Sistem Integrasi Marketplace: Solusi Efektif Bisnis Online

Di era new normal ini, bisnis online memiliki peluang lebih besar untuk memperoleh keuntungan. Sehingga banyak pengusaha yang menjual produknya melalui beragam marketplace. Jika Anda juga ingin menjalani bisnis ini, Anda harus memiliki sistem integrasi marketplace.

Apakah Sistem Integrasi Marketplace Itu?

Solusi Efektif Bisnis Online

Bagi beberapa online seller, sistem integrasi marketplace mungkin merupakan suatu hal yang asing di telinga. Sistem tersebut adalah sebuah platform yang memungkinkan online seller untuk mengelola berbagai akun marketplace melalui satu platform.

Fungsi tersebut tentu sangat memudahkan bagi seller yang menjual produk di semua marketplace besar di Indonesia. Kemudahan tersebut tentu membuat keuntungan semakin banyak dan mudah diraih.

Dengan menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu membuka banyak online marketplace untuk memasang foto produk, menuliskan harga, mengelola stok, dan bahkan berhubungan dengan distributor dan pelanggan. Sistem ini biasanya berbentuk sebuah platform atau aplikasi manajemen toko online.

Mengapa Harus Menggunakan Platform Integrasi Marketplace?

Jika Anda adalah seorang online seller yang memiliki banyak akun marketplace, Anda harus menggunakan sistem integrasi toko online. Penggunaan platform ini dapat menjauhkan Anda dari berbagai kendala.

1. Kendala Manajemen Waktu

Mengelola akun toko online di banyak marketplace sangat menyita waktu. Bayangkan saja betapa sibuknya Anda saat melayani banyak pelanggan dari bermacam-macam marketplace serta mencatat dan mengirimkan pesanan mereka.

Kesibukan tersebut belum termasuk pengelolaan stok, penawaran promosi, dan kegiatan lainnya. Semua kegiatan tersebut dapat membuat Anda kesulitan membagi waktu. Namun, dengan bantuan sistem manajemen toko online, Anda dapat menghindari kesulitan tersebut.

2. Produk yang Ditawarkan Tidak Sinkron dengan Stok yang Ada

Karena Anda menjual produk melalui banyak marketplace, kemungkinan bahwa produk yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan stok yang ada sangat besar. Alhasil, saat ada seorang pelanggan hendak membeli produk tersebut, produk tidak tersedia.

Data yang tidak sinkron ini dapat memberi pengalaman buruk kepada pelanggan dan membuat mereka kapok. Hal tersebut tentu sangat merugikan bisnis anda. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan sistem integrasi toko online.

3. Kendala Pencatatan Pesanan

Tanpa bantuan aplikasi khusus, Anda harus mencatat pesanan dari pelanggan berbagai marketplace satu per satu. Kegiatan ini tentu saja tidak efektif dan efisien. Selain itu, pencatatan manual juga rawan salah. Untuk menghindarinya, Anda harus menggunakan aplikasi tersebut.

4. Tidak Memiliki Data Transaksi Otomatis

Jika Anda tidak menggunakan sistem manajemen toko online, Anda tidak akan memiliki database transaksi penjualan dari berbagai akun marketplace yang terintegrasi secara otomatis. Hal ini tentu sangat merepotkan ketika Anda harus membuat laporan keuangan.

Crinoid: Sistem Integrasi Toko Online Terbaik

Sistem integrasi toko online tersedia dalam beragam pilihan dan salah satu yang terbaik adalah Crinoid. Sistem ini merupakan platform manajemen marketplace yang cukup baru, namun tak perlu diragukan kualitasnya.

Crinoid diciptakan oleh Bhinneka.com dengan tujuan untuk memberi kemudahan bagi pengusaha UMKM dalam memasarkan dan menjual produk mereka lewat toko online. Melalui platform ini, ecommerce ini berharap bahwa bisnis UMKM di Indonesia akan semakin maju dan berkembang.

Kualitas dari sistem integrasi toko online ini tidak perlu diragukan lagi karena e-commerce ini memiliki pengalaman di bidang IT selama puluhan tahun. Sebelum online marketplace menjamur di Indonesia, Bhinneka telah berdiri sebagai webstore yang menjual perangkat IT.

Sehingga, pencipta Crinoid ini sudah sangat paham dengan seluk beluk marketplace dan tahu apa yang dibutuhkan oleh para pemilik akun toko online.

