Untuk menjaga performa sebuah peralatan, apalagi yang bermesin, sangat diperlukan sebuah perawatan yang dilakukan secara rutin. Baik itu perawatan untuk menjaga kebersihan, maupun perawatan kondisi mesin itu sendiri.

Termasuk apabila Anda memiliki perusahaan besar yang beroperasi dalam bidang industri, sangat penting untuk melakukan pembersihan peralatan industry (industry equipment cleaning) secara berkala dan menyeluruh. Hal tersebut juga membuat Anda memerlukan penyuplai bahan kimia kebersihan yang ramah lingkungan sekaligus efektif ketika digunakan. Apalagi jika industri Anda sangat membutuhkan pengelolaan air yang baik.

1. Pemeliharaan Boiler
Boiler menghasilkan uap panas yang akan memberi tekanan besar sehingga dapat menjalankan proses pada mesin-mesin yang lain. Bisa dibilang, tanpa boiler alat-alat industri lainnya akan sulit untuk dijalankan karena tidak ada panas yang menjadi energi penggerak. Biasanya boiler dibagi menjadi boiler pipa api dan boiler pipa air. Pada boiler pipa api, gas panas melewati pipa yang berada di dalam air. Sedangkan pada boiler pipa air, yang berada di dalam pipa adalah airnya, sementara gas panas ada di luar pipa sehingga menghasilkan tekanan lebih tinggi.

Untuk menjaga boiler, memang sebaiknya dilakukan perawatan kimia yang akan melindungi komponen boiler sehingga tidak mudah rusak. Boiler yang rusak akan menghambat proses produksi dan merugikan perusahaan. Pemeliharaan boiler juga sebaiknya memperhatikan kondisi lingkungan. Untuk itu, perlu analisa air dengan rutin dan pelatihan karyawan untuk perawatan harian.

2. Perawatan dan Pemeliharaan Chiller
Chiller menjadi salah satu bagian yang tidak bisa ditinggalkan dalam sebuah industri manufaktur. Alat yang satu ini berguna sebagai pendingin yang dapat menjaga kinerja mesin dan peralatan lainnya supaya tidak cepat panas. Tidak heran jika chiller kerap kali ditemukan pada pabrik-pabrik kimia atau pabrik makanan, minuman, kilang minyak, mesin injeksi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, chiller juga biasa digunakan pada fasilitas umum seperti gedung dan sejenisnya.

Secara umum, chiller ada dua jenis yaitu air cooled chiller yang memakai udara sebagai pendingin kondensor, dan water cooled chiller yang menggunakan air. Biasanya penggunaannya pun berbeda. Untuk water cooled chiller biasa digunakan pada gedung-gedung, dan menggunakan kolam, sungai, atau bahkan menara pendingin untuk melepaskan panas air yang berasal dari kondensor. Sedangkan untuk air cooled chiller biasa digunakan pada luar ruangan.

Itulah mengapa perawatan chiller yang baik sangat penting. Selain supaya peralatan atau bahkan bahan makanan tetap terjaga, chiller yang terawat juga berpotensi kecil dalam kerusakan lingkungan.

3. Perawatan dan Pemeliharaan Cooling Tower
Industri dalam skala besar selalu memerlukan cooling tower sebagai alat pendingin air panas yang berasal dari kondensor. Air panas tersebut akan didinginkan sehingga temperaturnya mendekati suhu udara di sekitarnya. Sebab, ketika air panas dari kondensor langsung dibuang ke sungai atau laut, perubahan suhu yang drastis akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan ekosistem. Bisa dibilang, selain untuk menjadi pendingin, cooling tower juga berfungsi menjaga kondisi lingkungan sekitarnya.

Jika dilihat dari sistem operasinya, cooling tower diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu wet cooling tower, dry cooler, dan fluid cooler. Sedangkan jika dilihat dari jenisnya, cooling tower dibagi menjadi; cooling tower forced draft, cooling tower induced draft dengan aliran berlawanan, dan cooling tower induced draft dengan aliran melintang.

Sebagai menara pendingin yang selalu berkontak dengan air dan udara, tidak heran jika terkadang cooling tower dihinggapi kerak, lumut, alga, dan bahkan bakteri yang perlu dibersihkan secara rutin. Inilah mengapa, perusahaan Anda memerlukan profesional dalam membersihkan cooling tower. Yang lebih penting, selalu lakukan analisa air secara rutin dan perhatikan jika ada kerusakan kecil untuk segera ditangani.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa perawatan dalam bidang industri memang sebaiknya dilakukan oleh profesional. Untuk mendapatkan bantuan profesional yang sudah terjamin mutunya, Anda bisa mencoba berkunjung ke kami yang sudah terbukti mampu melakukan pengelolaan dan pengontrolan secara profesional.