginap gratis di Eropa hanya dengan mengakses situs coachsurfing. Couchsurfing adalah komunitas yang beranggotakan seluruh masyarakat dunia yang memungkinkan anggotanya menginap gratis.

Jadi, dengan bergabung bersama couchsurfing Anda dapat menginap gratis di Eropa, khususnya di rumah mereka yang bergabung sebagai bagian dari couchurfing. Sebagai tanda terimakasih, Anda bisa memberikan oleh-oleh dari negara asal, membantu pekerjaan rumahnya atau memberikan hadiah. Simple bukan?

3. Memilih Kunjungan Di Bulan Oktober-April
Musim panas umumnya menjadi musim favorite bagi mereka yang ingin berkunjung ke Eropa. Itulah sebabnya musim panas adalah musim dimana harga tiket pesawat dibandrol dengan harga tertinggi.

Jadi, cara berhemat lainnya jika ingin berlibur di Eropa adalah dengan berkunjung ke Eropa di bulan Oktober-April, sehingga jalan-jalan Anda juga tidak terlalu dipenuhi banyak pengunjung.

4. Pilihlah Tempat Wisata yang Bukan Tempat Wisata Populer
Tips lainnya agar tetap bisa jalan-jalan ke Eropa dengan dana minim adalah berkunjung ke tempat wisata yang tidak terlalu populer. Tempat wisata yang populer hingga ke mancanegara biasanya dibandrol dengan harga tiket selangit, sehingga tempat-tempat tersebut kurang pas jika Anda ingin berlibur di Eropa dengan dana hemat.

Jadi, pilih tempat yang tidak terlalu populer aja ya. Lagian tidak populer bukan berarti tidak mengesankan, bukan?

5. Makan Jajanan Jalan atau Masak Sendiri
Tips hemat lainnya, untuk memenuhi kebutuhan makan Anda selama di Eropa, jika masih lapar Anda bisa mencoba membeli roti bakery bernama souvlaki yang dibandrol hanya dengan harga 2 EUR. Jika sudah masuk resto, roti itu bisa dibandrol harga 10 EUR loh. Jadi, cari jajanan disekitar jalan saja. lebih hemat dan lebih seru pastinya.

Atau, Anda juga bisa memasak sendiri dengan berbelanja bahannya di supermarket terdekat. Biasanya, di hostel tersedia alat masak yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan makan Anda. Selain lebih hemat, memasak sendiri juga lebih aman bukan apalagi untuk kaum muslim yang perlu menjaga makanannya?

6. Menginap di Homestay atau Hostel
Eropa terkenal mahal dari segala aspeknya termasuk dari biaya menginap di hotel. Jadi, cukup cari hostel atau homestay saja ya. Hostel atau homestay pasti lebih murah karena biasanya di isi bersama dengan pengunjung lainnya. Untuk hostel, biasanya dalam satu kamar bisa di isi 4 hingga 10 orang.

7. Kenali Transfortasi Umum di Negara Tujuan
Biar ga boros kemana-mana saat ingin jalan-jalan di Eropa, hindari menggunakan taksi ya. Cukup gunakan bus pass, oyter card, kereta interrail pass serta transfortasi umum lainnya saja. Lebih irit dan lebih rame juga.

8. Cari Tahu Pertunjukkan dan Museum Gratis di Eropa
Eropa biasanya memiliki banyak konser gratis seperti konser orkesta yang bisa Anda tonton rame-rame dengan pengunjung sekitar. Bagi kamu yang senang ke museum, di Eropa juga banyak loh museum gratis. Ada museum gratis setiap hari, ada juga museum yang gratis di hari tertentu saja. Jadi, rajin-rajin cari informasi ya.

Atau bisa juga mencari bazaar barang murah yang disellengarakan oleh EO bazaar di area-area tertentu. Bazaar biasanya menjual barang dengan harga yang lebih murah dan pilihannya lebih banyak.

Selain ke 8 cara di atas, untuk berhemat di Eropa jangan lupa gunakan sim lokalnya ya. Segera aktifkan paket roaming Anda, sesuai lama kunjungan Anda di Eropa. Nah, demikian 8 trik hemat jalan-jalan di Eropa. So, have fun ya.