7 Cara Ini Bisa Menjaga Kelestarian Air di Bumi

Air adalah unsur penting dalam kehidupan makhluk hidup yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh manusia tetapi juga oleh hewan dan tumbuhan. Maka air menjadi bagian primer dalam kehidupan yang menimbulkan krisis keresahan jika pasokan air berkurang.

Contohnya seperti kekurangan air bersih di musim kemarau sehingga harus berjalan berkilo-kilo meter demi mendapatkan air bersih, atau mengantri berjam-jam untuk memenuhi kebutuhan akan air. Bagi sebagian besar masyarakat yang hidup di perkotaan, meskipun bisa mendapatkan air baik melalui PDAM ataupun pompa sumur, terkadang kualitas air juga masih kurang baik, sehingga banyak yang pasang filter air RO yang dapat menyaring berbagai kotoran dan zat berbahaya di air.

Dengan demikian, kita perlu menyadari pentingnya air dan mengaplikasikan kesadaran tersebut dengan menjaga kelestariannya. Untuk menjaga kelestarian air itu sendiri tidak sulit ko, bisa dilakukan dengan hal-hal kecil seperti 7 cara ini:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Pencemaran air umumnya terjadi akibat lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya, seperti akibat buang sampah di sungai atau menebang pohon sembarangan. Dengan demikian, cara sederhana yang dapat dikontribusikan agar kelestarian air tetap terjaga adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Cobalah biasakan mengumpulkan sampah terlebih dahulu jika Anda sedang berada di perjalanan. Selanjutnya, buang sampah yang sudah dikumpulkan saat menemukan tong sampah.

Adapun di rumah, jangan lupa agar rajin membakar sampah Anda. Selain itu jaga pula kelestarian lingkungan dengan memperbanyak pepohonan agar semakin banyak ketersediaan air bersih.

2. Menghemat Penggunaan Air
Cara lainnya agar bisa melestarikan air adalah dengan menghemat penggunaan air itu sendiri. Coba biasakan mandi menggunakan shower, karena shower terbukti lebih hemat dibandingkan menggunakan bak mandi.

Selain itu, gunakan air yang sudah dipakai untuk kebutuhan lain, seperti air yang dipakai mencuci sayuran digunakan untuk menyiram tanah yang panas serta ragam cara penghematan air lainnya.

3. Hindari Penebangan Pohon Sembarangan dan Adakan Reboisasi
Salah satu penyebab krisis air adalah hutan yang gundul atau penghijauan yang berkurang. Oleh sebab itu cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian air adalah dengan tidak menebang pohon sembarangan.

Selain itu, coba lakukan reboisasi bersama warga sekitar, atau sederhananya lakukan sendiri penghijauan minimal di rumah Anda, dengan rutin menanam, menyiram dan merawat tanaman.

4. Penyuluhan Tentang Pentingnya Air
Mengadakan penyuluhan tentang pentingnya air, seperti mengadakan seminar bersama masyarakat sangatlah dianjurkan. Dari penyuluhan ini Anda dapat bekerja sama dengan masyarakat lainnya agar bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan bersama, bersih-bersih bersama, dan tentunya melestarikan air bersama-sama.

5. Ciptakan Lingkungan Asri Nan Hijau
Sebelum mengajak rekan Anda melestarikan air, Anda dapat memulainya dari diri Anda sendiri terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menciptakan lingkungan yang asri nan hijau dan tentunya bersih di halaman rumah Anda.

Penuhi halaman rumah Anda dengan rumput beserta ragam jenis tanaman yang mempercantik halaman depan rumah Anda. Dengan cara ini, dijamin kualitas air akan membaik, dan tentu saja kelestarian air juga tetap terjaga.

6. Daur Ulang Barang Bekas
Dari pada membuang sampah sembarangan, mendingan ciptakan ide kreatif dan inovatif dengan mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat. Contohnya seperti membuat pot tanaman dari botol bekas minuman, atau membuat hiasan bunga dari kertas bekas.

Lebih bermanfaat, bahkan bisa dijual dan jadi ladang usaha bukan?

7. Jangan Buang Air Berbahan Kimia Secara Sembarangan
Bahan kimia yang terkandung dalam air seperti oli atau air detergen dan lain-lain dapat mencemari tanah jika dibuang sembarangan. Pencemaran tanah tersebut kemudian menjadi pencemaran air, dimana air dalam tanah kualitasnya berkurang karenanya.

Untuk area kawasan industri atau pabrik yang menghasilkan air limbah, dapat membangun water treatment plant untuk mengolah air limbah buangan sehingga meminimalisir pencemaran sungai.

Jadi, usahakan tidak membuang air berbahan kimia ke sumber air seperti sungai ya.

Hakikinya air adalah kebutuhan bersama dan menjaga kelestariannya juga menjadi kewajiban bersama. Oleh karena itu, mulai dari kesadaran diri sendiri ya, intinya jaga selalu kebersihan lingkungan dan ciptakan lingkungan yang asri maka kelestarian air tersebut bisa didapatkan.