Orang Tua Wajib Tahu! Ini Aturan Penting Ketika Mencuci Pakaian Bayi

Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi lebih sensitif. Terkadang alergi pada kulit bayi muncul ketika memakai pakaian. Rupanya cara mencuci pakaian bayi yang salah bisa memicu alergi pada kulit bayi. Mencuci baju bayi tidak boleh memakai produk sembarangan. Sering kali orang tua melakukan kesalahan pada pemilihan deterjen khusus baju bayi.

Para orang tua sebaiknya menerapkan cara mencuci pakaian bayi yang baik dan benar. Cara mencuci baju bayi berbeda dengan baju orang dewasa, jangan sekali-kali menyamakannya. Sering kali orang tua menyepelekan hal ini, mulai sekarang Anda harus memperhatikan aturan penting ketika akan mencuci pakaian bayi. Berikut aturan penting saat mencuci pakaian bayi.

1. Segeralah cuci baju bayi yang kotor
Baju bayi sangat rentan kotor, oleh krena itu cara terbaik untuk segera menghilangkan noda pada baju bayi adalah dengan mencucinya langsung. Jangan menundanya, Karena itu kan semakin membuat noda pada baju bayi semakin membandel.

2. Bilaslah baju bayi sampai benar-benar bersih
Untuk memastikan seluruh kuman benar-benar mjsnah dari pakaian, maka bilaslah baju bayi dengan sempurna dan benar-benar bersih. Selain itu jemurlah langsung di bawah sinar matahari karena sinar matahari bisa membunuh kuman.

3. Cuci baju bayi sesuai dengan jenis bahan
Sebelum mencuci pakaian bayi, perhatikan dulu label cara pencuciannya karena tidak semua bahan baju sama perlakuan cucinya. Ada yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, ada juga yang harus dicuci secara manual. Oleh karena itu pisahkanlah baju bayi sesua dengan jenis bahannya sebelum mencuci.

4. Pakai deterjen khusus pakaian bayi
Aturan ini sangat penting untuk dipatuhi, karena kulit bayi tak sama dengan kulit orang dewasa. Jangan sekali-kali memakai deterjen pakaian orang dewasa untuk baju bayi. Pakailah deterjen khusus pakaian bayi, jangan khawatir, saat ini deterjen khusus baju bayi rekomendasi orang tua sudah banyak tersedia di pasaran.

5. Cucilah baju baru sebelum dipakai sang bayi
Baju yang baru Anda baru tidak menjamin terbebas dari kuman yang berbahaya, oleh karena itu selalu cucilah baju baru sang bayi sebelum digunakan. Terlebih Anda tidak mengetahui kandungan apa saja yang ada dalam baju baru tersebut.