Modifikasi Honda Jazz yang Minimalis dan Sporty

Dalam dunia otomotif terutama mobil, Honda Jazz merupakan mobil yang memiliki body standart yang menawan. Design body Jazz sudah memiliki lekukan yang sporty, sehingga hanya perlu menambahkan sedikit saja sentuhan. Jadilah mobil sport budget minimalis yang akan dilirik banyak orang.

Kelebihan Mobil Jazz Untuk Modifikasi dan Balapan

Jazz merupakan city car yang memiliki berbagai macam kelebihan yang membuat kita ingin memilikinya :

1. Design Exterior

Mobil ini memiliki design body yang sangat elegant, namun juga sporty. Lekukan aerodinamis yang dibuat oleh pabrik semakin menambah kesan gahar. Padahal mobil ini adalah mobil city car yang kecil.

Biasanya untuk design exterior, anak muda hanya mengganti grill depan menjadi sport, merubah sebagian warna cat menggunakan skotlite. Setelah itu penggantian ban juga diperlukan agar lebih terlihat racing atau rally look. Ukuran velg dan ban yang tepat dapat membuat tampilan jazz lebih baik lagi.

2. Design Interior

Pada bagian dashboard terdapat panel-panel yang didesign sangat modern seperti panel AC, audio, dan spidometer. Biasanya anak muda senang menambahkan banyak sekali tachometer untuk rpm meski sebenarnya sudah ada di spidometer standart. Bahan yang digunakan untuk dasboard juga merupakan bahan terbaik, sehingga tanpa adanya modifikasi sudah terlihat modern dan elegant.

3. Mesin

Pada bagian ini sering dirubah oleh anak-anak yang suka ngebut. Hal ini dilakukan karena karakter asli jazz sudah mendukung untuk dimodifikasi sport. Penambahan turbo atau header dapat meningkatkan performa Jazz yang kita miliki.

Jika ingin melakukan balapan, maka beda lagi settingan mesinnya. Akan ada tambahan alat untuk remaping ECU agar pembakaran dapat disesuaikan dengan kecepatan. Karakter asli Jazz sudah sangat irit dalam konsumsi BBM, sehingga mobil ini cocok untuk keluarga menengah ke bawah.

4. Kabin

Untuk ukuran mobil city car, mobil ini terhitung memiliki kabin yang cukup lapang. Sehingga jangan khawatir jika ingin memaksimalkan penggunaan kursi penumpang. Maksimal kenyamanan dengan penumpang adalah sebanyak 3 sampai 5 orang.

5. Fitur

Fitur keselamatan pada mobil Jazz tidak sebaik mobil city car pada umumnya. Salah satunya yaitu tidak memiliki Hill Start Assist sehingga saat di tanjakan pengemudi yang tidak memiliki skill tinggi akan kesulitan. Jumlah air bag tidak sebanyak mobil city car yang lainnya, namun mobil ini tetap aman meski air bag hanya di depan saja.

Kelemahan Jazz yang Membuatnya Unik

Meski mobil ini memiliki banyak kelebihan, namun ada beberapa bagian yang tidak berkualitas baik. Berikut ini kelemahan mobil Jazz :

1. Suspensi

Jazz memiliki karakter suspensi yang unik yaitu depan dan belakang tidak sama. Depan sangat lembut, sedangkan pada bagian belakang sangat keras. Namun hal ini tidak berlaku jika mobil ini berisi 4 hingga 5 penumpang, maka akan lebih empuk dan terkadang amblas. Ini merupakan kelemahan Jazz yang sangat terlihat jelas.

2. Transmisi otomatis

Pada opsi transmisi otomatis, sering ditemukan masalah pada transmisi entah itu sulit untuk digerakkan atau tidak mau digerakkan ke posisi tertentu.

3. Valve body mudah kotor

Hal ini merupakan salah satu kelemahan Jazz karena kita harus rutin membersihkan ini jika tidak maka efeknya akan menuju ke mesin dan mempengaruhi performa mesin mobil.

Itulah kelebihan modifikasi yang minimalis yang bisa kita lakukan ke mobil city car tersebut. Dan ada informasi juga mengenai kelemahan dari Honda Jazz yang harus kita ketahui.