Crinoid memang belum lama diluncurkan. Akan tetapi, sudah banyak pengusaha UMKM yang menggunakan platform ini. Salah satu alasannya yaitu sistem ini terhubung dengan semua marketplace besar di Indonesia.

Dengan demikian, mereka dapat mengelola semua akun marketplace mereka dengan mudah. Di samping itu, sistem ini juga mudah dipelajari dan mudah digunakan. Sehingga, para penggunanya tidak akan mengalami kendala saat menggunakannya.

Crinoid juga menawarkan beragam keuntungan, contohnya:

1. Membantu Anda menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola semua toko online Anda, karena sistem ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengelolaan dari satu dashboard.

2. Membantu Anda menghemat biaya operasional, karena Anda tidak perlu membayar pegawai setiap bulan untuk mengelola semua toko online anda.

3. Membantu Anda bekerja secara lebih efisien dalam mengelola semua akun toko online yang dimiliki.

Apakah Sistem Integrasi Marketplace Itu

Fitur Unggulan Crinoid

Hal lain yang membuat Crinoid menjadi platform atau sistem integrasi toko online berkualitas adalah beragam fitur andalannya. Fitur-fitur tersebut sangat memanjakan para penggunanya sehingga mereka dapat mengelola semua akun toko online mereka dengan sangat mudah.

Beragam fitur tersebut adalah:

1. Multi Warehouse

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur atau mengelola stok dari satu dashboard. Dengan demikian, data tentang stok dan produk yang ditawarkan akan selalu sinkron.

Di samping itu, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan produk dari warehouse yang letaknya dekat dengan lokasi pelanggan. Sehingga, pelanggan tidak perlu membayar ongkos kirim terlalu mahal.

Hal tersebut tentu akan sangat disukai oleh para pelanggan. Sehingga, Anda akan memiliki lebih banyak pelanggan dan memperoleh untung yang lebih besar.

2. Lock Price

Fluktuasi harga produk merupakan hal yang lumrah dalam bisnis online. Saat harga produk yang Anda jual mengalami kenaikan atau penurunan, Anda tentu harus mengubah harga jualan Anda sesuai dengan tingkat fluktuasi tersebut.

Dengan adanya fitur Lock Price, Anda tidak perlu mengubah harga produk satu per satu pada tiap akun marketplace. Fitur tersebut memberi kesempatan bagi Anda untuk mengubah harga di setiap marketplace hanya dengan menggunakan satu dashboard.

3. Multi Partner

Fitur tersebut dapat membantu Anda terhubung dengan agen serta distributor dengan mudah. Dengan fitur ini, Anda dapat tidak perlu ribet dalam memesan produk dan mendistribusikannya karena semuanya dapat dilakukan melalui sistem integrasi toko online.

4. Monitoring

Apa yang dimaksud dengan monitoring di sini adalah monitoring transaksi penjualan. Fitur ini dapat membantu Anda memperoleh laporan data transaksi di setiap akun marketplace. Dengan adanya laporan ini, Anda dapat mengevaluasi hasil penjualan dengan lebih mudah.

Sistem Integrasi Marketplace

Cara Bergabung dengan Crinoid

Crinoid terbuka bagi para UMKM yang sedang berusaha menjual produknya lewat online marketplace. Namun sebelum bisa menggunakan sistem integrasi toko online ini, Anda harus memiliki akun star seller, power merchant, office store, atau jenis akun lain yang sesuai dengan ketentuan online marketplace.

Jika Anda memenuhi kriteria di atas, Anda dapat bergabung dengan Crinoid. Untuk bisa bergabung, Anda perlu mengunjungi Aplikasi Manajemen Markelplace Terbaru di Bhinneka. Setelah halaman terbuka, Anda perlu mengisi formulir yang ada dan tunggu beberapa saat hingga pihak Bhinneka menghubungi Anda.

Sistem integrasi marketplace sangat memudahkan dan menguntungkan para pengusaha UMKM dalam mengelola akun marketplace mereka. Jadi, Anda harus segera bergabung dengan platform Crinoid, apalagi saat ini sedang ada promo gratis set up fee dan diskon trx fee sampai 80%.

Selain Crinoid, Bhinneka.com sebagai marketplace terpercaya juga menyediakan aneka produk yang Anda pribadi atau perusahaan butuhkan. Dapatkan produk yang dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk kepentingan bisnis Anda, karena akan ada berbagai penawaran menarik.