Jenis Makanan yang Ampuh Obati Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan keadaan dimana saluran pencernaan mengalami gangguan. Sehingga akibatnya kotoran lebih sulit untuk keluar. Wajarnya, orang dewasa minimal buang air besar sebanyak 3 kali dari seminggu. Kurang dari jumlah tersebut sering kali menjadi tanda-tanda terjadinya konstipasi, sembelit atau kesulitan buang air besar. Ada beberapa obat sembelit dan susah bab, yang biasanya juga bisa didapatkan dari penjual obat polip hidung modexa. Selain menggunakan obat, cara lain mengatasi sembelit atau kesulitan buang air besar ini juga bisa dengan mengatur makanan.

Ada beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi sebagai obat sembelit dan susah bab. Makanan-makanan ini pun dianggap ampuh untuk membantu menyembuhkan sembelit dan juga kesulitan untuk buang air besar.

Berikut ini merupakan daftar makanan yang ampuh sebagai obat sembelit dan susah bab.

1. Mie sirataki
Mie sirataki atau disebut juga dengan mie konjak merupakan salah satu pengganti karbohidrat. Tak hanya untuk diet, jenis mie ini pun memiliki banyak sekali serat yang akan membuatnya cocok untuk menyembuhkan sembelit serta sulit buang air besar. Satu lagi, beberapa penelitian juga menyebut bagaimana penderita dengan gangguan sembelit menjadi lebih cepat sembuh setelah mengkonsumsi mie sirataki.

Tingginya kandungan serat menjadi salah satu alasan penting dari Mie sirataki ini. Selain juga karena kandungan karbohidrat dari mie ini yang mampu mengobati sembelit dengan aman. Serta tentunya, ampuh.

2. Konsumsi makanan probiotik
Beberapa jenis makanan probiotik, baik itu dari olahan susu atau pun kacang-kacangan akan banyak membantu gangguan sembelit serta susah buang air besar. Jenis makanan probiotik ini misalnya saja seperti tempe, tahu, dan juga yoghurt. Mengkonsumsi makanan probiotik secara teratur akan membantu untuk menghilangkan bakteri jahat di usus dan juga saluran cerna. Sehingga buang air besar pun menjadi lebih lancar.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, ada beberapa cara lain bila sembelit atau pun buang air besar masih juga tak lancar. Salah satunya mengkonsumsi obat dari dokter sampai berolahraga.